PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh model pembelajaran Think Talk Write terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Penelitian ini menggunakan quasi experimental design dengan bentuk nonequivalent control group design. Jumlah subjek penelitian sebanyak 47 peserta didik kelas VIII tahun pelajaran 2019/2020 salah satu SMP di Lampung Selatan. Pemilihan subjek berdasar pada pendapat guru, terpilih peserta didik kelas VIII A berjumlah 23 peserta didik sebagai kelompok eksperimen yang diberi model pembelajaran Think Talk Write dan peserta didik kelas VIII B berjumlah 24 peserta didik sebagai kelompok kontrol menggunakan pendekatan saintifik dengan metode diskusi. Instrumen penelitian berupa tes kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Data hasil uji normalitas, homogenitas, uji t, dan uji skor N-Gain pretes-postes kemampuan pemecahan masalah matematis menunjukkan bahwa: (1) tidak terdapat pengaruh model pembelajaran TTW terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik; (2) peningkatan kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Think Talk Write tidak lebih baik daripada peserta didik yang menggunakan pendekatan pembelajaran saintifik dengan metode diskusi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
As’ari, A., R. Tohir, M., Valentino, E., Imron, Z., & Taufiq, I. (2016). Buku Guru Mata Pelajaran Matematika SMP Semester 1. Jakarta: Kemdikbud.
Marlina., Ikhsan, M., & Yusrizal. (2014). Peningkatan Kemampuan Komunikasi dan Self-EfficacySiswa SMP Dengan Menggunakan Pendekatan Diskursif. Jurnal Didaktik Matematika Universitas Syiah Kuala. [Online], Vol. 1, No. 1, (http://www.¬jurnal.unsyiah.ac.id), diakses 16 Desember 2016.
Wiratmaja, C. G. A., Sadia, I. W., & Suastra, I. W. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis MasalahTerhadap Self-Efficacy danEmotional IntellegenceSiswa SMA. JurnalProgram Pascasarjana UNDIKSHA. [Online], Vol. 4, (http://pasca.undiksha.ac.id), diakses 17 Desember 2016.
Bandura, A. (1994). Self-efficacy. In V. S. Ramachaudran (Ed.), Encyclopedia of Human Behavior (Vol. 4, pp. 71-81). New York: Academic Press. (Reprinted in H. Friedman [Ed.], Encyclopedia – of - mentalhealth. SanDiego: Academic Press, 1998). [Online], (http://www. uky. edu/~eushe2/ Bandura/ BanEncy. Html), diakses 17 Desember 2016.
Medistiara, Yulida. (2016). Nilai Rata-Rata UN Tahun 2016 Turun 3 Poin Dari Tahun Lalu. Detiknews. [online], (http://m.detik.com/news), diakses 16 Oktober 2017.
Abdullah, Ridwan Sani.(2014). Pembelajaran Saintifik Untuk Kurikulum 2013.Jakarta: Bumi Aksara.
Kusumawati, Noviana. (2012). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Model Project Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis. (Tesis). Pekalongan: FKIP-UNIKAL.
Yanti, Ati Adi. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Lear¬ning Untuk Meningkatkan Kemam¬puan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Serta Self-Efficacy Siswa SMP. Tesis. [Online], (http://¬Repository.unpas.ac.id. Bandung: Pasundan), diak¬ses 10 Juni 2017.
Nu’man, Mulin. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Geometri Problem Based Learning Untuk Memfasilitasi Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa Pendidikan Matematika UIN Sunan Kalijaga. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UMS 2015. [Online], (https://publikasiilmiah.ums.ac.id), diakses 16 Desember 2016.
Kirschner, P. A., Sweller, J., & Clark, R. E. (2006). Why Minimal Guidance During Instruction Does Not Work: An Analysis of The Failure of Constructivist, Discovery, Problem-Based, Experiential, and Inquiry¬Based Teaching. Jurnal Educational Psychologist. [Online],, diakses 10 Juni 2017.
Alwisol. (2009). Psikologi Kepribadian. Edisi revisi. Malang: UMM Press.
Anita, N.M.Y., Karyasa, I.W., Tika, I.N. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Terhadap Self-Efficacy Siswa. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, http://pasca.undiksha.ac.id/ejournal/index.php/jurnal_ipa/article/download/800/585.[Diakses pada 16 Juni 2016].
DOI: https://doi.org/10.36269/hjrme.v6i2.153
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Hipotenusa Journal of Research Mathematics Education (HJRME) indexed by:

Hipotenusa Journal of Research Mathematics Education (HJRME) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0). Copyright © Online Journal System Universitas Muhammadiyah Lampung. p-ISSN 2621-0630 | e-ISSN 2723-486X

_.png)





