PENDIDIKAN KARAKTER ISLAM DI YAYASAN PANTI ASUHAN KOTA BANDAR LAMPUNG

Malviana Malviana, ahmad luviadi

Sari


Penerapan karakter Islam pada anak sangat berpengaruh pada adab serta tingkah lakunya pada kehidupan sehari – hari sampai kelak ia dewasa. Khususnya pada anak panti asuhan, dimana anak – anak panti yang baru  memiliki latar belakang keluarga yang berbeda, cara pengasuhan yang berbeda serta pendidikan agama yang berbeda membuat karakter anak – anak tersebut  tidak dapat dibilang baik, dan pengetahuan akan ilmu agama yang kurang sangat berpengaruh pada karakter Islam masing-masing anak.

            Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Implementasi pendidikan karakter Islam panti asuhan, (2) nilai karakter Islam yang diterapkan untuk anak panti asuhan. Penelitian ini pertama, dimaksudkan untuk mengetahui penerapan nilai-nilai karkater Islam apa saja yang dilakukan oleh panti asuhan Darul Aitam Yayasan Ir. Abdul Malik Muhammad Aliun Bandar Lampung. kedua, bentuk penerapan yang pengurus dan pengasuh lakukan dalam menerapkan nilai – nilai karakter Islam.   

            Penelitian ini menggunakan jenis penelitian data secara kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu : 2 pengurus dan pengasuh, dan 31 anak panti asuhan Darul Aitam Yayasan Ir. H. Abdul Malik Muhammad Aliun Bandar Lampung. Objek penelitian ini meliputi: penerapan dan pelaksanaan pengurus dan pengasuhan yang dilakukan pengasuh dalam menanamkan nilai karakter Islam pada anak asuh di panti asuhan Darul Aitam Yayasan Ir. H. Abdul Malik Muhammad Aliun Bandar Lampung. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode yang digunakan dalam analisis data adalah reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan.            Hasil penelitian ini menunjukan:(1) Penerapan penanaman nilai karakter Islam di panti asuhan Darul Aitam Yayasan Ir. Abdul Malik Muhammad Aliun Bandar Lampung yaitu pendidikan karakter Islam melalui pendekatan verbal dan nonverbal yang dilaksanakan melalui sikap dan keseharian seperti memeluk, merangkul, mengucap- kan salam dan memberi teladan.(2) Nilai karakter Islam yang diterapkan terhadap anak asuh yaitu empati, rasa hormat dan toleransi. Nilai karakter Islam tersebut diterapkan terhadap anak asuh melalui perhatian, pendekatan dan pengawasan.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anas Salahudin dan Irwanto Alkrienciehie. 2013. Pendidikan Karakter, Pendidikan berbasis Agama dan Budaya. Bandung : Pustaka Setia.

Amirullah Syarbini. 2014. Model Pendidikan Karakter Dalam Keluarga. Jakarta : Elex Media Komputindo.

Departemen Agama RI. 2013. Al quran dan Terjemahan Al fatih. Jakarta :Al Fatih & Insan Media Pustaka.

Djam’an Satori. 2009. Metodologi Penelitian. Bandung : Alfabeta.

Emzir. 2010. Metodologi Penelitian Penidikan Kuantitatif & Kualitatif. Jakarta : PT.Raja Grafindo Persada.

Hamdani Hamid dan Beni Ahmad Saebani. 2013. Bandung : Pustaka Setia.

Hamka Abdul Aziz. 2012. Pedidikan Karakter Berpusat Pada Hati. Jakarta : Al- Mawardi Prima.

Margono. 2010. Metodologi Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta.

Marzuki. 2019. Pendidikan Karakter Islam. Jakarta : Amzah.

Purwa Atmaja Prawira. 2013. Psikologi Kepribadian Dengan Perspektif Baru. AR-RUZZ MEDIA : Yogyakarta.

Rachmat Okta Ariyanto. 2018. Membangun Kepribadian Positif. Sidoarjo : Media.

Ramayulis. 2002. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta : Kalam Mulia.

Ridwan Abdullah Sani dan Muhammad Kadri. 2016. Pendidikan Karakter, Mengembangkan Karakter Anak Yang Islami. Jakarta : Bumi Aksara.

Sri Narwanti. 2014. Pendidikan Karakter, Yogyakarta : Famili.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta.

Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa. 2008. Kamus Bahasa Indonesia : Jakarta.

Tim Penyusun FAI Um Lampung. 2019. Pedoman Penulisan Skripsi Fakultas Agama Islam Lampung Universitas Muhammadiyah Lampung. Lampung : Ta’ Lim Press.

Undang – undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sisdiknas

Abdurrahman Misno Bambang Prawiro. 2015. Pendidikan Berkarakter Islami Bagi Anak Yatim. Volume 2, Nomor 1. STAI Al-Hidayah Bogor, Al – Murrabi.

Fuad Nashori. 2011. Kekuatan Karakter Santri. Jurnal Millah Vol. XI, No. 1

Gusti Yuli Asih Margaretha dan Maria Shinta Pratiwi. 2010. Perilaku Prososial Ditinjau Dari Empati dan Kematangan Emosi. Jurnal Psikologi Universitas Muria Kudus Volume I, No 1.

Igo Masaid Pamungkas dan Muslikah. 2019. “Hubungan Antara Kecerdasan Emosi Dan Empati Dengan Altruisme Pada Siswa Kelas XI MIPA SMA N. 3 Demak”. Jurnal Bimbingan Konseling Vol.5, No. 2.

Nur Ghufron. 2016. Peran Kecerdasan Emosi Dalam Meningkatkan Toleransi Beragama. Jurnal Ilmu Aqidah dan Studi Keagamaan,Volume 4 Nomor 1

Rosintan Silaen dkk. 2018. Sikap Hormat Dan Disiplin pada Anak Usia Dini. Jurnal PendidikanAnak Usia Dini, Vol 2 No 1

Syaiful Muhyi. 2017. Kontrol Diri Dan Bimbingan Islam. Jurnal Studi Islam,Volume 9, Nomor 2.

Yuli Kurniawati Sugiyo Pranoto. 2016. Kecerdasan Moral Anak Usia Pra sekolah. Jurnal Penelitian dan Pengukuran Psikologi, Vol.5 No.1

Yuli Kurniawati Sugiyo Pranoto dan Khamidun. 2019. Kecerdasan Moral: Studi Perbandingan pada Anak Usia 4-6 Tahun. Jurnal Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (Prosnampas), Volume 2 No.1




DOI: https://doi.org/10.36269/tlm.v3i01.379

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Editor and Administration Address:

Jurnal Ta'lim is published by Universitas Muhammadiyah Lampung

Jl. ZA. Pagar Alam, Labuhan, Labuhan Ratu, Kec. Kedaton, Bandar Lampung, Indonesia, Postal Code 35132

 

 JDN Index:

  

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics

View My Stats