LEARNING DESIGN WITH DISCOVERY LEARNING MODEL FOR MATEMATICAL COMPUTATIONAL THINKING ABILITY
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Sabaruddin, “Pendidikan Indonesia dalam Menghadapi Era 4.0,†Refika Aditama, vol. 10, no. 1, pp. 43–49, 2022.
A. Astuti, A. Syahza, and Z. H. Putra, “Penelitian Computational Thinking Dalam Pembelajaran Matematika,†AKSIOMA J. Progr. Stud. Pendidik. Mat., vol. 12, no. 1, p. 363, 2023, doi: 10.24127/ajpm.v12i1.5860.
E. Golla and A. Reyes, “Pisa 2022 Mathematics Framework (Draft),†OECD Publ., no. November 2018, 2022.
S. Lestari and L. Roesdiana, “Analisis Kemampuan Berpikir Komputasional Matematis Siswa Pada Materi Program Linear,†Range J. Pendidik. Mat., vol. 4, no. 2, pp. 178–188, 2023.
M. G. Supiarmo, L. Mardhiyatirrahmah, and Turmudi, “Pemberian Scaffolding untuk Memperbaiki Proses Berpikir Komputasional Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika,†J. Cendekia J. Pendidik. Mat., vol. 5, no. 1, pp. 368–382, 2021, doi: 10.31004/cendekia.v5i1.516.
F. A. Batul, D. S. Pambudi, and A. C. Prihandoko, “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Sscs Dengan Pendekatan Rme Dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Berpikir Komputasional,†AKSIOMA J. Progr. Stud. Pendidik. Mat., vol. 11, no. 2, p. 1282, 2022, doi: 10.24127/ajpm.v11i2.5074.
S. W. Chan, C. K. Looi, W. K. Ho, W. Huang, P. Seow, and L. Wu, “Learning number patterns through computational thinking activities: A Rasch model analysis,†Heliyon, vol. 7, no. 9, p. e07922, 2021, doi: 10.1016/j.heliyon.2021.e07922.
I. Sholihatinnisa, H. Suryani Lukman, and N. Agustiani, “Gemas : Media Belajar Mandiri Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Komputasi Siswa Smp,†JIPMat, vol. 9, no. 1, pp. 75–89, 2024, doi: 10.26877/jipmat.v9i1.382.
N. Aminah, Y. L. Sukestiyarno, A. N. Cahyono, and S. M. Maat, “Student Activities in Solving Mathematics Problems with a Computational Thinking Using Scratch,†Int. J. Eval. Res. Educ., vol. 12, no. 2, pp. 613–621, 2023, doi: 10.11591/ijere.v12i2.23308.
E. Nurlaelah, A. Pebrianti, M. Taqiyuddin, J. A. Dahlan, and D. Usdiyana, “Improving Mathematical Proof Based on Computational Thinking Components for Prospective Teachers in Abstract Algebra Courses,†Infin. J., vol. 14, no. 1, pp. 85–108, 2024, doi: 10.22460/infinity.v14i1.p85-108.
U. I. Anisa, E. Suanto, P. Yuanita, and M. Maimunah, “Analisis Kesalahan Siswa pada Pembelajaran Matematika Berdasarkan Teori Newman dalam Menyelesaikan Soal SPLDV,†J. Paedagogy, vol. 10, no. 1, p. 250, 2023, doi: 10.33394/jp.v10i1.6496.
M. G. Supiarmo, Turmudi, and E. Susanti, “Proses Berpikir Komputasional Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pisa Konten Change and Relationship Berdasarkan Self-Regulated Learning,†Numeracy, vol. 8, no. 1, pp. 58–72, doi: 10.46244/numeracy.v8i1.1378.
J. Julaeha, R. Rosli, and R. A. Hendrastuti, “Penerapan Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Motivasi Belajar Matematika Siswa,†Pas. J. Math. Educ. J. Pendidik. Mat., vol. 12, no. Vol 12 No 2, pp. 82–96, 2022, doi: 10.23969/pjme.v12i2.6363.
L. Subagio, I. Karnasih, and Irvan, “Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dengan Menerapkan Model Discovery-Learning dan Problem-Based-Learning Berbantuan Geogebra,†J. Pendidik. Mat. Raflesia, vol. 06, no. 02, pp. 15–26, 2021.
J. A. Purba and K. P. S. Dirgantoro, “Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbasis Smartphone Untuk Mengupayakan Minat Belajar Pada Pembelajaran Matematika [Application of Smartphone-Based Discovery Learning Models To Create Interest in Learning Mathematics],†JOHME J. Holist. Math. Educ., vol. 7, no. 2, p. 244, 2023, doi: 10.19166/johme.v7i2.6386.
T. M. Husnani, S. Mahfudy, and M. Tamur, “Analisis Kemampuan Computational Thinking Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika,†J. Pemikir. dan Penelit. Pendidik. Mat., vol. 7, no. 2, pp. 121–134, 2024, doi: 10.33394/mpm.v9i1.3898.
A. H. Brown and T. D. Green, The Essentials of Instructional Design: Connecting Fundamental Principles with Process and Practice, Fifth Edit. New York: Pearson College Division, 2024.
N. Afifah, T. H. Harahap, and S. W. Dachi, “Pengembangan LKPD Berbasis Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP,†JMES (Journal Math. Educ. Sigma), vol. 5, no. 1, pp. 30–40, 2024.
E. K. Hasibuan, N. A. Rambe, and S. Saleh, “Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTS,†AXIOM J. Pendidik. dan Mat., vol. 10, no. 1, p. 61, 2021, doi: 10.30821/axiom.v10i1.8532.
B. Warsita, “Strategi Pembelajaran Dan Implikasinya Pada Peningkatan Efektivitas Pembelajaran,†J. Teknodik, vol. XIII, no. 1, pp. 064–076, 2018, doi: 10.32550/teknodik.v13i1.440.
N. Damayanti and Kartini, “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA pada Materi Barisan dan Deret Geometri,†Mosharafa J. Pendidik. Mat. Mosharafa J. Pendidik. Mat., vol. 11, no. 1, pp. 107–118, 2022.
DOI: https://doi.org/10.36269/hjrme.v8i2.3684
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Hipotenusa Journal of Research Mathematics Education (HJRME) indexed by:

Hipotenusa Journal of Research Mathematics Education (HJRME) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0). Copyright © Online Journal System Universitas Muhammadiyah Lampung. p-ISSN 2621-0630 | e-ISSN 2723-486X

_.png)





