Publication Ethics

Etika Publikasi

Etika Publikasi Jurnal Ilmiah Teknik Elektro

 

JITRO  diterbitkan oleh Prodi Teknik Elektro Fakultas Teknik  Universitas Muhammadiyah Lampung sebagai sarana untuk mempublikasikan hasil penelitian, artikel review dari peneliti-peneliti di bidang teknik elektro.

 Etika Publikasi ilmiah ini disusun sebagai panduan etika bagi semua pihak yang terlibat dalam proses terbitnya suatu karya tulis dalam JITRO yang meliputi: pengelola, editor, mitra bestari, dan penulis (author) yang menjunjung tiga nilai etika dalam publikasi yaitu Netralitas (pihak JITRO hanya media publikasi tanpa kepentingan dalan konten publikasi), Keadilan (Hak dan kewajiban semua pihak), dan Kejujuran (bebas duplikasi, fabrikasi, falsifikasi, dan plagiarism).

Tugas dan Tanggung Jawab Penerbit

  1. Penerbit JITRO bertanggungjawab untuk menerbitkan naskah  yang terlebih dahulu telah melalui proses administrasi, editing, layout, dan evaluasi sesuai template atau kaidah penerbitan Jurnal Ilmiah yang berlaku.
  2. Mengedepankan kebebasan berpendapat secara objektif,

Tugas dan Tanggung Jawab Editor 

  1. Bertanggung jawab terhadap gaya dan format karya tulis, sedangkan isi dan segala pernyataan dalam karya tulis adalah tanggung jawab pengarang/penulis,
  2. Secara aktif meminta pendapat pengarang, pembaca, mitra bestari, dan anggota dewan editor untuk meningkatkan mutu publikasi,
  3. bertanggungjawab dalam memutuskan naskah  mana yang dapat dipublikasikan. Keputusan ini dilakukan melalui rapat dewan editor dengan mengacu pada aturan yang berlaku terkait pelanggaran hak cipta, duplikasi, fabrikasi data, falsifikasi data dan plagiarism serta kepantasan dalam publikasi suatu karya ilmiah.
  4. Editor JITRO berhak menolak naskah jurnal yang tidak memenuhi kriteria untuk dimuat dalam JITRO dan mengembalikan hak kepemilikan naskah jurnal kepada penulis.
  5. Menyampaikan koreksi, klarifikasi, penarikan, dan permintaan maaf apabila diperlukan,
  6. Editor JITRO tidak akan menggunakan naskah jurnal untuk kepentingan pribadi atau kelompok diluar kepentingan publikasi JITRO.
  7. Mendorong pengarang/penulis, supaya dapat melakukan perbaikan karya tulis hingga layak terbit.

 

Tanggungjawab Reviewer

  1. Mendapat tugas dari editor untuk menelaah karya tulis dan menyampaikan hasil penelaahan kepada editor, sebagai bahan penentuan kelayakan suatu karya tulis untuk diterbitkan.
  2. Menjaga privasi pengarang dengan tidak menyebarluaskan hasil koreksi, saran, dan rekomendasi dengan memberikan kritik, saran, masukan, dan rekomendasi
  3. Mendorong pengarang/penulis untuk melakukan perbaikan karya tulis
  4. Menelaah kembali karya tulis yang telah diperbaiki sesuai dengan standar yang telah ditentukan.
  5. Karya tulis ditelaah secara tepat waktu sesuai gaya selingkung terbitan berdasarkan kaidah ilmiah (metode pengumpulan data, legalitas pengarang, kesimpulan, dan lain-lain.).

 Tanggungjawab Penulis

  1. Menyajikan naskah  hasil pemikiran atau penelitiannya secara jelas, jujur, dan tanpa duplikasi, fabrikasi data, falsifikasi data dan plagiarisme.
  2. Bertanggungjawab atas konfirmasi yang diajukan atas naskah  yang telah ditulis.
  3. Menyatakan asal sumber daya (termasuk pendanaan), baik secara langsung maupun tidak langsung Menulis naskah secara etis, jujur dan bertanggung jawab, sesuai dengan peraturan penulisan ilmiah yang berlaku.
    1. Tidak berkeberatan jika naskahnya mengalami penyuntingan pada proses penelaahan dan layout tanpa mengubah subtansi atau ide pokok dari tulisan.
    2. Memastikan bahwa yang masuk dalam daftar pengarang/penulis memenuhi kriteria sebagai pengarang/penulis.