SELF ADJUSTMENT MAHASISWA PASCASARJANA CEREBRAL PALSY

Mabid Barokah

Abstract


Keterbatasan mahasiswa cerebal palsy dengan gangguan gerakan dan postur tubuh menjadikan motivator dalam menempuh studi magister. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengalaman dua orang mahasiswa cerebral palsy dalam beradptasi di tengah kekurangan dirinya untuk memahami pelajaran, mengerjakan tugas, presentasi dan diskusi. Penelitian ini menggunakan rancangan studi kasus. Subjek penelitian adalah mahasiswa cerebral palsy yang duduk disemester dua sebagai indikator telah mengalami proses pembelajaan. Hasil penelitian mendeskripsikan bahwa kemampuan mahasiswa cerebral palsy dalam beradptasi ditandai dengan kemampuan mereka mengatasi kesulitan-kesulitan yang dialami selama proses perkuliahan dengan cara meminta bantuan pendamping ketika mendapat giliran presentasi atau berdiskusi dan juga menggunakan cara pembuatan slide yang dominan bersifat visual agar mengurangi dalam berbicara. Keterbatasan berbicara dilakukan penyesuaian diri dengan melibatan pendamping untuk membacakan serta memahami melalui tulisan yang disampaikan dalam pembelajaran yang dilaluinya. Keterbatasan fisik untuk berjalan penyesuaian diri dibantu oleh asisten pribadinya untuk membantu sebagai transportasinya.


Keywords


cerebral palsy, self adjusment, keterbatasan fisik, keterbatasan berbicara

References


Ana Rafikayati, Lutfi Isni Badian, Boy Soedarmadji. 2018. The Role of Counseling Guidance Teacher for Helping Self Adjustment of Special Needs Children in Inclusion School Advances in Social Science, Education and Humanities Research, volume 272.

Anonim. 2009. Self Adjustment. Https://Www.Duniapelajar.Com/2009/10/30/Self-Adjustment/ (blog). 2009.

Fitria Listiani dan Siti Ina Savira. 2015. Penerimaan Diri Remaja Cerebral Palsy Vol.3 No.2.

Hartono. 2004. Statistik Untuk Penelitian. Yogyakarta: LSFK2P & Pustaka Belajar.

Novita Joseph. 2019. Apa Itu Cerebral Palsy? Hello Sehat (blog). March 15, 2019. https://hellosehat.com/penyakit/cerebral-palsy-adalah/.

Patil SP, Patil PB, Kashetty MV. 2014. Effectiveness of Different Tooth Brushing Techniques on the Removal of Dental Plaque in 6-8 Year Old Children of Gulbarga J Int Soc Prev Community Dent.

Renaldhi Ardhian Putra. 2014. Hubungan Antara Penerimaan Diri Dengan Penyesuaian Diri Pada Remaja DIfabel. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Sarwono, Sarlito. n.d. Psikologi Lingkungan. Jakarta: Gramedia.

Schneiders, A.A. 2008. Personal Adjusment and Mental Health. New York: Holtt.Renchart and Winston.

Soetjiningsih. 1995. Tumbuh Kembang Anak. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC.

Sriwidodo, Untung dan Agus Budhi Haryanto. 2010. Pengaruh Komunikasi Dan Kesejahteraan Terhadap Kinerja Pegawai Dinas Pendidikan Kabupaten Sukoharjo Jurnal Manajemen Sumberdaya Manusia Vol. 4 No. 1 48 Juni.

Utomo AHP. 2013. Cerebral Palsy Tipe Spatic Diplegy Pada Anak Usia Dua Tahun Medula, Volume 1, Nomor 4.

Wijaya, B.O. 2015. Hubungan Antara Penyesuaian Diri Dengan Kemandirian Pada Mahasiswa Yang Merantau Fakultas Teknik Industri Universitas Bina Darma Angkatan 2014/2015 Palembang. Jurnal Fakultas Psikologi Universitas Bina Darma Palembang.




DOI: https://doi.org/10.36269/psyche.v3i1.281

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


PSYCHE Index:

       

  

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics

View My Stats