MODEL POGIL DENGAN MIND MAPPING: DAMPAK TERHADAP PENALARAN ANALOGI DAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS

Rama Angger Wibowo

Abstract


Dalam pelajaran matematika peserta didik hendaknya harus mampu kemampuan dalam penalaran analogi dan kemampuan berpikir kritis. Namun, pada kenyataannya masih banyak peserta didik yang relatif belum menguasai kemampuan tersebut. Tujuan dilakukuannya penelitian ini guna mengetahui apakah terdapat dampak model POGIL dengan mind mapping terhadap penalaran analogi dan kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik. Seluruh peserta didik kelas XI IPA SMA Terpadu Pondok Pesantren Nurul Huda merupakan populasi dalam penelitian ini. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan Cluster Random Sampling. Sampel penelitian terdiri dari tiga kelas yaitu kelas eksperimen 1 menggunakan perlakuan model POGIL dengan mind mapping, kelas eksperimen 2 menggunakan perlakuan model POGIL, dan kelas kontrol menggunakan perlakuan model pembelajaran ekspositori. Metode pada penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasy Eksperiment Design. Pengambilan data penelitian ini menggunakan instrumen berbentuk uraian tes untuk mengukur penalaran analogi dan kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik.  Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini Multivariate Analysis of Varians (MANOVA) dengan taraf signifikansi 5% dengan berbantu aplikasi SPSS. Hasil dari penelitian ini didapat nilai signifikansi kurang dari 5% yakni sebesar 0,000 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat dampak model pembelajaran POGIL dengan mind mapping terhadap penalaran analogi dan kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik.


Keywords


POGIL; Mind Mapping; Penalaran Analogi; Berpikir Kritis.

Full Text:

PDF

References


K. Rendrayana, I. M. Suarsana, dan N. N. Parwati, “Strategi Pembelajaran Analogi dan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika,†J. Pendidik. Mat. RAFA, vol. 6, no. 1, hal. 15–27, 2020.

D. I. Rahmawati dan R. H. Pala, “Kemampuan Penalaran Analogi Dalam Pembelajaran Matematika,†Euclid, vol. 4, no. 2, hal. 717–725, 2017, doi: 10.33603/e.v4i2.317.

A. R. Rachmantika dan Wardono, “Peran Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Matematika Dengan Pemecahan Masalah,†Pros. Semin. Nas. Mat., vol. 2, no. 1, hal. 441, 2019.

R. Widyastuti, Suherman, B. S. Anggoro, H. S. Negara, M. D. Yuliani, dan T. N. Utami, “Understanding Mathematical Concept : The Effect Of Savi Learning Model With Probing-Prompting Techniques Viewed From Self-Concept Understanding,†J. Phys. Conf. Ser., vol. 1467i, no. 1, hal. 1–7, 2020, doi: 10.1088/1742-6596/1467/1/012060.

D. G. Oktaviani, A. Harjono, dan I. W. Gunada, “Penguasaan Konsep Usaha dan Energi Peserta Didik Kelas X Dengan Model Pembelajaran Ekpositori Berbantuan Organizers,†Univ. Mataram, hal. 1–9, 2018.

D. Ratnawati et al., “Pengaruh Model Pembelajaran PBL Berbantu Question Card terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP,†vol. 10, no. April, 2020.

Y. Risah, Sutirna, dan D. L. Hakim, “Pencapaian kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada materi trigonometri,†JPMI (Jurnal Pembelajaran Mat. Inov., vol. 4, no. 2, hal. 344–356, 2021, doi: 10.22460/jpmi.v4i2.307-316.

H. M. S. Cascolan, “Students’ Conceptual Understanding, Metacognitive Awareness and Self-Regulated Learning Strategies towards Chemistry using POGIL Approach,†ASEAN Multidiscip. Res. J., vol. 1, no. 1, 2019.

S. Wijaya dan S. L. Handayani, “Pengaruh Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di Sekolah Dasar,†J. Basicedu, vol. 5, no. 4, hal. 2521–2529, 2021.

M. Erna, R. U. Rery, dan W. Astuti, “Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi Termokimia di SMA Pekanbaru Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL),†JRPK J. Ris. Pendidik. Kim., vol. 8, no. 1, hal. 17–27, 2018, doi: 10.21009/jrpk.081.02.

Rustam, A. Ramdani, dan P. Sedijani, “Pengaruh Model Pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) Terhadap Pemahaman Konsep IPA, Keterampilan Proses Sains dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Negeri 3 Pringgabaya Lombok Timur,†J. Penelit. Pendidik. IPA, vol. 3, no. 2, 2017, doi: 10.29303/jppipa.v3i2.90.

E. Evangelisa, I. G. A. A. Sri Asri, dan I. W. Sujana, “Pengaruh Model Pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning Berbantuan Media Mind Mapping Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA,†J. Penelit. dan Pengemb. Pendidik., vol. 4, no. 2, hal. 270, Jul 2020, doi: 10.23887/jppp.v4i2.27384.

D. Al-fialistyani, A. A. Purwoko, dan L. R. T. Savalas, “Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Berbasis Mind Map Terhadap Hasil Belajar Kimia,†Univ. Mataram, vol. 7, hal. 1–25, 2018.

L. Mufidah dan M. Budiyanto, “Penerapan Model Pembelajaran Konsep berbantuan Mind Mapping Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa SMP pada Materi Getaran dan Gelombang,†Pensa E-Jurnal Pendidik. Sains, vol. 10, no. 1, hal. 102–108, 2022.

M. F. Ridlo dan D. Novita, “Penerapan Model Pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) Untuk Melatih Kemampuan Analogi Siswa Pada Materi Ikatan Kimia Kelas X MAN Surabaya,†Unesa J. Chem. Educ., vol. 8, no. 3, hal. 282–287, 2019.

D. S. Wijiastuti dan M. Muchlis, “Penerapan Model Pembelajaran POGIL Pada Materi Laju Reaksi Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik,†UNESA J. Chem. Educ., vol. 10, no. 1, hal. 48–55, 2021, doi: 10.26740/ujced.v10n1.p48-55.




DOI: https://doi.org/10.36269/hjrme.v6i2.1864

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Hipotenusa Journal of Research Mathematics Education (HJRME) indexed by:

 

 

Hipotenusa Journal of Research Mathematics Education (HJRME) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0)Copyright © Online Journal System Universitas Muhammadiyah Lampung.  p-ISSN 2621-0630 | e-ISSN 2723-486X