PENGARUH PENGALAMAN KERJA, KEPUASAN KERJA DAN DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP EMPLOYABILITY PADA GURU SMK MUHAMMADIYAH DALAM KRISIS COVID 19
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pengalaman kerja, kepuasan kerja dan dukungan sosial terhadap employability pada guru SMK Muhammadiyah dalam krisis COVID 19. Subjek penelitian adalah guru SMK Muhammadiyah Moyudan, Sleman, Yogyakarta (N=80). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan skala likert dan semantik diferensial sebagai alat pengumpulan data. Data penelitian dianalisis menggunakan teknik analisis regresi berganda. Berdasarkan proses analisis, diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang sangat signifikan dari pengalaman kerja, kepuasan kerja dan dukungan sosial terhadap employability dengan nilai (p<0,01). Analisis pada hipotesis minor juga diperoleh hasil yaitu pengalaman kerja, kepuasan kerja dan dukungan sosial masing-masing memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap employability dengan nilai (p<0,05). Temuan ini menunjukkan bahwa pengalaman kerja, kepuasan kerja dan dukungan sosial memiliki kontribusi dalam memengaruhi employability pada guru SMK Muhammadiyah dalam krisis COVID 19 dan kepuasan kerja menjadi faktor yang paling dominan memengaruhi employability.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Azwar, S. (2015). Reliabilitas dan Validitas, Edisi IV, cetakan keempat. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Bennett, T. (2006). Defining the importance of employability skills in career/technical education. (Doctoral dissertation, Auburn University).
BSNP. (2019). Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan. http://bsnp-indonesia.org/.
Busyra, S., & Sani, L. (2020). Kinerja mengajar dengan sistem work from home (wfh) pada guru di SMK Purnawarman Purwakarta. IQ (Ilmu Al-qur'an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 1-16.
Cleary, M., Flynn, R., Thomasson, S., Alexander, R., & McDonald, B. (2007). Graduate employability skills: Prepared for the business, industry and higher education collaboration council. Melbourne: Precision Consultancy.
Fugate, M., Kinicki, A. J., & Ashforth, B. E. (2004). Employability: a psycho-social construct, its dimensions, and applications. Journal of Vocational behavior, 65(1), 14-38.
Hanafi, I. (2012). Re-orientasi keterampilan kerja lulusan pendidikan kejuruan. Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol 2 No.1.
Helyer, R., & Lee, D. (2014). The role of work experience in the future employability of higher education graduates. Higher Education Quarterly, 68(3), 348-372.
Kadiyono, AL., Sulistiobudi, RA. (2018). Peningkatan graduate employability melalui career development training pada mahasiswa. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(12), 999-1002.
Kemendikbud. (2020). Kemendikbud terbitkan pedoman penyelenggaraan belajar dari rumah. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/05/kemendikbud-terbitkan-pedoman-penyelenggaraan-belajar-dari-rumah.
Mahaputra, B., Riantoputra, C. D., & Respati, A. (2013). Peran employability dalam hubungan job insecurity dan kepuasan kerja. Makara Human Behavior Studies in Asia, 17(2), 90-98.
Nauta, A., Van Vianen, A., Van der Heijden, B., Van Dam, K., & Willemsen, M. (2009). Understanding the factors that promote employability orientation: the impact of employability culture, career satisfaction, and role breadth selfâ€efficacy. Journal of Occupational and Organizational Psychology, 82(2), 233-251.
Noe, R. A., Hollenbeck, J. R., Gerhart, B., & Wright, P. M. (2017). Human resource management: Gaining a competitive advantage. New York, NY: McGraw-Hill Education.
Octavia, S. A. (2019). Sikap dan kinerja guru profesional. Yogyakarta: Deepublish.
Purwaningsih, E. (2016). Peranan Guru Sebagai Fasilitator dan Motivator dalam Meningkatkan Hasil Belajar di Kelas XI Smk. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5(10).
Rahmawati, M., & Suryadi, E. (2019). Guru sebagai fasilitator dan efektivitas belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 4(1), 49-54.
Riley, M. (2014). A review of the literature on current practice in the development of employability skills. London, UK: SCONUL.
Rothwell, A., Herbert, I., & Rothwell, F. (2008). Self-perceived employability: Construction and initial validation of a scale for university students. Journal of vocational behavior, 73(1), 1-12.
Sarafino, E. P. (2008). Health psychology: Biopsychosocial interactions. United States: John Wiley & Sons Inc.
Setyaningsih, D., Tentama, F., & Situmorang, N. Z. (2019). Faktor–faktor yang mempengaruhi employability. In Prosiding Seminar Nasional Magister Psikologi Universitas Ahmad Dahlan (pp. 427-432).
Siagian, P. S. (2011). Human Resource Management (in Indonesia). Jakarta: Bumi Aksara.
Smith, E., & Comyn, P. (2003). The development of employability skills in novice workers. Australia: National Centre for Vocational Education Research (NCVER).
Sugiyono, P. (2015). Metode penelitian kombinasi (mixed methods). Bandung: Alfabeta.
Suwandi, S. (2016). Analisis studi kebijakan pengelolaan guru SMK dalam rangka peningkatan mutu pendidikan. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 23(1), 90-100.
Taylor, S. (2009). Health psychology. New York: Mc Graw Hill.
Tentama, F., Subardjo., Abdillah, M. H. (2019). Motivation to learn and social support determine employability among vocational high school students. International Journal of Evaluation and Research in Education, 8(2), 237-242.
Tentama, F., Subardjo., & Mulasari, SA. (2019). Independence, discipline and employability: study of vocational high school students. Journal of Education and Learning (EduLearn)Vol. 13, No. 2, pp. 170-176.
Tunjungsari, P. (2011). Pengaruh stres kerja terhadap kepuasan kerja karyawan pada kantor pusat PT. Pos Indonesia (Persero) Bandung. Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Komputer Indonesia, 1(1), 1-14.
Wagiran, W., Munadi, S., & Fathudin, S. (2014). Pengembangan model penguatan soft skills dalam mewujudkan calon guru kejuruan profesional berkarakter. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 44(1).
DOI: https://doi.org/10.36269/psyche.v3i2.384
Refbacks
- There are currently no refbacks.
PSYCHE Index:

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

_.png)








