USE OF F-MATH MEDIA WITH A RELIGIOUS NUANCE AND STUDENTS' CREATIVE THINKING ABILITIES ON COGNITIVE AND AFFECTIVE ABILITIES IN MATHEMATICS LEARNING
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
B. Andriawan, “Identifikasi Kemampuan Berpikir Logis Dalam Pemecahan Masalah Matematika Pada Siswa Kelas VIII-1 SMP Negeri 2 Sidoarjo,†Mathedunesa, vol. 3, no. 2, 2014, doi: 10.26740/mathedunesa.v3n2.p.
A. A. Alalwan and E. Al., Social media in marketing: A review and analysis of the existing literature. Telematics and Informatics, 2017.
M. Hanafi, “Pengaruh Penggunaan Media Sosial Faceboook Terhadap Motivasi Belajar Siswa FISIP Universitas Riau,†J. JOM FISIP, vol. 3, no. 2, 2016.
H. Siswanto, “Pentingnya Pengembangan Budaya Religius di Sekolah,†Madinah J. Stud. Islam, vol. 5, no. 1, pp. 73–84, 2018.
M. Sari, “Penanaman Nilai-Nilai Agama Islam dalam Pembentukan Karakter dan Etika Siswa di Tingkat Sekolah Dasar,†Al-Mujahadah Islam. Educ. J., vol. 1, no. 1, pp. 54–71, 2023.
E. Susiana, “IDEAL Problem Solving dalam Pembelajaran Matematika,†Kreano, J. Mat. Kreat., vol. 1, no. 2, pp. 73–82, 2010.
R. A. Andriyansah, A. N. Mu’arif, D. Nataliasari, S. Rahmin, and S. Kurniawati, “Kesulitan Pembelajaran Daring Matematika Saat Pandemi Covid-19 Pada Siswa SMP Kelas VIII,†J. Pendidik. Dan Konseling (JPDK, vol. 3, no. 2, pp. 67–71, 2021.
D. M. Kartikaningrum, A. Handayani, and D. Rakhmawati, “Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Pola Interaksi Sosial Siswa Di Sekolah Dasar,†Pendas J. Ilm. Pendidik. Dasar, vol. 8, no. 1, pp. 6722–6731, 2023.
R. Jannah and R. Wati, “Kontribusi Media Siber Terhadap Jakarta: Mediakita,†J. Ilm. Pendidik. Bahasa, Sastra Indones. Dan Drh., vol. 11, no. 2, pp. 69–83, 2021.
M. F. Ramadhan and S. Sultan, “Pengaruh Metode Sugesti Imajinasi Dengan Media Lagu Islami Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Religius,†Indones. J. Pembelajaran Bhs. dan Sastra Indones., vol. 3, no. 1, pp. 24–30, 2022.
S. Surmiyati, S. Patmi, and K. Kristayulita, “Analisis Kemampuan Kognitif dan Afektif terhadap Kemampuan Psikomotor Siswa Setelah Penerapan KTSP,†Beta J. Tadris Mat., vol. 7, no. 1, pp. 25–36, 2014.
M. Effendi, “Pembelajaran Kreatif dan Penuh Makna dalam Pendidikan Islam,†J. Pendidik. Islam, vol. 5, no. 1, pp. 31–46, 2017.
S. Mariana and N. Hariyati, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Religi Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa,†J. Pendidik. Dasar, vol. 20, no. 1, pp. 1–9, 2020.
I. Gozali and A. Prasetio, “Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Agama pada Pendidikan Islam,†J-PEC J. Prim. Educ. Character, vol. 5, no. 1, pp. 61–71, 2020.
D. Sutisna, “Inovasi Media Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal,†J. Penelit. dan Pengemb. Pendidik., vol. 1, no. 1, pp. 75–86, 2017.
K. H. Ahuna, C. G. Tinnesz, and M. Kiener, “A new era of critical thinking in professional programs,†Transform. Dialogues Teach. Learn. J., vol. 7, no. 3, 2014.
N. Dhieni, L. Fridani, and S. P. M. Psych, “Hakikat Perkembangan Bahasa Anak,†Modul Paud diakses pada tanggal, vol. 26, 2017.
A. N. Dinata, Y. H. Sendjaja, and A. Amprasto, “The influence of field trip on high school student’s scientific literacy and attitude towards science in ecosystem concept,†Assim. Indones. J. Biol. Educ., vol. 1, no. 1, pp. 8–13, 2018.
C. Cunningham, “Imagination: Active in teaching and learning.†2015.
D. Suryadi, “Mathematics education and low achievement: Challenges and innovations,†J. Math. Educ., 2019.
P. A. Tess, “The role of social media in higher education classes (real and virtual): A literature review,†Comput. Human Behav., vol. 29, no. 5, pp. 60– 68, 2013.
M. Huda, “Big data emerging technology: Insights into innovative environment for online learning resources,†Int. J. Emerg. Technol. Learn., vol. 13, no. 1, pp. 23–36, 2018, doi: 10.3991/ijet.v13i01.6990.
M. Zuhdi, “Islamic education and the challenge of globalization,†Glob. J. Al-Thafaqa, vol. 2, no. 1, pp. 15–26, 2015.
E. Komara, Penelitian Tindakan Kelas Dan Profesionalisme Guru. Refika Aditama, 2012.
Ibrahim, Metodologi Penelitian Kualitatif. Alfabeta, 2015.
W. B. Sulfemi, “Pengaruh kemampuan pedagogik guru dengan hasil belajar IPS.†2019.
A. Anggraeni and M. A. Purba, Panduan Optimalisasi Media Sosial Untuk Kementerian Perdagangan Ri. Panduan Optimalisasi Media Sosial Untuk Kementerian Perdagangan Ri, 2014.
Z. Muttaqin, “Facebook Marketing Dalam Komunikasi Pemasaran Modern,†J. Teknol., vol. 1, no. 2, pp. 103–109, 2018, doi: 10.26594/teknologi.v1i2.63.
C. C. Ningrum, “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Minat Belajar dan Hasil Belajar Siswa di Kaliputih,†Pharmacogn. Mag., vol. 75, no. 17, pp. 399–405, 2021.
D. Setiawan, Panduan Praktis Mengoptimalkan Facebook. Panduan Praktis Mengoptimalkan Facebook, 2009.
DOI: https://doi.org/10.36269/hjrme.v8i2.3370
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Hipotenusa Journal of Research Mathematics Education (HJRME) indexed by:

Hipotenusa Journal of Research Mathematics Education (HJRME) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0). Copyright © Online Journal System Universitas Muhammadiyah Lampung. p-ISSN 2621-0630 | e-ISSN 2723-486X

_.png)





