Solusi Efektif Pencegahan Hawa Nafsu Pada Kisah Nabi Yusuf dalam Al-Qur'an
Sari
Perkembangan zaman dari masa ke masa semakin bertambah pesat, pola kehidupan masyarakat juga semakin berkembang dengan pesatnya. Permasalahan-permasalahan yang timbul dari pola perkembangan kehidupan masyarakat semakin banyak dan salah satunya terkait permasalahan hawa nafsu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah penafsiran mufassir tentang hawa nafsu dan solusi efektif pencegahan hawa nafsu pada kisah nabi Yusuf dalam Al-Qur’an. Penulis memilih pembahasan ini karena permasalahan-permasalahan yang timbul dari pola perkembangan kehidupan masyarakat semakin banyak dan salah satunya terkait permasalahan hawa nafsu. Banyak masyarakat yang kurang memahami hawa nafsu, sehingga banyak yang terjerumus dalam hal-hal yang menyangkut hawa nafsu. Kurangnya pemahaman dan ilmu terhadap ayat-ayat Al-Qur’an dan Sunnah yang berkaitan hawa nafsu, menyebabkan manusia di kuasai oleh hawa nafsunya yang semakin liar dan sulit di kendalikan.Penelitian ini bersifat kualitatif yaitu, menguraikan pembahasan dan hasil penelitian atau penulisan berbentuk deskripsi pembelajaran antara tentang hawa nafsu dan solusi efektif pencegahan hawa nafsu pada kisah nabi Yusuf dalam Al-Qur’an sehingga menjadi gambaran yang utuh. Hasil dari penelitian ini ialah, Pertama penafsiran mufassir tentang hawa nafsu yang ada pada kisah nabi Yusuf AS. yaitu: senantiasa menyuruh kepada kejahatan, condong kepada syahwat dan mengajak kepada kesenangan hawa nafsu. Keduasolusi efektif dalam mengatasi hawa nafsu yang bisa kita teladani dari kisah nabi Yusuf AS. yaitu dengan memegang teguh ketaqwaan. Dengan ketaqwaan inilah nabi Yusuf AS. bisa menghadapi berbagai macam cobaan dan godaan hawa nafsu yang mengajak kepada kejahatan.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Abbas, Sirajuddin. 40 Masalah Agama. Jilid III. Cet. 16. Jakarta: Pustaka Tarbiyah, 1992.
Abdullah, Hawasy. Perkembangan Ilmu Tasawuf dan Tokoh-Tokohnya di Nusantara. Surabaya: Al-Ikhlas, 1980.
Adz-Dzakiy, Hamdani Bakran.Psikologi Kenabian; Prophetic Psychology: Menghidupkan Potensi dan Kepribadian Kenabian dalam Diri. Yogyakarta: Beranda Publishing, 2007.
Afrizal, Heri, dkk. Ibadah Hati. Jakarta Timur: Hamdalah, 2008.
Ahmadi, Abu. Psikologi Umum. Jakarta: Rineka Cipta. 1992.
Al Aziz, Moh Saifulloh. Cahaya Penerang Hati. Surabaya: Terbit Terang, 2004.
Al-Ghazali.DNA Mata Hati (Mukasyafatul Qulub). Terj. Zainal Mualif. Jakarta: Shahih, 2016.
Al-Jauziyyah, Ibnu Qayyim.Taman Orang-Orang Jatuh Cinta dan Yang Memendam Rindu. Jakarta: Darul Falah, 1424 H.
Al-Maraghi, Ahmad Mustohafa.Tafsir Al-Maraghi. VIII. Bairut: Darul Fikr, Tt.
Arif, Moh. Membangun Kepribadian Muslim melalui Taqwa dan Jihad, Jurnal Studi Agama, Vol. 7 No. 2 Desember 2013.
Aṭ-Ṭabari, Ibnu Jarir.Jami' Al-Bayān ‘an Ta'wīl Āyi Al-Qur'ān. Jilid 14. Beirut: Dārul Kitab, 1412 H/1992 M.
Bambang Irawan. Menemukan Jiwa Yang Hilang.Jakarta: PT Dian Rakyat, 2010.
Ensiklopedi Islam, Dewan Redaksi.Ensiklopedia Islam III. Jakarta: Ikhtiar Baru, 1993.
Faliyandra, Faisal.Konsep Kecerdasan Sosial Goelmen Dalam Perspektif Islam. Jurnal Inteligensia. Volume 7. Nomor 2. September 2019.
Farid, Ahmad. Tazkiyatun Nafs, terj. Al-Bahru Ar-Raqaaiq Fiz Zuhdi War Raqaaiq. Ummul Qura: Jakarta, 2012.
“Gosip (Ghibah), Slander (Buthan), and Talebearing (namimah)” www.islam.ms (dalam bahasa inggris).
Hamka.Tafsir Al-Azhar. Jilid 6. Singapura: Pustaka nasional PTE LTD, t.t.
Harnita, Leni. Makna Taqwa Perbandingan Tafsir Klasik dan Modern (Kajian Tafsir Ibnu Kaṣīr dan Al-Misbah).Fakultas Ushuludin Adab dan Dakwa IAIN Curup, 2018.
Hawwa, Said. Tarbiyah Ruhiyah: Menempuh Perjalanan Menuju Allah. Jakarta: Aula Pustaka, 2010.
https://www.google.com/amps/m.republika.co.id/amp/nfubal.
http://www.sabda.org/artikel/nafsu.29/Mei/2021.
Ibn Manzur al-Ansari. Jamaluddin, Lisan al-‘Arab. Beirut: Dar al-Sadr, 1414 H.
Isa Selamat, Muhammad. Penawar Jiwa. Darul Nu’man : Kuala Lumpur, 1998.
Kaṡir, Ibnu. Tafsir Al-Qur’an Al-‘adzim. Jilid 5. Beirut: Dārul Jīl, 1991.
Kaelany.Islam Iman dan Amal Saleh.T.tp.: t.pn. t.t.
Misbahuddin, Ling. Dimensi Keilmuan Dalam Al-Qur’an. Jurnal At-Taqaddum. Volume 6. Nomor 2, November 2014.
Ma’luf, Lovis. Kamus Munjib. Bairut, 1975.
Mazhahiri, Husain. Meruntuhkan Hawa Nafsu Membangun Rohani. Jakarta: Lentera Basritama, 2000.
Mahjuddin.Pendidikan Hati. Jakarta: Kalam Mulia, 2000.
Mujib, Abdul. Keperibadian Dalam Psikologi Islam.Jakarta : PT. Raja Grafindo, 2006.
Muhammad Ad-Dihami, Ali Ibn.Mengendalikan Hawa Nafsu Upaya Meraih Ridha Allah. Qisthi Press: Jakarta, 2005.
M. Su’ud, Abdullah Affandi. Antara Taqwa dan Takut (kajian Semantik Leksikal dan Historis terhadap Al-Qur’an.Jurnal al-Hikmah. No.2 Vol 4, Bangkalan STIUDA, 2006.
Munawwir, Ahmad Warson. Kamus Al-Munawwir Arab-Indonesia Terlengkap. Surabaya: Pustaka Progressif, 1997.
Nashari, Fuad. Agenda Psikologi Islami. Jogjakarta: Pustaka Pelajar, 2002.
Pendikbud, Departemen. 1989. T.tp.: t.pn. t.t.
Quṭb, Sayyid. Tafsir Fi Zhilalil Qur’an Al-Qur’an.Jilid 6. Bairut: Dar Assyauq, 2000.
Raharjo, Satjipto. Ilmu Hukum. Bandung: PT Citra Aditya Bakti, 2000.
Selamat, Kasmuri, Sanusi Ihsani. Akhlak Tasawuf: Upaya Meraih Kehalusan Budi dan Kedekatan Ilahi. Jakarta: Kalam Mulia, 2012.
Usman, Syafrein Effendi. Nafsu dan Perkahwinan. Kuala Lumpur: Kintan Sdn Bhd, 1992.
Waly, Muhibbudin.Zikir Nafsu dan Tharikat Maut.Jilid 3. Banda Aceh: Toko Buku Taufiqiyah Sa’adah, 1996.
Lastari, D. (2022). MOTIVASI EKSTRINSIK PESERTA DIDIK DALAM MELAKSANAKAN IBADAH SHALAT DI SMK AL-FAJAR KASUI. Ta'lim, 4(2).
Indra, I. (2022). MEDIA WHATSAPP DALAM PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAQ ERA PANDEMI COVID–19. Ta'lim, 4(1), 81-88.
Ihsan, A., & Nugroho, A. S. (2020). IMPLEMENTASI KARAKTER RELIGIUS, DISIPLIN DAN JUJUR PADA TINGKAT SMA MUHAMMADIYAH DI BANDAR LAMPUNG. Ta'lim, 2(1), 19-31.
Pratiwi, A. (2022). Metode Penanaman Aqidah kepada Anak Usia Sekolah Dasar. Ta'lim, 4(1), 68-80.
Putra, A. E. (2022). PENDIDIKAN ISLAM ORDE REFORMASI (PENDEKATAN POLITIK DAN KEBIJAKAN PENDIDIKAN). Ta'lim, 4(1), 23-33.
Adnan, A. Z. JIHAD ISIS DALAM PERSPEKTIF TAFSIR AL-AZHAR.
Ismunandar, A., & Tengah, S. D. S. L. (2022). Integrasi interkoneksi pofesionalisme pendidik dan implementasi pendidikan karakter. Ta’lim: Jurnal Agama Islam, 3(2), 34-49.
Setiawati, A., & Nugroho, A. S. (2022). STRATEGI USTADZAH ASRAMA DALAM MEMBINA AKHLAK SANTRI BARU DI ASRAMA RA KARTINI PONDOK PESANTREN DINIYYAH PUTRI LAMPUNG. Ta'lim, 4(1), 50-67.
Khoironi, K. (2021). Tradisi Nukhun Ajang Dalam Acara Pernikahan Masyarakat Putihdoh di Lihat Dari Perspektif Qs Al-Maidah Ayat 2. Ta'lim, 3(2), 1-10.
Rohani, R., Kurnuawati, E., & Nurbaiti, S. (2021). MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) PADA SISTEM PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN (DARING) DI MASA PANDEMI COVID-19. Ta'lim, 3(2), 11-20.
Pertiwi, K. E. (2021). Efektifitas Pendekatan Differentiated Instruction dalam Proses Pembelajaran. Ta’lim, 3(2), 21-34.
Faj, A. (2021). KONSEP EVALUASI PENDIDIKAN ISLAM DALAM ALQUR’AN. Ta'lim, 3(2), 35-46.
Nawawi, M. L. (2021). Strategi Kepala Madrasah Dalam Membangun Budaya Kompetitif Di Madrasah Aliyah Negeri (Man) Batu. Ta'lim, 3(2), 47-57.
Mardiana, M., & Putra, A. E. (2021). MODEL EVALUASI ISIPP (IMPLEMENTASI ISI, PROSES, DAN PENILAIAN) UNTUK MADRASAH ALIYAH. Ta'lim, 3(2), 58-82.
Hayati, R. M. (2021). ANALISIS KEBUTUHAN MAHASISWA BIMBINGAN KONSELING PENDIDIKAN ISLAM (BKPI) TERHADAP MATERI PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI IAIMNU METRO LAMPUNG. Ta'lim, 3(01), 1-15.
Faj, A. (2021). Penerapan metode pembelajaran suri tauladan di Era Pandemi. Ta'lim, 3(01), 39-57.
Latifah, N., & Sholihin, M. (2021). Tahsin Al-Qur’an dengan Metode Bani Lathif di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA). Ta'lim, 3(01), 58-67.
Malviana, M. (2021). Pendidikan Karakter Islam Di Yayasan Panti Asuhan Kota Bandar Lampung. Ta'lim, 3(01), 68-77.
Putri, I. C., & Machsun, M. (2020). FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB PESERTA DIDIK TIDAK MENGGUNAKAN BUSANA SYAR’I DI KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 1 BANDAR LAMPUNG. Ta'lim, 2(2), 13-27.
RAMADHANI, S. A. (2020). IMPLEMENTASI TEKNIS PENILAIAN SIKAP PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK. Ta'lim, 2(2), 28-35.
Ramdhani, K., Hermawan, I., & Muzaki, I. A. (2020). Pendidikan Keluarga Sebagai Fondasi Pertama Pendidikan Karakter Anak Perspektif Islam. Ta'lim, 2(2), 36-49.
Habibi, M. I., Aziz, M. I., Al-Aziz, M. S., & Handrian, D. W. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Ta'lim, 2(2), 50-58.
Chandra, P., & Lana, O. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Minat Masyarakat Melaksanakan Shalat Berjamaah (Studi Kasus Pada Jamaah Masjid Al-Mannar, Bengkulu Selatan). JIAI Jurnal Ilmu Agama Islam, 2, 59-74.
DOI: https://doi.org/10.36269/tlm.v4i2.881
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Editor and Administration Address:
Jurnal Ta'lim is published by Universitas Muhammadiyah Lampung
Jl. ZA. Pagar Alam, Labuhan, Labuhan Ratu, Kec. Kedaton, Bandar Lampung, Indonesia, Postal Code 35132
JDN Index:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.