EFEKTIVITAS MEDIA BUSY BOOK DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMAKAI BAJU BERKANCING PADA ANAK TUNAGRAHITA KELAS II DI PKLK GROWING HOPE BANDAR LAMPUNG

Dyna Hari Triana, Yulvia Sani, Genesa Vernanda

Abstract


Tunagrahita adalah individu yang mengalami hambatan dalam hal intelegensi dan perilaku adaptif. Salah satu pembelajaran pada tunagrahita adalah pengembangan diri yang bertujuan agar tunagrahita mempunyai keterampilan dalam melakukan aktivitas hidup sehari-hari dan tidak bergantung pada orang lain. Hambatan motorik yang dialami oleh tunagrahita menyebabkan mereka juga mengalami hambatan dalam melakukan aktivitas hidup sehari-hari seperti memakai baju
berkancing. Busy bookadalah sebuah media pembelajarn berbentuk buku, yang terbuat dari kain (terutama flanel), yang berisi aktivitas sederhana sebagai rangsangan melatih keterampilan tertentu, dalam hal ini memakai baju berkancing. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektitivitas media busy bookdalam meningkatkan kemampuan memakai baju berkancing pada siswa kelas II tunagrahita di PKLK Growing Hope. Desain penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan single subject research untuk mengukur kemampuan memakai baju berkancing pada siswa kelas II sebelum dan sesudah diberikan latihan menggunakan busy book. Fase baseline A1 diberikan sebanyak 6 pertemuan, fase intervensi B sebanyak 15 kali pertemuan dan fase baseline A2 sebanyak 6 pertemuan. Berdasarkan hasil penelitian terdapat peningkatan kemampuan memakai baju berkancing dengan perbandingan skor pada fase baseline A2 (14,5 atau 53,7%) dibandingkan dengan fase baseline A1 (23 atau 79%).

Full Text:

PDF

References


Abdullah, Nandiyah. (2013). Mengenal Anak Berkebutuhan Khusus. Magistra. [Online]. Tersedia https://www.academia.edu/download/54999478/ABK-SM_1.pdf (24 Juli 2019, pukul 21.30).

Antika, B.R. (2013). Studi Pengembangan Diri (Bakat Minat) Pada Siswa Komunitas Sastra di Sekolah Alternatif Qoryah Thoyyibah Salatiga. Semarang: Unnes. [Online]. Tersedia http://lib.unnes.ac.id/17333/ (25 Juli 2019, pukul 21.50)

Arifah, Ifa. (2014). Pelaksanaan Pembelajaran Bagi Siswa Tunagrahita di Kelas V SD Gunungdani, Pengasih, Kulonprogo. Yogyakarta: UNY.

Arianti, S. I.. (2012). Pembelajaran Kesadaran Kesehatan Reproduksi Pada Siswa SMALB/C (Tunagrahita). Jurnal Ilmiah Guru COPE Tersedia https://journal.uny.ac.id/index.php/cope/article/view/3956 (25 Juli 2019, pukul 21.50)

Bahri, Syamsul. (2011). Pengembangan Kurikulum Dasar dan Tujuannya. Banda Aceh: Jurnal Ilmiah Islam Futura. [Online] tersedia https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/islamfutura/article/view/61 (24 Juli 2019, pukul 22.25)

Basuni, Muh. (2012). Pembelajaran Bina Diri Pada Anak Tunagrahita Ringan. Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Khusus Vol 9. [Online]. Tersedia. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpk/article/view/6725/0 (28 Juli 2019, pukul 00.35)

Cahyaningtyas, Asti. (2016). Upaya Peningkatan Kemampuan Berpakaian Melalui Metode Drill Pada Anak Cerebral Palsy di Sekolah Luar Biasa Daya Ananda. Yogyakarta: UNY. [Online]. Tersedia. https://eprints.uny.ac.id/40719/1/ASTI%20CAHYANINGTYAS_12103244034.pdf (28 Juli 2019, pukul 00.04).

Darmastuti, Tanti. (2012). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Dalam Kegiatan meronce Dengan Manil-Manik Melalui Metode Demontrasi pada Anak kelompok A di TK Khadijah 2 Surabaya. Surabaya: PG PAUD FIP UNESA. [Online]. Tersedia. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/644 (27 Juli 2019, pukul 23.45)

Hermanto. (2008). Kemampuan Guru Dalam Melakukan Identifikasi Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Dasar Penyelenggara Pendidikan Inklusi. Yogyakarta; UNY. [Online] tersedia http://staffnew.uny.ac.id/upload/132299486/penelitian/INKLUSI-DINAMIKA.pdf (24 Juli 2019)

Istiqomah. (2013). Pengaruh Dukungan Keluarga Terhadap Kemampuan Merawat Diri Anak Tunagrahita Ringan di SDLB negeri Kroya Kabupaten Cilacap. Purwokerto:UMP. [Online]. Tersedia. http://repository.ump.ac.id/6008/3/Istiqomah%20BAB%20II.pdf (28 Juli 2019, pukul 01.47)

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2014). Pedoman Pengembangan Diri Untuk Peserta Didik Tunagrahita. Jakarta.

Sari, E. K.. (2012). Peningkatan Perkembangan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Kolase dari Bahan Bekas Di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Simpang IV Agam. Padang: Jurnal Pesona PAUD Vol 1. [Online]. Tersedia. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/paud/article/viewFile/1615/1389 (27 Juli 2019, pukul 23.56)

Kusumastuti, W. E. (2016). Peningkatan Kemampuan Mengenal Rambu Lalu Lintas Melalui Penerapan Pretend Play Pada Anak Tunagrahita Ringan Kelas III SDLB di SLB Muhammadiya Dekso Kulonprogo. Yogyakarta: Widia Ortodidaktita. [Online] tersedia http://journal.student.uny.ac.id/ojs/ojs/index.php/plb/article/view/6415/0 (25 Juli 2019)

Mufliharsi, Risa. (2017). Pemanfaatan Busy Book pada Kosakata Anak Usia Dini di PAUD Swadaya PKK. Banda Aceh: Jurnal Metamorfosa STKIP BBG Vol V. [Online]. Tersedia. https://www.researchgate.net/profile/Risa_Mufliharsi/publication/322631652_Pemanfaatan_Busy_book_Pada_Kosakata_Anak_Usia_Dini_di_PAUD_SWADAYA_PKK/links/5b0a19d6aca2725783e8587a/Pemanfaatan-Busy-book-Pada-Kosakata-Anak-Usia-Dini-di-PAUD-SWADAYA-PKK.pdf (28 Juli 2019, pukul 02.08).

Niswah, Jauharotun. (2017). Pengaruh Pengembangan Diri Dalam Kegiatan Seksi Kerohanian Islam Terhadap Karakter Siswa SMAN 2 Surabaya. Surabaya: UIN Sunan Ampel.[Online). Tersedia http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/19121 (24 Juli 2019, pukul 22.05).

Pranata, S. A.. (2011). Pengaruh Abjad 8 (Alphabet 8S)Dalam Mengatasi Kesulitan Menulis (Dysgraphia) dan Membaca (Dysleksia) Anak Tunagrahita Ringan. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Ramadhani, S. Dan Sudarsini. (2018). Media Quite Book Dalam meningkatkan Keterampilan Memakai Baju Berkancing Bagi Tunagrahita. Malang: Universitas Negeri Malang. [Online[ tersedia http://journal2.um.ac.id/index.php/jo/article/view/4398 (25 Juli 2019).

Rochyadi, Endang dan Alimin, Zaenal. (2005). Pengembangan Program Pembelajaran Individual bagi Anak Tunagrahita. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Rochyadi, Endang. (2012). Karakteristik dan Pendidikan Anak Tunagrahita. Bandung: UPI. [Online]. Tersedia. http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._PEND._LUAR_BIASA/195608181985031-ENDANG_ROCHYADI/MODUL/PGSD4409-M6-LPK.pdf (27 Juli 2019, pukul 23.39)

Rochjadi, Hasan. (2017). Modul Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Kompetensi C. Bandung: PPPPTK TK dan PLB.

Santrock, J.W.. (2011). Perkembangan Masa Hidup (Edisi Ketigabelas). Jakarta: Erlangga

Saraswati, A. M. (2018). Penerapan Permainan Busy Book Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Autis. Surabaya: PLB FKIP UNESA. [Online]. Tersedia. http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-khusus/article/view/23628 (27 Juli 2019, pukul 23.52)

Sekarwati, D. A. dan Riyanto, Edi. (2013). Permainan Maze Matching Board Untuk Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Anak Tunagrahita. Surabaya: PLB FKIP UNESA. [Online]. Tersedia. https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=1&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwjW5uyUh9PjAhXJKY8KHUciCmIQFjAAegQIARAC&url=http%3A%2F%2Fjurnalmahasiswa.unesa.ac.id%2Findex.php%2Fjurnal-pendidikan-khusus%2Farticle%2Fdownload%2F3708%2F6280&usg=AOvVaw3G9bbB4dgek1EqOouqejSM (27 Juli 2019, pukul 00.00)

Setiawan, A. (2013). Program Kebutuhan Bina Diri Bagi Anak Tunagrahita Ringan dan Sedang. Bandung: PPPPTK TK dan PLB. [Online]. Tersedia. https://docplayer.info/46058878-Program-kebutuhan-bina-diri-bagi-anak-tunagrahita-ringan-dan-sedang-oleh-atang-setiawan.html (28 Juli 2019, pukul 01.32).

Somantri, Sutjihati. (2007). Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung: PT. Refika Aditama.

Sudrajat, Akhmad. (2010). Media Pembelajaran. Yogyakarta: UNY. [Online] tersedia http://blog.uny.ac.id/humasfipuny/files/2010/01/artikel-1.pdf (25 Juli 2019, pukul 01.54)

Sunarni. (2012). Penggunaan Media Boneka Plastik Untuk Meningkatkan Keterampilan Dalam Memakai Baju Berkancing Pada Anak Tunagrahita Sedang Kelas III SDLB-C Tunas Harapan Karawang. Bandung: UPI. [Online]. Tersedia. http://a-research.upi.edu/operator/upload/s_plb_0909481_chapter3.pdf (28 Juli 2019, pukul 02.32).

Sunanto, Tekeuchi dan Nakata. (2005). Pengantar Penelitian Dengan Subjek Tunggal. CRICED University of Tsukuba. [Online]. Tersedia. http://e-archive.criced.tsukuba.ac.jp/data/doc/pdf/2005/10/TEXT.685.pdf (28 Juli 2019, pukul 02.36).

Ulfa, P. S. (2016). Pengaruh Pemberian Reward Terhadap Motivasi Pengembangan Diri Berpakaian Pada Anak Autis Kelas IV di SDLB Autisma Dian Amanah. Yogyakarta: Widia Ortodidaktita. [Online]. Tersedia. http://journal.student.uny.ac.id/ojs/ojs/index.php/plb/article/viewFile/5423/5128 (28 Juli 2019, pukul 00.14)

Untari, dkk. (2018). Pengembangan Media Quite Book Untuk Pembelajaran Tematik Keluargaku Sekolah dasar Kelas 1. Semarang: BRILIANT. Jurnal Riset dan Konseptual Volume 3. [Online] tersedia https://www.academia.edu/download/57853222/196-868-3-PB.pdf (25Juli 2019, pukul 02.09).

Widyarini, Nilam. (2009). Kunci Pengembangan Diri. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo. [Online] tersedia

Wulan, A. R.. (2007). Pengertian dan Esensi Konsep Evaluasi, Asesmen, Tes dan Pengukuran. Bandung: Jurnal FMIPA UPI.

Wulansari, Resita. (2016). Mengembangkan Media 3 Dimensi Bina Diri untuk Siswa Tunagrahita. Mojokerto: KB Kiddoz School [Online] tersedia http://journal2.um.ac.id/index.php/jo/article/view/5072 (25 Juli 2019).

Yulianto, Trisna. (2018). Efektivitas Media Pembelajaran Busy Book Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Dengan Hambatan majemuk Kelas X di SLB Negeri 1 Bantul. Yogyakarta:Widia Ortodidaktita. [Online]. Tersedia. http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/plb/article/download/12285/11837 (28 Juli 2019, pukul 02.22).




DOI: https://doi.org/10.36269/sj.v1i1.609

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 SNEED JOURNAL

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.