MODIFIKASI PERILAKU TEKNIK SHAPING UNTUK MENGURANGI KECEMASAN SOSIAL PADA ANAK

Winda Mulvariani, Humaira Salma Salsabiila, Muhammad Jamaluddin

Abstract


ABSTRACT

In order for the child’s social life to run well, appropriate with the child’s psychosocial and moral development, it is necessary to immediately handle it if the child has anxiety problems in socializing with other people. So, to cope this, we can use behaviour modification shaping techniques or shaping is the development of a new operant behaviour through strengthening successive approximations, and eliminating previous approximations of this behaviour to new behaviours on the target or subject. The method of this research used with literature review. The data used in this research were obtained not directly in the field, but taking data based on previous research that has been carried out. Can be concluded that shaping techniques procedure can be done to reduce social anxiety in children. The role of parents is also very important in overcoming social anxiety in children, so that children become accustomed and do not feel anxious when they are outside, children having social anxiety will make children’s growth late, due to the child’s lack of social behaviour.

ABSTRAK

Agar kehidupan sosial anak berjalan dengan baik sesuai dengan perkembangan psikososial dan perkembangan moral anak, perlu segera untuk dilakukan penanganan jika anak mengalami masalah kecemasan dalam bersosialisasi dengan orang lain. Untuk mengatasi hal tersebut dapat dilakukan dengan modifikasi perilaku teknik shaping atau pembentukan merupakan pengembangan sebuah perilaku operan baru melalui penguatan aproksimasi suksesif, dan pemunahan aproksimasi sebelumnya terhadap perilaku tersebut hingga perilaku yang baru pada target atau subjek. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan metode penelitian studi kepustakaan (literature review). Data yang digunakan pada penelitian ini didapatkan tidak langsung terjun kelapangan, tetapi mengambil data berdasarkan penelitian terdahulu yang telah dilaksanakan. Disimpulkan bahwa prosedur teknik shaping dapat dilakuakan untuk pengurangan kecemasan sosial pada anak. Peran orang tua juga sangat penting untuk mengatasi kecemasan sosial anak, sehingga anak jadi terbiasa dan tidak merasa cemas ketika berada diluar, anak yang memiliki kecemasan sosial akan membuat pertumbuhan anak menjadi terlambat dikarenakan kurangnya sosial anak.

 


Keywords


Kecemasan sosial, Masa anak-anak awal, Teknik shaping

References


American Psychiatric Association. (2000). DSM IV TR. Washington DC: American Psychiatric Association.

Chaplin, J. (2002). Kamus Lengkap PSikologi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Ehmke, R. (2021, April 13). What is Social Anxiety. Retrieved from CHILD MIND ISNTITUTE: childmind.org

Hazhira, Q. (2010). Optimalisasi Pendidikan Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran yang Berbasis Perkembangan Otak. Jurnal buletin Psikologi.

Hurlock, E. (2002). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga.

Jahja, Y. (2015). Psikologi Perkembangan. Jakarta: PRENADAMEDIA GROUP.

Komalasari, & dkk. (2011). Pembelajaran Konstektual Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT Refika Aditama.

Latipun. (2017). Psikologi Eksperimen. Malang: UMM Press.

Martin, G., & Pear, J. (2015). Modifikasi Perilaku. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Miltenberger, R. (2004). Behavior Modification Principles and Procedures. 3th Edition. Australia: THOMSON WADSWORTH.

Munfarijah, I. (2019, September 9). Mengatasi Kecemasan pada Anak Usia Dini. Retrieved from RUANG GURU PAUD: https://anggunpaud.kemendikbud.go.id/idex.php/berita/index/20190909185752/Mengatasi-Kecemasan-pada-Anak-Usia-Dini

Nevid, J., Rathus, S., & Greene, B. (2014). Psikologi Abnormal. Jakarta: Erlangga.

Novita, A. (2017). Kecemasan Sosial pada Remaja yang Tinggal di Panti Asuhan di Tinjau dari Kepribadian.Skripsi. Malang: Fakultas Psikologi UMM Malang.

Yulius, B. P. (2010). Hubungan antara Konsep Diri dengan Kecemasan Sosial pada Remaja Kelas XI SMA Kristen Surakarta. Skripsi. Surakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret.




DOI: https://doi.org/10.36269/psyche.v3i2.403

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


PSYCHE Index:

     

  

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics

View My Stats