" />--}}

STRATEGI KOGNITIF DAN MOTIVASI MEMBACA LITERATUR BERBAHASA INGGRIS PADA MAHASISWA

Prida Harkina, Vira Sandayanti, Susanthi Pradini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran Reading Engagement pada aktivitas membaca literature berbahasa Inggris. Reading Engagement akan dilihat dari dua aspek utamanya, yaitu motivasi membaca (reading motivation) dan pemakaian strategi kognitif saat membaca literatur berbahasa Inggris pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Umum di Universitas Malahayati. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian adalah mahasiswa angkatan 2018 dan angkatan 2019 Fakultas Kedokteran di Universitas Malahayati. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik Simple Random Sampling yaitu pengambilan sampel secara acak. Hasil penelitian menyebutkan gambaran tingkat reading engagement yang dilihat dari dua aspek, yaitu motivasi membaca dan pemakaian strategi kognitif pada subjek penelitian dengan disajikan dalam bentuk pengkategorisasian. (1) 100 subjek penelitian memiliki tingkat reading engagement yang termasuk dalam kategori tinggi dengan 67 orang memiliki motivasi membaca dan penggunaan strategi kognitif yang termasuk dalam kategori tinggi. (2) 11 orang memiliki motivasi membaca yang termasuk kategori sangat tinggi, namun penggunaan strategi kognitif-nya termasuk dalam kategori tinggi. (3) 22 orang lainnya memiliki motivasi membaca yang masuk dalam kategori tinggi, meskipun penggunaan strategi kognitif-nya termasuk dalam kategori sangat tinggi.


Keywords


Motivasi Membaca; Reading Engagement; Strategi Membaca.



DOI: https://doi.org/10.36269/psyche.v5i2.1825

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


PSYCHE Index:

       

  

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics

View My Stats