PENGARUH KEPEMIMPINAN ISLAM, KOMPENSASI, DAN PENGEMBANGAN PRODUK TERHADAP KINERJA KARYAWAN BANK PEMBIAYAAN RAKYAT SYARI’AH BANDAR LAMPUNG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kepemimpinan Islam, kompensasi, dan pengembangan produk untuk meningkatkan kinerja karyawan. Penelitian ini dilakukan pada Bank Pembiayaan Rakyat Syari’ah Bandar Lampung. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini 60 responden terdiri dari nasabah dan karyawan. Analisis data yang digunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa kepemimpinan Islam, kompensasi, dan pengembangan produk secara parsial tidak berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan, namun secara simultan berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan. Variabel independen yang terdiri dari kepemimpinan Islam, kompensasi, dan pengembangan produk berpengaruh terhadap variabel dependen yaitu kinerja karyawan sebesar 45,5% kemudian sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak digunakan dalam penelitian ini sebesar 55,5%.
Kata Kunci :Kepemimpinan Islam, Kompensasi, Pengembangan Produk, Kinerja
Full Text:
PDFReferences
Irawati, Anik. (2018). Pengaruh Stress Kerja, Motivasi Kerja, dan Kompensasi terhadap Kinerja Karyawan dengan lama kerja sebagai Variabel Moderating. Akuntability: Jurnal Ilmu Akuntansi Vol.11 No. 1 Hlm. 117- 134, P- ISSN:1979-858X, E-ISSN: 2461-1190, Doi: 10.15408/akt.VIIi/8789.
Kwarimah, Annisa Coriyani. (2018). Pengaruh Gaya Kepemimpinan terhadap KinerjaKaryawan pada Panin Dubai Syari’ah Bank KCU Asia Afrika Bandung. Prosiding Keuangan Perbankan Syari’ah, ISSN: 2460-2159
Ermawati, Emmy & Barlian, Noer Aisyah. (2018). Pengaruh Kompensasi Langsung, Tidak langsung, dan Kompensasi Non Financial Terhadap Motivasi dan Kinerja Karyawan pada Klinik Swasta di Kab. Lumajang. Progress Conference E-ISSN 2622-304X P-ISSN 2622-3031
Indriyati, Endah Susetyo. (2017). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Islam, Motivasi, dan Etika Kerja Islam terhadap Kinerja Karyawan dengan Pemahaman Etka Kerja Islam. UPAWIJA DEWANTARA Vol.1 No.2, E-ISSN: 25804553, P-ISSN 2614-0888
Yozika, Ferlangga Al. (2017). Pengembangan Inovasi Produk Keuangan Dan PerbankanSyariah Dalam Mempertahankan Dan Meningkatkan Kepuasan Nasabah. Edunomika – Vol. 01, No. 02 (Agustus 2017)
Ithri, Fina Nafhatul & Cahyono, Hendry. (2018). Pengaruh Budaya Organisasi, dan Gaya Kepemimpinan Islami terhadap Kinerja Karyawan pada BPD Jatim Syari’ah Cabang Surabaya. Jurnal Ekonomi Islam Vol. 1 No. 2, Hlm. 136-144
Hasibuan, Malayu S.P. (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.
Halim, Jesslyn & Andreani, Fransisca. (2017). Analisis Pengaruh Notivasi dan Kompensasi terhadap Kinerja Karyawan di Broadway Barbershop PT. Bersama Lima Putera, Agora Vol. 5 No. 1.
Kotler, Philip & Keler, Kevin Lane. (2007). Manajemen Pemasaran Jilid 2 Edisi 12 Terjemahan. Benjamin Molan. Jakarta: Prenhalindo
Wijayanti, Ratna & Meftahudin. (2016). Pengaruh Kepemimpinan Islami, Motivasi, dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Karyawan dengan Lama Bekerja sebagai Variabel Moderator. Jurnal PPKM III, Hlm. 185-192
Haji, Samsul. (2017). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Inovasi Produk, dan Keunggulan Bersaing Terhadap Kinerja Pemasaran Usaha Cengkeh di Bawean. E-journal riset manajemen, Hlm. 83-95.
Saputra, Soleh Adang. (2018). Pengaruh Kompensasi dan Motivasi Kerja Terhadap Kepuasan Kerja serta Implikasinya Terhadap Kinerja Karyawan Dinas Pendidikan Kab. Karawang. Jurnal Manajemen dan Bisnis Kreatif.
Wacjuni. (2014). Pengarhj Orientasi Produk, Inovasi Produk, dan Kualitas Layanan Terhadap Kinerja Pemasaran dalam Upaya Mencapai Keunggulan Bersaing. Jurnal Ekonomi dan Teknik Informatika Vol.2 No.1.
DOI: https://doi.org/10.36269/psyche.v1i2.102
Refbacks
- There are currently no refbacks.
PSYCHE Index:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.