PROFIL KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS X SMK NEGERI 7 YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil kemampuan pemecaham masalah matematis siswa kelas X UPW 1 SMK Negeri 7 Yogyakarta pada semester genap. Kemampuan pemecahan masalah yang dilakukan oleh siswa dalam menyelesaikan soal pada materi matriks ditinjau dari indikator kemampuan pemecahan masalah menurut Polya. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X UPW 1 berjumlah 32 siswa SMK Negeri 7 Yogyakarta yang akan dianalisis kemampuan pemecahan masalah matematika. Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan Purposive sampling diamana Purposive sampling ini dimaksudkan dengan menetapkan pertimbangan tertentu yaitu penetuan kelompok siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah, wawancara terhadap subjek yang terpilih dan dokumentasi. Hasil tes siswa diperiksa dan dikelompokkan menjadi 3 yaitu kelompok atas, kelompok tengah dan kelompok bawah. Wawancara dilakukan untuk menggali hasil pekerjaan siswa dan untuk memeriksa keabsahan data dilakukan teknik triangulasi dari hasil tes subjek, wawancara terhadap subjek dan dokumentasi. Â Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis : (1) Indikator Memahami Masalah, siswa dari kelompok atas menunjukkan bahwa mereka sudah mampu memenuhi indikator memahami masalah, sedangkan untuk siswa dari kelompok tengah dan bawah menunjukkan bahwa hanya cukup mampu memenuhi indikator memahami masalah. (2) Indikator Mengembangkan Rencana, siswa dari kelompok atas, tengah dan bawah menunjukkan bahwa mereka sudah mampu memenuhi indikator mengembangkan rencana. (3) Indikator Melaksanakan Rencana, siswa dari kelompok atas dan tengah menunjukkan bahwa mereka sudah mampu memenuhi indikator melaksanakan rencana, sedangkan untuk siswa dati kelompok bawah hanya cukup mampu memenuhi indikator melaksanakan rencana. (4) Indikator Memeriksa Kembali, siswa dari kelompok atas dan tengah menunjukkan bahwa mereka sudah mampu memenuhi indikator memeriksa kembali dan menyimpulkan jawaban, sedangkan untuk siswa dari kelompok bawah hanya cukup mampu memenuhi indikator memeriksa kembali dan menyimpulkan jawaban.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
T. Y. E. Siswono, “Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Matematika,†in Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Hal, pp. 1–12.
U. Sumarmo, “Pengembangan Model Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Inteleqtual Tingkat Tinggi Siswa Sekolah Dasar,†in Laporan Penelitian FPMIPA IKIP Bandung. Tidak diterbitkan, .
E. Agustiana, F. G. Putra, and F. Farida, “Penerapan Model Pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) dengan Pendekatan Lesson Study terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik,†Desimal J. Mat., vol. I, no. 1, pp. 1–6, 2018, doi: 10.24042/djm.v1i1.1905.
G. Polya, How To Solve It: A New Aspect of Mathematical Method, Second. Princeton, New Jersey: Princeton University Press.
Siswono, Model Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan dan Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. t.t.p.: Unessa University Press.
A. Prasetiyo, Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Pelajaran Statistika Pada Kelas VIII B SMP Negeri 3 Girimulyo Kulonprogo “. Universitas PGRI Yogyakarta.
L. J. Moleong, Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2015.
A. N. Choironi, “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII D SMP Negeri 5 Wates Kulon Progoâ€.†.
N. Siregar, “Development of a blended learning model using the online learning system (SIPDA), Universitas Negeri Medan,†J. Phys. Conf. Ser., vol. 1462, no. 1, 2020, doi: 10.1088/1742-6596/1462/1/012020.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung. ALFABETA, 2015.
U. Sumarmo, Suatu Alternatif Pengajaran untuk Meningkatkan Kemmapuan Pemecahan Masalah pada Guru dan Siswa Sekolah Menengah Atas di Kodya Bandung. Laporan Penelitian UPI Bandung. Tidak Diterbitkan.
DOI: https://doi.org/10.36269/hjrme.v6i2.1404
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Hipotenusa Journal of Research Mathematics Education (HJRME) indexed by:

Hipotenusa Journal of Research Mathematics Education (HJRME) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0). Copyright © Online Journal System Universitas Muhammadiyah Lampung. p-ISSN 2621-0630 | e-ISSN 2723-486X

_.png)





