PERAN WALI KELAS SEBAGAI FASILITATOR DAN MEDIATOR DALAM PENGENTASAN BULLYING DI SDN 1 KARANG MARITIM BANDAR LAMPUNG
Sari
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peran wali kelas sebagai fasilitator dan mediator pengentasan Bullying terhadap peserta didik kelas VA SD Negeri 01 Karang Maritim Bandar Lampung, mengetahui sejauh mana peran yang dilakukan guru wali kelas dalam pengentasan bullying pada peserta didik kelas 5a, SD Negeri 01 Karang Maritim panjang Bandarlampung.Untuk mengetahui tujuan di atas studi ini menerapkan metode kualitatif tipe diskriptif. Subyek pada studi ini terdiri atas :peserta didik perilaku bullying, siswa yang di menjadi korban bullying. .Pendekatan pengumpulan data pada studi ini adalah :pengamatan,interview mendalam, pelaporan,dan pengamatan lapangan. Teknik pengolahan data yang di gunakan yaitu : pemilihan data, pemaparan data dan deduksi.
Berdasarkan hasil penelitian, peran wali kelas sebagai fasilitator dan mediator dalam pengentasan Bullying , yaitu :(1).Pemberian nasehat, guru wali kelas memanggil kedua belah pihak yang terjadi kasus Bullying untuk di berikan pemahaman dan di perintahkan untuk bermaaf-maafan.(2)Penerapan pembiasaan, Pembiasaan yang di lakukan guru wali kelas dalam pengentasan Bullying di SDN 1 Karang Maritim adalah :Selalu menyanyika lagu “Stop Bullying” sebelum jam pelajaran.(3)Pemberian hukuman, bentuk hukuman yang di terapkan guru wali kelas untuk pelaku Bullying yaitu di perintahkan meminta maaf kepada kawan-kawannya satu kelas, lain kelas dan kepada para guru.
Kata Kunci: Wali kelas, fasilitator, mediator, Bullying
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Adiyono dkk, 2022, Peran Guru Dalam Mengatasi Perilaku Bullying, Al-Madrasah Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah, PP.649-659. Vol.6 No.3.
Agus Wedi dkk,2021, Perkembangan Peserta Didik, Bandung Jawa Barat,CV.Media Sains Indonesia.
Albi Anggita dan Johan Setiawan dan Johan Setiawan, 2018, Metodologi Penelitian Kualitatif, CV Jejak Jawa Barat
Al-Khusna, 2022, Peran Guru Sebagai Fasilitator dan Dinamisator, Jurnal Athesis IAIN Kediri, Vol.1, No. 2.
Ayu Widya Rachma,2022, Upaya Pencegahan Bullying Di Lingkup Sekolah, Jurnal Hukum dan Pembangunan Ekonomi, Volume 10, No.2
Coloroso, 2007, Stop Bullying Memutus Rantai Kekerasan Anak dari Pra Sekolah Hingga SMU, Jakarta,Seram Ilmu Pustaka
Departemen Pendididkan Nasional, 2007, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta Balai Pustaka, Ed. Ke-3, Cet. Ke-4
Muhammad Amin, 2007, Jurnal Peran Guru Dalam Menanamkan Nilai Kejujuran Pada Lembaga Pendidikan, Curup.
Mulyana E, 2005, Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Yang Kreatif dan Menyenangkan, Bandung PT Remaja Rosda Karya
Nurul Ikhsan, Nina Kurniah dkk, 2008, Hubungan Metode Pembiasaan Dalam Pembelajaran Dengan Disiplin Anak Usia Dini.
Sejiwa, 2008, Bullying Mengatasi Kekerasan di Sekolah dan Lingkungan Sekitar Anak, Jakarta PT Gravindo, Anggota IKAPI
Supriyadie, 2013, Strategi Belajar Dan Mengajar, Yogyakarta Jaya Ilmu.
Usman .MU, 2006, Menjadi Guru Profesional Bandung PT Remaja Pusda Karya.
Saputri, R. O., Huwaina, M., & Nugroho, A. S. (2023). PEMBENTUKAN KARAKTER KEJUJURAN KELAS V SDN 52 GEDONG TATAAN OLEH GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Ta'lim, 5(2), 49-59.
Ihsan, A., & Nugroho, A. S. (2020). IMPLEMENTASI KARAKTER RELIGIUS, DISIPLIN DAN JUJUR PADA TINGKAT SMA MUHAMMADIYAH DI BANDAR LAMPUNG. Ta'lim, 2(1), 19-31.
Nugroho, A. S., & Albab, U. (2024). The Impact of Economics Education on The Frugal Lifestyle Attitude of 12th-Grade Students. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(1), 141-146.
Nesia, A. P., Nugroho, A. S., & Khoironi, K. (2023). IMPLEMENTASI METODE TALAQI DALAM PEMBELAJARAN TAJWID KITAB TUHFATUL ATHFAL DI RUMAH PERADABAN QURANI RAJABASA BANDAR LAMPUNG. Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 224-237.
Loviana, S., Nugroho, A. S., & Basyar, M. (2023). Implementasi Pembelajaran Tajwid Menggunakan Buku Panduan Bahan Ajar (PBA) Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-qur’an di Rumah Qur’an Bunda Aisyah 17 lampung. Widya Balina, 8(2), 839-853.
Basyar, M., & Nugroho, A. S. (2023). REAKTUALISASI PENDIDIKAN ISLAM DALAM MASYARAKAT MULTIKULTUR. Ta'lim, 5(1).
DOI: https://doi.org/10.36269/tlm.v6i1.2495
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Editor and Administration Address:
Jurnal Ta'lim is published by Universitas Muhammadiyah Lampung
Jl. ZA. Pagar Alam, Labuhan, Labuhan Ratu, Kec. Kedaton, Bandar Lampung, Indonesia, Postal Code 35132
JDN Index:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.