PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN SURI TAULADAN DI ERA PANDEMI
Sari
Penerapan metode pembelajaran suri tauladan di era pandemi menjadi hal penting melihat kondisi dan situasi yang terjadi saat ini, penyebaran kasus COVID-19 menjadi virus yang mengkhawatirkan, terdapat kurang lebih 200 negara dari berbagai belahan dunia yang telah terjangkit virus ini.
Walaupun demikian, situasi pendidikan seperti ini menjadi dilema tersendiri bagi pendidik dan para peserta didik. Di satu sisi mereka dipaksa harus melaksanakan pembelajaran jarak jauh agar memutus mata rantai penyebaran Covid-19, namun di sisi lain timbul kebosanan karena berbagai kendala yang dihadapi, serta keinginan untuk berinteraksi secara langsung yang menjadi pemaksa untuk melaksanakan pembelajran tatap muka secara langsung. Apalagi pembelajaran tatap muka meskipun dengan protokol kesehatan ketat tetap meningkatkan risiko terpapar Covid-19.
Maka dari itu, penulis meneliti untuk menganalisis Tentang Penerapan Metode Pembelajaran Suri Tauladan Di Era Pandemi, Metode yang gunakan untuk analisis dan kajian teori dari metode ini dengan kajian literatur dikaitkan dengan kondisi pendemi saat ini. Adapun teknik pengumpulan data yaitu dengan melakukan penggalian informasi dari beberapa sumber dokumen seperti buku-buku, artikel, jurnal, majalah, serta dokumen lainnya yang sesuai dengan permasalahan yang dikaji.Teks Lengkap:
PDFReferensi
Ahmad, Bari Muhammad Idis, 2009, Menjadi Guru Unggul, Jogjakata.
Arief, Drs. Armai, 2001, Pengantar Ilmu dan Metodelogi Pendidikan Islam, Jakarta Ciputat Pres.
Awisol, 2004, Psikologi Kepribadian, Malang: UMM Press.
Djamarah, Syaiful Bahri, 2010, Guru Dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif: Suatu Pendekatan Teoritis Psikologi, Jakarta: Rineka Cipta.
Hasbullah, 2012, Dasar-dasar Ilmu Pendidikan, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Huddin, Akhiya, 2017, Keteladanan Guru Dalam Proses Pendidikan, Artikel Ilmiah.
Komalasari, Gantika, 2011, Teori dan Teknik Konseling, Jakarta: PT. Indeks.
Latif, Zukhairina Mukhtar, 2014, Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta.
Mohamad, Surya, 2010, Menjadi guru yang baik, Ghalia Indoensia Oktober.
Mujib, Abdul dan Jusuf Mudzakir, Nuansah-nuansah Psikologi Islam, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Rahman, Muhammat dan Sofan Amri, 2014, Kode Etik Profesi Guru, Jakarta: Pustakakarya.
Ramayulis, 2015, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia.
Salim, Muhammad Nur, 2005, Strategi Konseling, Surabaya: Unesa University Press.
Surya, Psikologi guru, Konsep dan aplikasi.
Syafaat, Aat dan Sohari Sahrani, 2008, Peranan Pendidikan Agama Islam Dalam Mencegah Kenakalan Remaja, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Tim Penyusun, 2008, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional.
Wiyani, Novan Ardy, 2015, Etika Profesi Keguruan, Yogyakarta, Gava Media.
Wibowo, Agus M.Pd dan Drs. Hamrin M. M.Pd, 2012, Menjadi Guru Berkarakter, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Yaumi, Muhammad, 2014, Pendidikan Karakter Landasan, Pilar & Implementasi, Jakarta:Prenamedia Group.
DOI: https://doi.org/10.36269/tlm.v3i01.377
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Editor and Administration Address:
Jurnal Ta'lim is published by Universitas Muhammadiyah Lampung
Jl. ZA. Pagar Alam, Labuhan, Labuhan Ratu, Kec. Kedaton, Bandar Lampung, Indonesia, Postal Code 35132
JDN Index:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.