IMPLEMENTASI METODE KONTEKSTUAL PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS IV DI SD AL-KAUTSAR BANDAR LAMPUNG

Firstav Fachri S, Ahmad Luviadi, M. Sholihin

Sari


Contextual Teaching Learning (CTL) memberi kesempatan yang besar kepada siswa untuk berinteraksi dengan siswa lainnya.  Selain itu juga, model pembelajaran CTL dapat memberikan kemudahan sebagai problem solving, Agen Of Change and social Of Control dalam pembelajaran. Namun, masih terdapat tantangan dalam implementasi metode ini, khususnya di tingkat sekolah dasar. Keterbatasan guru yang belum mampu sepenuhnya dalam menerapkan strategi tersebut karena minimnya pemahaman dan kurangnya buku penunjang, sarana dan prasarana yang kurang memadahi, dan kemampuan dan jiwa psikologis siswa yang beragam. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi metode pembelajaran kontekstual (Contextual Teaching and Learning/CTL) dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di kelas IV SD Al-Kautsar Bandar Lampung.

Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode kontekstual dilaksanakan melalui lima langkah utama, yaitu: (1) mengamati, (2) menanya, (3) mengumpulkan informasi, (4) mengasosiasikan, dan (5) mengkomunikasikan. Pembelajaran kontekstual ini terbukti efektif dalam meningkatkan partisipasi aktif siswa, kemampuan berpikir kritis, serta relevansi antara materi pelajaran dengan kehidupan sehari-hari. Guru PAI berperan penting dalam menyusun perangkat pembelajaran seperti silabus, RPP, serta evaluasi berbasis autentik yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa.

Meskipun demikian, beberapa tantangan masih dihadapi, seperti keterbatasan sarana dan prasarana, serta keberagaman kemampuan siswa. Penelitian ini memberikan kontribusi praktis dalam pengembangan strategi pembelajaran yang lebih relevan dan kontekstual untuk pendidikan agama Islam di tingkat sekolah dasar.

Kata kunci: Metode kontekstual, Pendidikan Agama Islam, Pembelajaran Aktif


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Asis Saefuddin, dkk, 2016. Pembelajaran Efektif. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Dewi, N., Nugroho, A. S., & Luviadi, A. (2024). Implementasi Metode Contextual Learning dalam Pembelajaran Aqidah Akhlak Siswa di MIN 1 Pesawaran. Permata: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(1), 39-52.

Jamal Ma’mur Asmani, 2013. 7 Aplikasi PAKEM, Yogyakarta : Diva Press

Khairuddin Ahmad, Hidayah Harahap, and Wahyuddin Nur Nasution, ‘Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam ( Pai ) Di Sekolah Dasar Negeri 097523 Perumnas Batu Vi Kecamatan Siantar Kabupaten Simalungun’, Edu Riligia, 2 (2018), pp. 275–90.

Khosrow Bagheri Noarapast, 2016. Pendidikan Islam Wacana Alternatif, Jakarta : Citra

Masnur Muslich, 2014. Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional, Jakarta : Bumi Aksara

Masta Ginting, ‘Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Di Kelas Iv Sd Negeri 060948 Medan Labuhan’, School Education Journal Pgsd Fip Unimed, 5.1 (2016), pp. 13–21, doi:10.24114/sejpgsd.v5i1.4157.

Megawati, ‘Penerapan Pendekatan Contextual Teaching And Learning ( Ctl ) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Alat Indra Manusia Di Kelas Iv Sdn 2 Kutablang’, Jurnal: JESBIO, VI.1 (2017), pp. 24–28.

Mujamma’ Al-Malik Fahd , 2010. Al-Qur’an dan Terjemahan. Madinah Al-Munawwarah : Kementerian Urusan Keislaman, Wakaf, Dakwah dan Bimbingan Islam.

Nesia, A. P., Nugroho, A. S., & Khoironi, K. (2023). IMPLEMENTASI METODE TALAQI DALAM PEMBELAJARAN TAJWID KITAB TUHFATUL ATHFAL DI RUMAH PERADABAN QURANI RAJABASA BANDAR LAMPUNG. Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 224-237.

Ngalimun, 2017. Strategi Pembelajaran, Yogyakarta : Parama Ilmu

Ni Nyoman Parwati, dkk, 2018. Belajar dan Pembelajaran, Depok : PT. Rajagrafindo Persada

Prof.. Dr. Hamzah B. Uno M.Pd, dkk, 2010. Desain Pembelajaran. Bandung : MQS Publishing.

Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Pendidikan, Bandung : Penerbit Alfabeta

V. Wiratna Sujarweni, 2014. Metodologi Penelitian, Yogyakarta : Pustaka Baru Press

Yayasan Al-Kautsar Bandar Lampung, Silabus Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam SD Al-Kautsar (Bandar Lampung, 2018)

Zakiah Drajat, 1992. Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta : Bumi Aksara

Zuhaerani, 1983. Metodik Khusus Pendidikan Agama. Surabaya : Usaha Nasional




DOI: https://doi.org/10.36269/tlm.v6i2.2789

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Editor and Administration Address:

Jurnal Ta'lim is published by Universitas Muhammadiyah Lampung

Jl. ZA. Pagar Alam, Labuhan, Labuhan Ratu, Kec. Kedaton, Bandar Lampung, Indonesia, Postal Code 35132

 

 JDN Index:

  

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics

View My Stats