IMPLEMENTASI KARAKTER RELIGIUS, DISIPLIN DAN JUJUR PADA TINGKAT SMA MUHAMMADIYAH DI BANDAR LAMPUNG

Alsefta Ihsan, Anggi Septia Nugroho

Sari


Masalah terkait Pendidikan karakter merupakan usaha yang dilakukan untuk mewujudkan peradaban bangsa yang berdasarkan keteladan dan pembiasaan. Kehidupan generasi muda juga terdapat banayak masalah yang berkaitan kelemhan karakter. Serperti berbgai kasus narkoba, perkelahian antar kelompok, pergaulan bebas dan masih banyak yang lainnya yang menunjukkan penyakit sosial terkait masalah mental atau karkter. Anak-anak bangsa ini kehilangan pegangan dan arah hidup, sehingga hampa secara Religius, moral dan perilaku. Penyebanya berbagai macam seperti perpisahan orang tua, intraksi sosial yang longgar atau prinsif dan kontrol sosial yang lemah. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui impelemtasi pendidikan karakter di Sma Muhammadiyah 2 Labuhan Ratu Bandar Lampung. Metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Disebut kualitatif karena merupakan penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami. Teknik Pengumpulan Data, Metode observasi, Interview (wawancara), Dokumentasi. Metode Analisa Data, Reduksi data, Penyajian data. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: Implementasi Pendidikan Karakter di SMA Muhammadiyah 2 Labuhan Ratu Bandar Lampung yaitu: 1. Karakter religius terimplementasi dalam wujud pelaksanan shalat berjamaah dan mengaji setiap hari sebelum mulai pelajaran pertama, 2. karakter disiplin terimplementasi dalam wujud datang tepat waktu, 3. karakter jujur terimplemenntasi dalam wujud jujur saat datang terlambat.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abidin Ibnu Rusn, Pemikiran Al-Ghasali tentang pendidikan , Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1998

Anas Salahudin, Irwanto Alkrienciehie, pendidikan krakter pendidikan berbasis agama dan budaya bangsa, Bandung: Pustaka setia, 2017

Bagus Mustakim pendidikan Karakter membangun delapan karakter emas menuju Indonesia bermartabat, Yogyakarta: Samudra Biru, 2011

Doni Koesoema A Pendidikan karakter di zaman kebelinger, Jakarta, PT Grasindo, 2009.

Lubis Grafaura dan Ari Wijayanti. strategi impelemtasi pendidikan sesuai kurukulum 2013 di jenjang smk, Jakarta: Prestasi Pustaka Raya, 2014

Haedar Nashir, Pendidikan Karakter Berbasis Agama dan Budaya ,Yogyakarta: Multi Presindo, 2013

Marzuki. Pendidikan karakter islam. Jakarta: AMZAH 2015

Masnur muslich. Pendidikan karakter menjawab tantangan krisis mulitidemensional.Jakarta: Bumi Aksara 2014

Muchlas Samani, Hariyanto. Konsep dan Model Pendidikan Karakter, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2017

Muhainin Nuansa Baru Pendidikan islam, Mengurai benag Kusut Dunia

Pendidikan, Jakarta: Raja Garapindo Persada, 2006

Pupuh Fathurrohman, AA Suryana, Fenny Fatriany, Pengembangan pendidikan karakter, Bandung: Refika Aditama, 2013

Ridwan Abdullah Sani, Muhammad Kadri. Pendidikan Karakter, Jakarta: Bumi Aksara, 2016

Sprapto, Metode Riset, Jakarta: Rineka Cipta, 2003

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2010

Suparlan Suhartono, FilsafatPendidikan, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2007

Surat-al-qalam,senin,dikutifhttps://abihumaid.wordpress.com/2011/03/22/pada tanggal 3 september 2018

Surat Al- Furqon, hari senin, di kutuf dari https://tafsirq.com/25-al-furqan/ayat-43#tafsir-quraish-shihab pada tagal 3 september

Suwito, Filsafat pendidikan Akhlak Ibn Maskawaih, Yogyakarta: Belukar , 2004

Tutuk Ningsih,Implementasi Pendidikan Karakter, Purwokerto: STAIN Press,2014




DOI: https://doi.org/10.36269/tlm.v2i1.223

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Editor and Administration Address:

Jurnal Ta'lim is published by Universitas Muhammadiyah Lampung

Jl. ZA. Pagar Alam, Labuhan, Labuhan Ratu, Kec. Kedaton, Bandar Lampung, Indonesia, Postal Code 35132

 

 JDN Index:

  

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics

View My Stats