MANAGEMENT PUBLIC RELATION DALAM MENGIMPLEMENTASI PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) MELALUI KEGIATAN CORPORATE PHYLANTROPHY PT PLN (PERSERO) UPDK KERAMASAN

herawan fatoni

Abstract


Peranan public relations dalam organisasi merupakan salah satu kunci penting untuk pemahaman akan fungsi public relations. Sebagai salah satu pelaksana program Corporate Social Responsibility (CSR), public relations mempunyai peranan yang sangat penting, baik secara internal maupun eksternal perusahaan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana management public relation dalam mengimplementasi program Corporate Social Responsibility melalui kegiatan Corporate phylantrophy PT PLN (Persero) UPDK Keramasan?, Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui management public relation dalam mengimplementasi program Corporate Social Responsibility melalui kegiatan Corporate phylantrophy PT PLN (Persero) UPDK Keramasan. Penelitian ini hanya dibatasi pada management public relation dalam mengimplementasi program Corporate Social Responsibility melalui kegiatan Corporate phylantrophy PT PLN (Persero) UPDK Keramasan. Jenis penelitian yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan metode sebagai berikut: Wawancara (Interview), Observasi (Observation), Dokumentasi (Documentation). Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasaan pada bab IV, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa: Implementasi Corporate Social Responsibility (CSR) Corporate Philanthropy oleh PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pengendalian Pembangkitan Keramasan dan BKSDA Sumatera Selatan telah terbukti berhasil memberikan dampak positif bagi masyarakat sasaran. Hal ini didukung oleh pendekatan yang transparan dan akuntabel dalam penyaluran bantuan, serta melibatkan berbagai pihak terkait, termasuk pemerintah dan LSM, dalam mengoptimalkan hasil program CSR tersebut. Selain itu, Manajemen Public Relations PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pengendalian Pembangkitan Keramasan dan BKSDA Sumatera Selatan berperan aktif dalam menyampaikan pesan-pesan dan kebijakan perusahaan kepada masyarakat melalui sosialisasi yang dilakukan dengan pendekatan langsung dan koordinasi yang efektif dengan instansi terkait. Kata Kunci: Public Relations, Corporate Social Responsibility, Corporate Philanthropy

Full Text:

PDF

References


Abdullah, Aceng. 2004. Press Relations

(Kiat Berhubungan dengan Media

Massa). Bandung: Remaja

Rosdakarya.

Baran, Stanley J., Dennis K. Davis. 2014.

Teori Komunikasi: Dasar,

Pergolakan, dan Masa Depan.

Jakarta: Salemba Humanika.

Biagi, Shirley. 2010. Media/Impact:

Pengantar Media Massa. Jakarta:

Salemba Humanika.

Bungin, Burhan. 2008. Sosiologi

Komunikasi-Teori, Paradigma, dan

Diskursus Teknologi Komunikasi di

Masyarakat. Jakarta: Kencana

Cutlip, Scott M. dkk. 2006. Effective Public

Relations (Edisi Kesembilan). Jakarta:

Kencana Prenada Media Group.

Devito, Joseph A. 2011. Komunikasi Antar

Manusia: Edisi Kelima. Tanggerang

Selatan: Karisma Publishing Group.

Effendy, Onong Uchjana. 2003. Ilmu, Teori

dan Filsafat Komunikasi. Bandung:

PT Remaja Rosdakarya.

Effendy, Onong Uchjana. 2011. Ilmu

Komunikasi: Teori dan Praktek.

Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Hairunnisa. 2015. Public Relations.

Yogyakarta: Graha Ilmu.

Iriantara, Yosal. 2005. Media Relations

(Konsep, Pendekatan, dan Praktik).

Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Jefkins, Frank-Daniel Yadin. 2004. Public

Relations. Jakarta: PT. Gelora Aksara

Partama.

Kriyantono, Rachmat. 2015 Public

Relations, Issue and Crisis

Management (Pendekatan Critical

Public Relations, Etnografi Krisis and

Kulaitatif). Jakarta: Kencana, Prenada

Media Group.

Littlejohn, Stephen W., Karen A. Foss.

Teori Komunikasi: Edisi 9.

Jakarta: Salemba Humanika.

Morissan. 2013. Teori Komunikasi:,

Individu Hingga Massa. Jakarta:

Kencana, Prenada Media Group.

Morissan. 2013. Teori Komunikasi:,

Individu Hingga Massa. Jakarta:

Kencana, Prenada Media Group.

Mulyadi, Deddy. 2016. Ilmu Komunikasi

Suatu Pengantar. Bandung: PT

Remaja Rosdakarya.

Pawito. 2007. Penelitian Komunikasi

Kualitatif. Yogyakarta: LKIS

Ruslan, Rosady. 2007. Etika Kehumasan

Konsepsi dan Aplikasi. Jakarta: PT

RajaGrafindo Persada.

Ruslan, Rosady. 2014. Manajemen Public

Relations dan Media Komunikasi.

Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian

Kombinasi (Mixed Methods).

Bandung: Alfabeta.

Yulianita, Neni. 2005. Dasar-dasar Public

Relations. Bandung: P2U, Lembaga

Penelitian dan Pengabdian Kepada

Masyarakat Universitas Islam

Bandung




DOI: https://doi.org/10.36269/ire.v3i2.2113

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.