Promosi Pariwisata Kabupaten Paser Melalui Media Sosial

Fajrianur Aprilianadi, Piranti Amara

Abstract


Penelitian ini berfokus pada permasalahan promosi media sosial yang berada di KabupatenPaser. Media sosial semakin diminati oleh masyarakat sebagai media promosi berupa produk atau jasa, salah satu yang dapat dipasarkan melalui media sosial adalah tempat wisata. Promosi pariwisata di media sosial menjadi sarana yang di manfaatkan oleh pemerintah daerah Kabupaten Paser untuk mengembangkan wisata di era digitalisasi yang sasarannya tertuju kepad masyarakat paser. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana promosi pariwisata di Kabupaten Paser melalui media sosial. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, dengan menggunakan data sekunder berbasis literature review. Hasil dari penelitian ini, pertama promosi pariwisata melalui media sosial masih rendah karena hanya diketahui oleh kalangan tertentu untuk mengaksesnya, kedua keterlibatan Masyarakat Paser dalam mempromosikan pariwisatanya sangat aktif di media sosial, ketiga pemerintah Kabupaten Paser di bidang pariwisata dinilai kurang serius mengatasi pembenahan pariwisata berbanding terbalik dengan image bagus yang ditampilkan di media sosial, dan keempat yaitu tantangan dengan adanya promosi pariwisata di media sosial paser perlu sekali diperhatikan untuk pengelolaan anggaran, kurangnya koordinasi antara Pemerintah Kabupaten Paser dengan masyarakat.

Kata Kunci : Promosi, Pariwisata, Media Sosial


Full Text:

PDF

References


Pustaka yang berupa Jurnal Ilmiah:

Anang Sugeng Cahyono. 2016. Pengaruh Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Masyarakat di Indonesia. Publiciana. 9(1), 140-157. https://doi.org/10.36563/publiciana.v9i1.79

Ariyanto, A., Sudarsono, A., Ivantan, I., Akbar, M. F., & Munarsih, M. (2020).

Pengembangan Potensi Destinasi Wisata Curug Angkrek melalui Media Sosial di Kp. Cimuncang, Desa Karangnunggal, Kabupaten Tasikmalaya Jawa Barat. BAKTIMAS : Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(2), 95–99. https://doi.org/10.32672/btm.v2i2.2131

Ayu Pranita Kusuma dan John Suprihanto, N., Studi Kajian Pariwisata Sekolah Pascasarjana

Universitas Gadjah Mada, P., & Antropologi Budaya, D. (2020). Halaman 378-390

Cimuncang, Desa Karangnunggal, Kabupaten Tasikmalaya Jawa Barat. BAKTIMAS: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 2(2), 95-99.

Buchari Alma. 2016. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung. Alfabeta

Dina Mayasaari Soeswoyo,Liliana Dewi, and Putu Swasti Asaparini. 2018. “Promosi Melalui Media Sosial Berbasis Partisipasi Masyarakat Dan Pernannya Dalam Pariwisata Kota.” Jurnal Pariwisata 5: 1–11. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jp.

Pustaka yang berupa Buku :

Husein, Umar. 2011. Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis Edisi 11. Jakarta:PT Raja Grafindo Persada

Rahman, A. (2018). Peran Pemerintah Daerah Dalam Penyelenggaraan Promosi Pariwisata.Sumber Podang (Studi pada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kediri).

Pustaka yang Berupa Dokumen:

Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2009 Tentang Kepariwisataan

Badan Pusat Statistik Kabupaten Paser Dalam Angka 2021




DOI: https://doi.org/10.36269/dmkr.v3i1.1439

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
INDEXING
 

    

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.