PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMA

Mukhni Mukhni, Mirna Mirna, Khairani Khairani

Abstract


Matematika merupakan mata pelajaran yang abstrak. Pembelajaran matematika membutuhkan media agar konsep matematika dapat teraplikasikan dalam kehidupan sehari-hari sehingga menjadi lebih konkret bagi peserta didik. Namun, beberapa guru matematika tidak menggunakan media dalam pembelajaran, terutama media yang berbasiskan teknologi informasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah guru matematika menggunakan perangkat teknologi informasi sebagai media pembelajaran di kelas. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Instrumen yang digunakan adalah angket dengan skala Likert. Sampel penelitian adalah 35 guru matematika SMA di kabupaten Padang Pariaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 82% guru matematika di Padang Pariaman belum memanfaatkan teknologi informasi sebagai media pembelajaran matematika di kelas.

Keywords


matematika, media pembelajaran, teknologi informasi

Full Text:

PDF

References


Khairani, Mukhni & Aini F., Q. (2018). Problem analysis of calculus learning in higher education Advances in Social Science, Education and Humanities Research (ASSEHR) vol 285 p 75-78.

Khairani. (2016). Perbandingan Kemampuan Penalaran Aljabar dan Math Anxiety Antara Siswa yang Belajar Melalui Model 7E Learning Cycle dan Siswa yang Belajar Melalui Model Concept Attainment. Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia, Tesis, Tidak Dipublikasikan.

Mirna. (2018). Error analysis of students in mathematics department to learn plane geometry. IOP Conf. Series: Journal of Physics: Conf. Series 335(2018) 012116

Khairani, Amry, Z. & Rosalina. (2018). Upaya meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X melalui pembelajaran kooperatif tipe numbered head together. Jurnal Eksakta Pendidikan, vol 2, number 1 pp. 85-92.

Neo, M. & Neo, T-K. (2009) Engaging students in multimedia mediated contructivist learning-students perception. Journal Educational Technology & Society, 12(2), pp. 254-266.

Karahan E, Canbazoglu-Bilici, S. & Unal, A. (2015). Integration of media design processes in science, technology, engineering and mathematics (STEM) education. Eurasian Journal of Educational Research 60 pp. 221-240.

Chun-Ming, H., Iwen, H. & Gwo-Jen, H. (2014) Effect of digital game-based learning on students’ self-efficacy, motivation, anxiety and achievement in learning mathematics. Journal of Computer and Education, vol. 1(2) pp. 151-166.

Neo, M. & Neo, T-K. (2009). Engaging students in multimedia mediated contructivist learning-students perception. Journal Educational Technology & Society, 12(2), pp. 254-266.

Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Pemanfaatan TIK.

Undang-Undang RI Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.




DOI: https://doi.org/10.36269/hjrme.v3i1.181

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Hipotenusa Journal of Research Mathematics Education (HJRME) indexed by:

 

 

Hipotenusa Journal of Research Mathematics Education (HJRME) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0)Copyright © Online Journal System Universitas Muhammadiyah Lampung.  p-ISSN 2621-0630 | e-ISSN 2723-486X