" />--}}

EFEKTIVITAS TERAPI PSIKOMOTORIK UNTUK MENGURANGI REPETITIVE AND RESTRICTED BEHAVIOR PADA ANAK AUTIS KELAS X DI SLB IT BAITUL JANNAH BANDAR LAMPUNG

Risa Gustiana, Ossy Firstanti Wardany, Heni Herlina

Abstract


Penelitian dilatarbelakangi permasalahan seorang siswa autis kelas X (MAH) yang memiliki perilaku repetitive and restricted behavior (RRB) berupa tapping (mengetuk-ngetuk jari). Perilaku tapping tersebut mengganggu proses pembelajaran. Terapi Psikomotorik merupakan terapi yang digunakan pada anak yang memiliki masalah pada kesehatan mental dengan melibatkan aktivitas fisik yang terintegrasi pada kesatuan tubuh, kognitif, dan perilaku anak. Sehingga  tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui frekuensi perilaku repetitive and restricted behavior (RRB) berupa tapping anak sebelum dan sesudah diberikan terapi psikomotorik, dan melihat setelah dilakukannya terapi psikomotorik frekuensi perilaku repetitive and restricted behavior (RRB) berupa tapping anak . Penelitian ini berjenis kuantitatif eskperimen menggunakan pendekatan penelitian subjek tunggal (single subject research) dengan penelitian A-B-A. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis dalam kondisi, dilakukan secara deskriptif dengan melihat hasil observasi perhitungan frekuensi, catatan A-B-C perilaku dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terapi psikomotorik dengan menggunakan latihan fisik berupa senam jari dapat mengurangi perilaku RRB berupa tapping pada subjek, sehingga subjek dapat belajar dengan fokus dan tenang. Penurunan perilaku diperkuat dengan hasil pengolahan data  rata-rata frekuensi pada Baseline-1 yaitu 19 kali, intervensi yaitu 17 kali, dan Baseline-2 menjadi 7 kali. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terapi psikomotorik efektif untuk menurunkan perilaku RRB berupa tapping pada anak autis.


Keywords


Terapi Psikomotorik; perilaku repetitif; Senam Jari; Perilaku Tapping; Anak Autis; Repetitive and Restricted Behavior

Full Text:

PDF

References


Adámková Ségárd, Milena & Hátlová, B. (Eds.). (2012). Psychomotor therapy in schizophrenia treatment. Ústí nad Labem, Czech Republic: Jan Evangelista Purkyne University in Ústí nad Labem.

Engel, Rafael J & Schutt, Russel K. (2008). Pratice of Research in Social Work 2nd Edition. Thousand Oaks, CA: SAGE Publications Inc.

Exkorn, Karen Siff. (2005). The Autism Sourcebook. Amerika: Perfect Bound.

Hamdi & Bahruddin. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Aplikasi dalam Pendidikan. Yogyakarta: DEEPUBLISH

Hardani, dkk. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif & Kualikatif. Yogyakarta: Pustaka Ilmu.

Hermawan, Hery. (2018). Metode Kuantitatif untuk Riset Bidang Kepariwisataan. Open Sciene Framework.

Maesaroh, Lilis dkk. (2020). Pengaruh Psychomotor Therapy pada Siswa dengan Gangguan Spektrum Autis dalam Pembelajara Pendidikan Jasmani di Sekolah. Jurnal Penelitian Pendidikan 20 (1), 71.

Matson, Johnny L. (2008). Clinical Assessment and Intervention for Autism Spectrum Disorders. Amerika: Elsevier.

Mash, Eric J & David A. Wolfe. (2010). Abnormal Child Psychologi. USA: United States.

Nurdin, Ismail., & Sri Hartati (2019). Metode Penelitian Sosial. Surabaya: Media Sahabat Cendikia.




DOI: https://doi.org/10.36269/sj.v1i2.677

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Risa Gustiana, Ossy Firstanti Wardany, Heni Herlina

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.