PELATIHAN PUBLIC SPEAKING UNTUK MEMBANGUN EFIKASI DIRI PEMUDA PAPUA
Abstract
Pelatihan public speaking menjadi strategi efektif untuk meningkatkan efikasi diri, terutama bagi pemuda Papua yang masih menghadapi hambatan kepercayaan diri akibat faktor sosial, ekonomi, dan budaya. Program pengabdian ini dilaksanakan pada Komunitas Pemuda Papua di Kota Merauke dengan jumlah peserta 20 orang. Tujuannya adalah membekali peserta dengan keterampilan berbicara di depan umum dan menumbuhkan rasa percaya diri untuk berkontribusi bagi masyarakat. Kegiatan dilakukan melalui tiga tahap, yaitu pelatihan, penerapan, dan pendampingan. Hasil evaluasi dengan model gain score menunjukkan peningkatan signifikan kemampuan public speaking peserta, dari skor rata-rata 15,4 menjadi 26,1 dengan gain score 10,7 (kategori tinggi). Aspek yang paling meningkat adalah kepercayaan diri (+35%), struktur penyampaian (+32%), serta artikulasi dan intonasi (+28%). Temuan ini membuktikan bahwa pelatihan memberikan dampak nyata terhadap keberanian dan kemampuan komunikasi peserta. Program ini merekomendasikan agar pelatihan serupa dilaksanakan secara berkelanjutan sebagai bagian dari pengembangan kapasitas pemuda Papua menuju generasi yang percaya diri, komunikatif, dan aktif berpartisipasi sosial.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Garaika, & Margahana, H. (2019). Self-Efficacy, Self-Esteem and Self-Confidence as Predictors of Students’ Entrepreneurial Intention. International Journal of Education and Practice, 7(3), 158–167. https://doi.org/10.18488/journal.61.2019.73.158.167
Masturi, & Utami, R. D. (2018). Pengaruh Efikasi Diri Terhadap Kemampuan Berbicara Di Depan Umum Mahasiswa. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling, 4(2), 95–103.
Nur’ain, & Prasetyo, A. (2019). Public Speaking Untuk Pemula. Yogyakarta: Deepublish.
Puozzo, I., & Audrin, C. (2021). Self-Efficacy and Resilience: How to Empower Teachers And Students? European Journal of Education, 56(3), 480–495. https://doi.org/10.1111/ejed.12458
Supervía, P. U., Bordás, C. M., & Lorente, L. M. (2022). Self-Efficacy and Psychological Well-Being In Adolescents: The Mediating Role Of Academic Engagement. Frontiers in Psychology, 13, 834–846. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2022.834846
Ummah, R., Wulandari, D., & Fitriani, N. (2022). Self-Efficacy and Its Impact On Students’ Academic Performance And Mental Health. Journal of Educational Psychology Research, 4(1), 45–53.
Wenda, E., & Yohanis, M. (2022). Tantangan Dan Potensi Pemuda Papua Dalam Pembangunan Sosial Budaya. Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 11(2), 233–245.
Zainal, A. (2022). Public Speaking: Seni Berbicara Di Depan Umum. Bandung: Alfabeta.
DOI: https://doi.org/10.36269/jdn.v4i2.4084
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editor and Administration Address:
Jurnal Dedikasi Untuk Negeri is published by Universitas Muhammadiyah Lampung
Jl. ZA. Pagar Alam, Labuhan, Labuhan Ratu, Kec. Kedaton, Bandar Lampung, Indonesia, Postal Code 35132
JDN Index:

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

1.png)


