MEDIA WHATSAPP DALAM PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAQ ERA PANDEMI COVID – 19

Indra Indra, mashdaria huwaina

Sari


Peralihan pembelajaran yang dilaksanakan menjadi alternatif dan solusi dalam pelaksanaan pembelajaran pada masa era pandemic covid- 19. Penggunaan media WhatsApp digunakan di MI Tahfidz Babul Hikmah khususnya pada mata pelajaran Aqidah Akhlaq. Penggunaan media WhatsApp dalam pembelajaran juga menemukan kendala berbagai hambatan dalam pelaksanaannya,         

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pemantapanpembelajaran daring via WhatsApp Masa Pandemi Covid-19selain itu untuk mengetahui persepsi siswadan guruterhadap pemantapanpembelajaran daring via WhatsApp Masa PandemiCovid-19sertauntuk mengetahui keuntungan dan hambatan pembelajaran daring via WhatsAppMasa Pandemi Covid-19.

Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisisdata dalam penelitian ini menggunakan tahap analisis data meliputi: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

            Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa proses penerapan pembelajaran daring via WhatsApp Masa Pandemic Covid-19sudah berjalan dengan baik, dengan melakukan perencanaan yang matang siswa dapat melaksanakan pembelajaran dengan lancar sehingga guru dapat melakukan evaluasi.

Kunci: Pembelajaran, WhatsApp, Covid-19

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdullah alfaqih. 2012. Alfatawa al islamiyah jil ke 27. Mesir : Daarul Ifta’

Abdul madjid. 2018. Analisis Kebijakan Pendidikan. Yogyakarta : Samudera Biru.

AldellaRahmaningtyasdkk. 2015. The Power Of Media. Surabaya : Garuda Mas Sejahtera.

Djam’an Satori. 2009. MetodologiPenelitian. Bandung : Alfabeta.

FeriSulianta. 2015. Keajaiban Media Sosial. Jakarta : Kompas Gramedia

Lexy J. Moleong. 2006. MetodologiPenelitianKualitatif. Bandung : RemajaRosdakarya.

Muzayyin arifin. 2014. Filsafat pendidikan islam. Jakarta : BumiAksara.

Nikken dkk. 2015. The Power of Media. Malang : CV Garuda Mas Sejahtera.

RobertusAngkowo dan A. Kosasih. 2007. Optimalisasi Media Pembelajaran.Jakarta : Grasindo

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kualitatif R dan D. Bandung : Alfabeta.

YusrinaRiskaFitriana. 2016. Social Media Deviation. Media mahasiswaJakarta : Publishing.

A.Sukrillah dkk. 2017. Pemanfaatan Media SosialMelaluiWhatsapp Group Fei Sebagai Sarana Komunikasi”. JurnalKounikasi Volume 3 Nomor 2.

Abd. Rahim Mansyur. 2020. Dampak COVID-19 Terhadap Dinamika Pembelajaran Di Indonesia. Education and Learning JournalVol. 1, No. 2.

AndikaPrajana. 2017. Pemanfaatan Aplikasi Whatsapp Dalam Media Pembelajaran Di UinAr-Raniry Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Volume 1, Nomor 2.

A.Sukrillah dkk. 2017. Pemanfaatan Media Sosial Melalui Whatsapp Group Fei Sebagai Sarana Komunikasi”. Jurnal Kounikasi Volume 3 Nomor 2.

Carona Elianur. 2017. Pemanfaatan Aplikasi Whatsapp Sebagai Sarana Diskusi Antara Pengawas Dan Guru Pendidikan Agama Islam. Jurnal As-Salam, Volume1 Nomor 2.

https://www.sehatq.com/artikel/bahaya-virus-corona-yang-membuat-kita-harus-waspada diakses pada tanggal 5 Desember 2020

Jumiatmoko. 2016. Whatsapp Messenger Dalam Tinjauan Manfaat Dan Adab. Wahana Akademika Volume 3 Nomor 1.

I Made Pustikayasa. 2019.Grup WhatsApp Sebagai Media Pembelajaran. JurnalIlmiah Pendidikan, Agama dan Kebudayaan Hindu P-ISSN : 2302-9102 Volume 10 Nomor 2

Inneu Mutiara Mudrikah. 2020. Perubahan Diskusi Generasi X Dalam Whatsapp Group. Intelektiva : Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora.

Jesica Moudy1dan Rizma Adlia Syakurah. 2020. Pengetahuan terkait Usaha Pencegahan Coronavirus Disease (COVID-19) di Indonesia. JurnalHigeia Journal Of Public Health Research And Development Volume 4, No.3.

Luh Devi Herliandrydkk. 2020. Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi PendidikanVol. 22, No. 1, Universitas Negeri Jakarta.

Muhammad Wildan Sahidillah dan Prarasto Miftahurrisqi. 2019. Whatsapp Sebagai Media Literasi Digital Siswa. Jurnal Varia Pendidikan Vol. 31, No. 1, Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia Pascasarjana Universitas Sebelas Maret.

NunuMahnun. 2012. Media Pembelajaran”(Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran). Jurnal Pemikiran Islam; Vol. 37, No. 1.

Reny Nabilla dan Tina Kartika. 2020.Whatsapp Grup Sebagai Media Komunikasi Kuliah Online. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol. 4. No. 2.

RizqiIlyasaAghni. 2018. F”ungsi Dan Jenis Media Pembelajaran Dalam Pembelajaran Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia”, Vol. XVI, No. 1.

Rizqon Halal Syah Aji. 2020. DampakCovid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. Jurnal Sosial & Budaya Syar-I Vol 7 No. 5. Jakarta : FSH UIN Syarif Hidayatullah.

Wahyu Aji Fatma Dewi. 2020. Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan Research & Learning in EducationVol 2 No 1.

Zakirman dan Chichi Rahayu. 2018.”Popularitas WhatsApp sebagai media komunikasi dan berbagi informasi akademik mahasiswa”. Jurnal Arsip dan Dokumentasi Vol. 10. Nomor 1.




DOI: https://doi.org/10.36269/tlm.v4i1.767

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Editor and Administration Address:

Jurnal Ta'lim is published by Universitas Muhammadiyah Lampung

Jl. ZA. Pagar Alam, Labuhan, Labuhan Ratu, Kec. Kedaton, Bandar Lampung, Indonesia, Postal Code 35132

 

 JDN Index:

  

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics

View My Stats