DEVELOPMENT OF INTERACTIVE LEARNING MEDIA ASSISTED BY SMART APPS CREATOR 3 IN SPLDV MATERIALS TO INCREASE STUDENTS' LEARNING INTEREST
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
M. Sabar, N. K. Latuconsina, A. D. Angriani, Suharti, and B. Amin, “Efektivitas Model Problem Based Learning terhadap Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik,†Al asma J. Islam. Educ., vol. 5, no. 1, pp. 1–11, 2023, doi: 10.24252/asma.v5i1.37652.
F. Nur, B. Amin, N. Fatmah, A. D, and Nursalam, “Pendampingan Belajar Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Tipe HOTS pada Materi Matriks,†KHIDMAH J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 4, no. 1, pp. 9–19, 2024.
Mauliana, M. Fonna, and H. Nufus, “Pengaruh Penerapan Problem Based Learning (PBL) Terhadap Keterampilan Abad 21,†Ar-Riyadhiyyat J. Pendidik. Mat., vol. 5, no. 1, pp. 22–30, 2024.
S. N. Maulidah et al., “Analisis Peran Guru dalam Pembelajaran Abad 21 pada Siswa Sekolah Dasar di Kurikulum Merdeka,†Pop. J. Penelit. Mhs., vol. 3, no. 2, pp. 31–42, 2024, doi: 10.58192/populer.v3i2.2116.
Sabaruddin, “Pendidikan Indonesia dalam Menghadapi Era 4.0,†Refika Aditama, vol. 10, no. 1, pp. 43–49, 2022.
Baharuddin et al., “Implementasi Media Pembelajaran Matematika Berbasis Augmented Reality pada Materi Transformasi Geometri di SMA Insan Cendekia Syech Yusuf Gowa,†KHIDMAH J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 5, no. 1, pp. 59–70, 2025.
A. M. Nazar, D. N. Sulisawati, and N. Hidayatin, “Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Setelah Penerapan Video Edukasi dalam Proses Pembelajaran,†Primatika J. Pendidik. Mat. dan Ris. Metematika, vol. 7, no. 2, pp. 321–338, 2025.
Rendi, Marni, T. Neonane, and M. Lawalata, “Peran Logika Dalam Berfikir Kritis Untuk Membangun Kemampuan,†Sinar Kasih J. Pendidik. Agama dan Filsafat, vol. 2, no. 2, pp. 82–98, 2024.
Wahyudin, Berpikir Logis , Kemampuan Verbal , Penalaran dan Komunikasi dalam Matematika. 2020.
A. Maryani and W. Setiawan, “Analisis Kesulitan Peserta Didik Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) di MTs Atsauri Sindangkerta,†J. Cendekia J. Pendidik. Mat., vol. 5, no. 3, pp. 2619–2627, 2021, doi: 10.31004/cendekia.v5i3.915.
F. Ahmad, M. Turmuzi, Junaidi, and Baidowi, “Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi SPLDV Ditinjau dari Jenis Kelamin,†J. Classrom Action Res., vol. 5, no. 1, pp. 128–137, 2023, doi: 10.29303/jcar.v5i1.2799.
M. S. Maria, Nurmaningsih, and R. Haryadi, “Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa Pada Materi Penyajian Data,†J. Ris. Rumpun Mat. dan Ilmu Pengetah. Alam, vol. 1, no. 1, pp. 40–49, 2021.
Asih and A. I. Imami, “Analisis Minat Belajar Siswa SMP pada Pembelajaran Matematika,†J. Pembelajaran Mat. Inov., vol. 4, no. 4, pp. 799–808, 2021, doi: 10.22460/jpmi.v4i4.799-808.
T. Wulandari, N. Hidayati, and A. Warmi, “Pengaruh Minat Belajar Matematika terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP,†Logaritma J. Ilmu-ilmu Pendidik. dan Sains, vol. 9, no. 02, pp. 227–238, 2022, doi: 10.24952/logaritma.v9i02.2784.
D. Ayu, S. A. Nababan, M. R. Hardiyansyah, D. Kusbiantoro, A. Azis, and A. Darma, “Pemanfaatan Media Film Sebagai Sumber Pembelajaran Sejarah dalam Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa di Kelas IX IPS Madrasah Aliyah Tahfizil Qur’an,†Hijaz J. Ilmu-Ilmu Keislam., vol. 2, no. 3, pp. 80–85, 2023, doi: 10.57251/hij.v2i3.1021.
M. Nur, I. Hamin, W. Wahdiah, R. Nur, and A. Rifky, “Studi Literatur : Telaah Kritis Relevansi Matematika Sekolah antara Kebutuhan Akdemik dan Dunia Nyata,†J. Ilm. Profesi Pendidik., vol. 10, no. 2, pp. 1201–1207, 2025.
M. Sudiarti, S. N. Siregar, and E. Susanto, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan Smart Apps Creator 3 pada Materi Transformasi untuk Siswa Kelas IX SMP/MTs,†J. Cendekia J. Pendidik. Mat., vol. 8, no. 2, pp. 899–912, 2024, doi: 10.31004/cendekia.v8i2.2135.
R. A. S. Hello, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Menggunakan Smart Apps Creator Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar di Kelas VIII SMP Negeri 2 Amabi Oefeto,†Fraktal J. Mat. Dan Pendidik. Mat., vol. 4, no. 2, pp. 8–20, 2023, doi: 10.35508/fractal.v4i2.13466.
Zamsiswaya, Swaluddin, and B. Sihombing, “Model Pengembangan 4D ( Define , Design , Develop , dan Disseminate ) dalam Pembelajaran Pendidikan Islam,†J. Islam. El Madani, vol. 4, no. 1, pp. 11–19, 2024.
D. Lawhon, “Instructional development for training teachers of exceptional children: A sourcebook,†J. Sch. Psychol., vol. 14, no. 1, p. 75, 1976, doi: 10.1016/0022-4405(76)90066-2.
C. C. Ningrum, “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Minat Belajar dan Hasil Belajar Siswa di Kaliputih,†Pharmacogn. Mag., vol. 75, no. 17, pp. 399–405, 2021.
I. Restu Kurnia and Titin Sunaryati, “Media Pembelajaran Video Berbasis Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa,†J. Educ. FKIP UNMA, vol. 9, no. 3, pp. 1357–1363, 2023, doi: 10.31949/educatio.v9i3.5579.
DOI: https://doi.org/10.36269/hjrme.v8i2.3429
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Hipotenusa Journal of Research Mathematics Education (HJRME) indexed by:

Hipotenusa Journal of Research Mathematics Education (HJRME) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0). Copyright © Online Journal System Universitas Muhammadiyah Lampung. p-ISSN 2621-0630 | e-ISSN 2723-486X

_.png)





