MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK MENGGUNANAKAN METODE TALKING STICK

ahmad luviadi, nur hikmah, khoi roni

Sari


Membahas masalah pendidikan tak ubahnya membicarakan generasi mendatang yang memerlukan kepedulian para pendidik. Jika demikian untuk mewujudkan manusia yang terdidik dan paripurna, diperlukan adanya usaha dan upaya yang serius agar tujuan pendidikan dapat terwujud, apalagi jika yang diajarkan menyangkut Akhlak. Secara sederhana untuk melihat sejauh mana keberhasilan proses belajar mengajar adalah dengan melihat hasil belajar peserta didik. Pendidik telah berupaya melakukan strategi dalam mengajar, namun hasil belajar masih terlihat rendah. Melihat kondisi tersebut, peneliti ingin menawarkan suatu metode inovatif yang diharapkan mampu membantu meningkatkan hasil belajar, yaitu MetodeTalking Stick. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan MetodeTalking Stick dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Akidah Akhlak. Penelitian ini menggunakan Action Research atau Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penerapan MetodeTalking Stickdapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kesimpulan ini dapat dilihat dari rata-rata nilai yang diperoleh siswa pada setiap siklusnya. Padapra siklus masih terdapat 8 siswa yang belum tuntas dari 19 siswa dan siswi. Artinya nilai ketuntasannya masih 42,1% dan yang belum tuntas 57,9%.Pada siklus I masih terdapat 5 siswa yang belum tuntas dari 19 siswa dan siswi. Artinya nilai ketuntasannya masih 73,7% dan yang belum tuntas 26,3%. Pada siklus ke II dengan lebih fokus dalam menggunakan MetodeTalking Stick seluruh peserta didik mengalami ketuntasan 90%. Nilai ketuntasan ini dilihat dari batas minimal KKM75%

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ahmadi. 2001. Islam Sebagai Paradigma Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media.

Ali Moertopo. 2018. Strategi Kebudayaan. Jakarta: PT. Yayasan Proklamasi CSIS, Tt.

Daryanto. 2018. Penelitian Tindakan Kelas Dan Penelitian Tindakan Sekolah, Yogyakarta: Gava Media.

Deden. 2010. Pembelajaran talking stick. Diakses dari dedenbilaode.blogspot.com.

Depag RI. 2007. Undang-Undang Guru dan Dosen UU RI No. 14 Tahun 2005. Jakarta: Asa Mandiri.

Departemen Agama RI. 1989. Al Quran dan Terjemahnya. Semarang: Toha Putra.

Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Undang-undang Sistem

Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003. Jakarta; Sinar Grafika.

DiahTuhfat Yoshida. 2006. Arsitertur Strategic (Solusi Meraih

Kemenangan dalam Dunia yang Senantiasa Berubah). Jakarta: PT. Alex Media Komputindo.

Farid Sarimaya. 2008. Sertifikasi Guru. Apa, Mengapa dan Bagaimana. Bandung: Yrama Widya.

Hamzah B. Uno dan Nurdin Mohamad. 2012. Belajar Dengan Pendekatan PAIKEM. Jakarta: Bumi Aksara.

----------. 2008. Profesi Kependidikan; Problema, Solusi dan Reformasi Pendidikan di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Kementrian Agama. 2015. Aqidah Akhlaq. Jakarta; Kementrian Agama.

Kunandar. 2003. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta; RajaGrafindo Persada.

Miftahul Huda. 2014. Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran. Yogyakarta; Pustaka Pelajar.

Muhibbinsyah. 1999. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung; Remaja Rosdakarya.

Mulyas. 2009. Pratik Penelitian Tindakan Kelas, Bandung. PT Remaja Rosda Karya.

Nanih Machendrawaty dan Agus Ahmad Safei. 2001. Pengemban

Masyarakat Islam; dari Ideologi, Strategi, sampai Tradisi. Bandung; PT. Remaja Rosdakarya.

Nugroho, Anggi Septia, et al. "KOLABORASI ORANG TUA DAN GURU PAI DALAM MEMBENTUK AKHLAK PESERTA DIDIK." Ta'lim (2019).

Oemar Hamalik. 2004. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta; Bumi Aksara.

Ramayulis. 1994. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta; Kalam Mulia.

Rosnia Wati. 2005. Kamus Lengkap Ilmiah Populer. Surabaya: KaryaIlmu.

Sardiman AM. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta; Rajawali Press.

Slameto. 1995. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta; Rineka Cipta.

Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung; Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta; Rineka Cipta.




DOI: https://doi.org/10.36269/tlm.v1i2.116

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Editor and Administration Address:

Jurnal Ta'lim is published by Universitas Muhammadiyah Lampung

Jl. ZA. Pagar Alam, Labuhan, Labuhan Ratu, Kec. Kedaton, Bandar Lampung, Indonesia, Postal Code 35132

 

 JDN Index:

  

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics

View My Stats