MODEL EVALUASI ISIPP (IMPLEMENTASI ISI, PROSES, DAN PENILAIAN) UNTUK MADRASAH ALIYAH

Mardiana Mardiana, Arizal Eka Putra, ahmad luviadi

Sari


Kurikulum sebagai salah satu alat untuk mencapai tujuan pendidikan, dan hasil pembelajaran yang dicapai dapat menjadi tolak ukur keberhasilan pendidikan. Kurikulum dapat diartikan sebagai dokumen yang memuat seluruh bahan dan kegiatan yang harus dilalui oleh peserta didik dalam pembelajaran atau merupakan pedoman bagi pelaksanaan pembelajaran. Komponen-komponen kurikulum meliputi tujuan, isi, metode dan evaluasi. Seluruh komponen ini hendaklah sesuai dengan nilai-nilai sosial, budaya bangsa, dan kebutuhan  masyarakat, serta diimbangi dengan kemajuan teknologi.

Oleh karena itu, penyempurnaan kurikulum diperlukan untuk memperbaiki pendidikan dimasa depan dengan harapan mutu pendidikan, tidak hanya kognitif tapi lebih ditekankan kepada sikap, perilaku dan keterampilan yang harus dimiliki oleh peserta didik yang berguna bagi dirinya, masyarakat dan lingkungannya.Kurikulum telah mengalami beberapa kali perubahan, pada tahun 1947, 1952, 1962, 1968, 1975, 1984, 1994, 1999, 2004,2006, dan 2013.

Madrasah Aliyah sebagai subsistem pendidikan nasional yang dikelola oleh Kemenag harus mampu melaksanakan Standar Isi (SI) yang terdiri atas empat komponen, termasuk didalamnya penyusunan kurikulum yang berpedoman KTSP. Hasil prasurvei di Lampung,   sekilas tidak terjadi permasalahan dalam pelaksanaan pendidikan di MA,   namun dalam praktiknya banyak dijumpai permasalahan-permasalahan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah model evaluasi yang dapat digunakan oleh Kemenag Provinsi untuk mengevaluasi implementasi dari 3 standar pendidikan (Standar Isi, Proses, Dan Penilaian) di Madrasah Aliyah

 Metode penelitian yang digunakan Perpaduan Model Evaluasi CIPP dan DEM (Provus) Pengembangan produk Evaluasi dengan Langkah Borg&Gall  Validasi (Rater)

Kesimpulan dari metode Model Evaluasi ISIPP terdiri dari tiga instrumen yang digunakan untuk mengevaluasi implementasi kurikulum terkait dengan tiga standar pendidikan di Madrasah Aliyah. Standar pendidikan yang akan di evaluasi dengan menggunakan model ISIPP adalah Standar Isi, Proses, dan Penilaian. Model evaluasi ini merupakan modifikasi dari dua medel evaluasi yang sudah ada yaitu model evaluasi CIPP dan model evaluasi DEM Provus.

Keyword : Model Evaluasi ISIPP Untuk Madrasah Aliyah


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Allen, M.J & Yan, W.M. (1979).Introduction to measurement theory. California: Brooks/Cole Publishing Company.

Bennnet, J. (2006). Evaluation methods in research. New York: Comtinuum

Borg, W. R. & Gall, M. D. (1983). Educational research: an introduction. New York: Longman.

Bergmann &Mulkeen.(2011). Standards for quality in education. Germany: GIZ.

Creswell, J. W. (2010). Research design pendekatan kualitatif, kuantitatif dan mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Deming,W.E. (2012). W. Edwards Deming, Wikipedia & encyclopedia. en.wikipedia.org/wiki/w._edwards_deming. Diakses 10 desember 2012.

Djemari Mardapi. (2008). Teknik penyusunan instrumen tes dan nontes. Yogyakarta: Mitra Cendekia.

Fernandes, H. J. X. (1984). Evaluation of education programs. Jakarta: National Education Planning, Evaluation and Curriculum Development.

Fitzpatrick, Sanders&Worthen. (2011). Program Evaluation, Alternative Approach and Practical Guidelines. Boston: Pearson.

Heri Retnawati. (2016). Validitas Reliabilitas dan Karakteristik Butir. Parama Publishing: Yogyakarta.

Kosecoff, J. & Fink, A .( 1985). Evaluation basics, a1 practitioner’s manual. California: Sage Publication, Inc1

Kirkpatrick, D.L. (1998). Evaluating training programs: The Four Levels. San Francisco: Berrett-Koehle1r Publisher, Inc.

______(2009). Kirkpatrick’s training evaluation model. San Francisco: Berrett-Koehler Publisher, Inc.

Provus, M. M. (1969). The discrepancy evaluation model an approach to local program improvement1& development. Pennsylvania: Pittsburgh public school.

Ofsted . (2003). Office for standards in education. Inspecting school: Handbook for inspecting secondary school. London.

Partner, C.(2009). Implementing the Kirkpatrick evaluation model plus.

Peter R, Jill B, Jon C, et. al. (2005). Standards-based assessment in the senior secondary school: a review of the literature. New Zealand journal of teachers work, volume 2, issue 2, 107-115.

Quzwini, M. (2009). Madrasah pada orde baru: telaah teoritis kebijakan pemerintah terhadap madrasah. Jurnal Darussalam. Vol. 8/1 Juni 2009, hlm. 11 – 22.

Rossi, P. H. ,Lipsey, M. W. , & Freeman, H. E. (2004). Evaluation: a systematic approach. New Delhi: Saga Publications.

Sallis,E. (1993). Total Quality management in education. London: Philadelphia.

Seel, M. N & Dijkstra S. ( Ed.). (2004). Curriculum, plans, and processes in intructional design, international perspectives. London: LEA Publishers.

Stufflebeam, D. L, Madaus, G. F. , & Kellaghan, T. (2002). Evaluation models: viewpoints of educational and human services evaluation. New York: Kluwar Academic Publishers.

Stufflebeam&Shinkfield.(1985). Systematic evaluations. Boston: Kluwar Academic Publishers.

Tim Kurikulum MAN 1. (2020), Renstra dan Struktur Kurikulum, MAN 1 Lampung Timur.

Weiss, C. H. (1972). Evaluation research: methods for assessing program effectiveness. New Jersey: Prentice Hall Inc. ”




DOI: https://doi.org/10.36269/tlm.v3i2.489

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Editor and Administration Address:

Jurnal Ta'lim is published by Universitas Muhammadiyah Lampung

Jl. ZA. Pagar Alam, Labuhan, Labuhan Ratu, Kec. Kedaton, Bandar Lampung, Indonesia, Postal Code 35132

 

 JDN Index:

  

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics

View My Stats