EFEKTIVITAS CHILD-CENTERED PLAY THERAPY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONTAK MATA PADA ANAK AUTISM SPECTRUM DISORDER DI PKLK GROWING HOPE
Abstract
kontak mata baik dengan objek maupun dengan orang lain. Kontak mata sebagai
komunikasi nonverbal merupakan masalah yang ditampilkan olah anak ASD. Child- Centered Play Therapy (CCPT) merupakan terapi bermain yang mempunyai tujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan interaksi sosial yang di dalamnya adalah kemampuan kontak mata. Tujuan penelitian iniadalah untuk mengetahui efektivitas Child- Centered Play Therapyuntuk meningkatkan kemampuan kontak mata pada anak ASD di PKLK Growing Hope.Desain penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan single case-experiment pre-test-post-test designdengan mengukur skor kemampuan kontak mata
meliputi kemampuan kontak mata dengan benda dan kontak mata dengan orang pada anak ASD dengan usia 6 tahun saat sebelum dan sesudah diberikan CCPT. CCPT diberikan sebanyak dua puluh sesi terapi selama empat minggu. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, ditemukan bahwa Child Centered Play Therapy (CCPT)dapat meningkatkan kemampuan kontak mata dengan benda dengan perbandingan skor pada post-test lebih tinggi (22,6) dibandingankan dengan pre-test (10,6).CCPTjuga dapat meningkatkan kemampuan kontak mata dengan orang dengan perbandingan skor pada psost-tes (42,6) dibandingkan dengan pre-test (7,4).
Full Text:
PDFReferences
APA. (2013). Diagnostic And Statistical Manual Of Mental Disorders. American Psychiatric Association Publishing
Cochran, N.H, Nordling, W.J, & Cochran, J.L (2010). Child-centered play children. Hoboken, NJ: John Wiley & Sons.
Danuatmaja. (2003). Terapi Anak Autis Di Rumah. Jakarta: Puspa Swara Greenspan, Wieder, Simons. 2006. The Child Special Needs (Anak Bekebutuhan Khusus). Jakarta: Kanoman
Latipun. (2008). Psikologi Eksperimen. Malang: UMM Press
Mudjito dkk. (2014). Deteksi Dini, Diagnosa Gangguan Spectrum Autisme Dan Penanganan Dalam Keluarga. Dikjek Dikdas Kemendikbud
Novitawati, Maria et al. (2017). Efektifitas Chil-Centered Play Therapy Untuk Meningkatkan Kemampuan Joint Attention Pada Anak Autism Spectrume Disorder. Jakarta; Universitas Tarumanagara. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, dan Seni Vol. 1, No. 2,: hlm 360-369
Ray, D. C dkk. 2009. An Exploratory Study of Child-Centered Play Therapy With Aggressive Children. University of North Texas.
Salter, Kerri, dkk. (2016). The Effect Of Child-Centered Play Therapy (CCPT) on The Social and Emotional Growth Australian Children With Autism. Griffith University. International Journal of Play Therapy Association for Play Therapy 2016, Vol. 25, No. 2, 78–90
Jannah, Miftakhul. (2016). Pengaruh Metode Applied Behavior Analysis Terhadap Peningkatan Kemampuan Interaksi Sosial Pada Anak Autis. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
DOI: https://doi.org/10.36269/sj.v1i1.608
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 SNEED JOURNAL
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.