EFEKTIVITAS TEKNIK TASK ANALYSIS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGGOSOK GIGI ANAK TUNANETRA KELAS VII DI SLB A BINA INSANI
Abstract
Penelitian bertujuan mengetahui keefektifan teknik task analysis dalam meningkatkan kemampuan menggosok gigi siswa tunanetra. ini menggunakan pendekatan eksperimen dalan bentuk single subject research (SSR) dengan desain penelitian A-B-A. Terdapat tiga fase dalam penelitian ini yaitu fase baseline-1 yang menggambarkan kondisi anak sebelum diberikannya intervensi atau perlakuan, fase intervensi menggambarkan kondisi anak saat diberikan perlakuan task analysis dengan alat bantu peraga gigi dan audio tahapan menggosok gigi, yang terakhir fase baseline-2 menggambarkan kondisi anak setelah diberikannya intervensi atau perlakuan. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis statistika-deskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas teknik task analysis dalam meningkatkan kemampuan menggosok gigi anak tunanetra kelas VII di SLB A Bina Insani.Analisis dalam kondisi pada fase baseline-1 sebelum diberikannya intervensi dilakukan pengamatan selama lima kali dengan mean level 28% tergolong rendah. Pada kondisi intervensi (B) pengamatan dilakukan sebanyak sembilan kali dengan mean level sebesar 76 % meningkat pesat. Pada data baseline-2 kondisi setelah diberikan perlakuan, dilakukan sebanyak lima kali sesi pertemuan dengan mean level sebesar 86%. Peningkatan Presentase mean level membuktikan bahwasannya h1 diterima. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa, teknik task analysis efektif meningkatkan kemampuan menggosok gigi anak tunanetra, diharapkan hasil penelitian ini dapat bermanfaat bagi banyak orang.
Kata Kunci: : task analysis, menggosok gigi, tunanetra.
Full Text:
PDFReferences
Nawawi, A. (2010). Keterampilan Kehidupan Sehari-hari bagi Tunanetra, Activity of Daily Living Skills (ADL). Bandung: Jurusan Pendidikan Luar Biasa Universitas Pendidikan Indonesia.
Rahardja, D. (2010). Ketunanetraan. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Somantri, T. S. (2012). Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung: PT Refika Aditama
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Szidon, K., & Franzone, E. (2009). Task Analysis. Madison, WI: National Professional Development Center on Autism Spectrum Disorders. Waisman Center: University of Wisconsin .
DOI: https://doi.org/10.36269/sj.v1i2.667
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Rina Azizah, Yulvia Sani, Genesa Vernanda
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.