" />--}}

IMPLEMENTASI APLIKASI JEMBER SISTEM INFORMASI PELAYANAN (J-SIP) DALAM MENINGKATKAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN JEMBER

Nadea Triyanti, Akbar Maulana

Abstract


Abstrak: Penelitian ini mengkaji tentang Implementasi Aplikasi Jember Sistem Informasi Pelayanan (J-SIP) Dalam Meningkatkan Administrasi Kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jember. Menggunakan metode kualitatif deskriptif, penelitian ini menemukan bahwa (J-SIP) berperan sebagai sarana proses pelayanan publik daring dalam pengajuan dokumen administrasi kependudukan di DispendukCapil. J-SIP telah terbukti menjadi solusi efektif dalam modernisasi administrasi kependudukan di Kabupaten Jember, menciptakan sistem yang lebih efisien, transparan, dan terintegrasi. Keberhasilan implementasi ini menunjukkan bahwa transformasi digital dalam pelayanan publik dapat memberikan manfaat signifikan ketika dirancang dengan mempertimbangkan kebutuhan pengguna, didukung infrastruktur yang memadai, dan diimplementasikan dengan strategi yang komprehensif. Namun, keberlanjutan dan pengembangan sistem tetap memerlukan perhatian berkelanjutan untuk memastikan relevansi dan efektivitasnya di masa mendatang.
Kata Kunci: J-SIP, Administrasi Kependudukan, DispendukCapil, Pelayanan Publik

Keywords


J-SIP, Administrasi Kependudukan, DispendukCapil, Pelayanan Publik

Full Text:

PDF

References


Akbar Maulana. (2019). Implementasi Kebijakan Verifikasi dan Validasi Data.

Amalia, E., & Supriatna, Y. (2017). Perancangan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan Sebagai Pengembangan Egovernment. Prosiding Seminar Ilmu Komputer Dan Teknologi Informasi, 2(1).

Bogdan, Robert., & Biklen, S. Knopp. (1998). Qualitative research for education : an introduction to theory and methods. Allyn and Bacon.

Daniel A. Mazmanian, P. A. S. (1983). Implementation and Public Policy . Foresman Scott.

Dispendukcapil Jember. (2020, October 6). Disdukcapil Kabupaten Jember. Https://Dispendukcapil.Jemberkab.Go.Id/Ketahui-Di-Sini-Sejumlah-Hal-Adminduk-Belum-Sampai-Rumah/.

Farhan, A. (2023). Inovasi Pelayanan Publik pada Pemerintah Daerah di Indonesia. Matra Pembaruan, 7(2), 111–123. https://doi.org/10.21787/mp.7.2.2023.111-123

Fricia, N., & Cahyati, R. D. (2025). Digital Transformation In Public Services: The Case Of Disdukcapil Padang City. Jurnal Media Akademik (Jma), 3(1).

Grindle, M. S. . (1980). Politics and Policy Implementation in the Third World. Princeton University Press.

Handayani, N. L. P., & Soeparan, P. F. (2022). Peran Sistem Pembayaran Digital Dalam Revitalisasi UMKM. Transformasi: Journal of Economics and Business Management, 1(3), 20–32. https://doi.org/10.56444/transformasi.v1i3.425

Inna, N. M., & Mustari, N. (2024). Implementasi E-Government dalam Pengembangan Tata Kelola Smart Village. Village: Journal Rural Development and Government Studies, 3(1), 38–52.

Kurniasih, D., & Yusuf, M. (2023). The Era of Collaborative Management: Navigating the Challenges Faced by Indonesian Local Governments. Jurnal Studi Pemerintahan, 283–304. https://doi.org/10.18196/jsp.v14i3.332

Liana, U., & Chilmy, N. W. (2024). Inovasi Pelayanan Publik Melalui Aplikasi J-SIP Sebagai Upaya Meningkatkan Pelayanan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. FORMULA Jurnal Administrasi Publik, 1, 1–14.

Malek, I. A., Pandey, J., & Dattana, V. (2020). E- Government Service Quality And Its Effectiveness. Journal of Student Research, August 2022. https://doi.org/10.47611/jsr.vi.895

Mannayong, J. (2024). Evaluation Of The Effectiveness Of Digital-Based Public Services. International Journal of Economics and Management Research, 3(2), 147–165. https://doi.org/10.55606/ijemr.v3i2.214

Nurlaila, & Zuriatin. (2024). Transformasi Digital Pelayanan Publik: Tantangan dan Prospek dalam Implementasi E-Government. Public Service and Governance Journal, 5(2), 21–37. https://doi.org/10.56444/psgj.v5i2.1468

R. Taqwaty Firdausijah, A. P. (2020). Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik. Kebijakan: Jurnal Ilmu Administrasi, 11(2), 113–119.

Rahmadany, A. F. (2021). Literature Study of Electronic Government Implementation in the Perspective of Indonesia’s Electronic Government Ranking Dimensions. Jurnal Bina Praja, 13(2), 281–292. https://doi.org/10.21787/jbp.13.2021.281-292

Robial, F. E. D., & Tarandung, C. (2023). Efektivitas Penerapan Prinsip-Prinsip Good Governance Pada Pelayanan Publik Di Era Digital. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5, 4293–4302.

Sanyaolu, T. O., & Adeleke, A. G. (2023). Stakeholder management in IT development projects: Balancing expectations and deliverables. International Journal of Management & Entrepreneurship Research, 5(12), 1239–1255. https://doi.org/10.51594/ijmer.v5i12.1535

Sarjan, M. (2024). Evaluasi Penggunaan Teknologi Informasi Administrasi untuk Meningkatan Pelayanan Publik. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 4, 8679–8689.

Sundari, S., & Woro Astuti, S. J. (2024). Implementasi Sistem Informasi Pemerintah Daerah. MAP (Jurnal Manajemen Dan Administrasi Publik), 6(4), 433–440. https://doi.org/10.37504/map.v6i4.585

UU-24-Tahun-2013. (n.d.).

Yunita, A. R., & Oktariyanda, T. A. (2024). Efektivitas Sistem Pelayanan Administrasi Kependudukan Langsung Jadi Secara Elektronik. Publika, 4(June), 2016.




DOI: https://doi.org/10.36269/dmkr.v5i1.3118

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
INDEXING
 

    

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.