PENGEMBANGAN KARAKTER JUJUR MELALUI PROGRAM BERSERI DAN BUSAKE DI SEKOLAH DASAR: Studi Kasus di SD Muhammadiyah Al Bayyin Pedan

Latifah Insani Muslimah Murni, Mahasri Shobahiya

Sari


Pendidikan karakter, khususnya kejujuran, merupakan aspek fundamental dalam pembentukan kepribadian peserta didik dan mewujudkan lingkungan belajar yang sehat dan berintegritas. Penelitian ini bertujuan untuk memahami pengembangan karakter jujur pada siswa kelas III di SD Muhammadiyah Al Bayyin Pedan melalui pendekatan studi kasus kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumen selama bulan April 2025. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan program seperti BERSERI (berinfak sehari seribu) dan BUSAKE (buku saku kejujuran) mampu meningkatkan tingkat keterlibatan dan pemahaman siswa terhadap nilai kejujuran. Selain itu, lingkungan belajar yang aman dan mendukung, serta teladan dari guru dan orang tua, berperan penting dalam menanamkan karakter jujur yang berkelanjutan. Penelitian ini menegaskan bahwa pengembangan karakter jujur harus melibatkan kolaborasi antara pendidikan formal dan informal serta pengintegrasian teori psikologi dan pendidikan karakter agar tercipta persepsi dan penerapan kejujuran yang kontekstual dan menyeluruh.
Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Kejujuran, Peran Guru, Lingkungan Belajar Sehat

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ali, M. M. Hariyati, Tri. Pratiwi, Meli Y. Afifah, Siti. Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Penerapannya dalam Penelitian. Education Journal Vol. 2 No. 2, 2022.

Hayati, Nelmi. Pratami, Fuji. Konsep Pendidikan Karakter Perspektif Psikologi Pendidikan Islam Dalam Kajian Hadis. AL-MUTABAR: Jurnal Ilmu Hadis Vol. 3 No. 1, Januari 2023.

Lase, Fahamato. Halawa, Noibe. Mendidik Peserta Didik Dengan Nilai-Nilai Karakter Cerdas Jujur. EDUCATIVO: Jurnal Pendidikan Vol. 1 No. 1, Mei 2022.

Madani, Hanipatudiniah. Pembinaan Nilai-nilai Kejujuran Menurut Rasulullah Saw. Jurnal Riset Agama Vol. 1 No.1, April 2021.

Mustakim, Iqbal. Hakim, Lukman Nul. Munir. Pendidikan Karakter Jujur Perspektif Sirah Nabawiyah. PANDU: Jurnal Pendidikan Anak dan Pendidikan Umum Vol. 1 No. 1, Februari 2023.

Nurahma, Gilang A. Hendriani, Wiwin. Tinjauan Sistematis Studi Kasus dalam Peneliatian Kualitataif. Jurnal MEDIAPSI Vol. 7 No. 2, 2021.

Ramadani, Suci. Sofa, Ainur Rofiq. Kejujuran dalam Perspektif Pendidikan Islam: Nilai Fundamental, Strategi Implementasi, dan Dampaknya terhadap Pembentukan Karakter Santri di Pesantren. Jurnal Manajemen dan Pendidikan Agama Islam Vol. 3 No. 1, Januari 2025.

Rochmawati, Nikmah. Peran Guru Dan Orang Tua Membentuk Karakter Jujur Pada Anak. Al-Fikri: Jurnal Studi dan Penelitian Pendidikan Islam Vol. 1 No. 2, Agustus 2018.

Rokhim, An Najmun N. Abidah, Wulan Nur. Az Zahra, Hayya Fathimah. Zainiyah, Yiyin Syifa. Kiptiyah, Siti Maryatul. Analisis Penerapan Karakter Jujur Perspektif Thomas Lickona Melalui Program PIN Kejujuran Siswa SDN Purwoyoso 03. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Vol. 2 No. 5, Juni 2024.

Surya, Prastio. Rofiq, Muhammad H. Ardianto. Internalisasi Nilai Karakter Jujur Dalam Proses Pembelajaran Di Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Unggulan Hikmatul Amanah Pacet Mojokerto. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol. 2 No. I, 2021.

Zamzami, Alza N. Putri, Dely T. Relevansi Teori Belajar Humanistik Carl Rogers Dalam Pendidikan Karakter Perspektif Islam. THAWALIB: Jurnal Kependidikan Islam Vol. 5 No. 2, 2024.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Editor and Administration Address:

Jurnal Ta'lim is published by Universitas Muhammadiyah Lampung

Jl. ZA. Pagar Alam, Labuhan, Labuhan Ratu, Kec. Kedaton, Bandar Lampung, Indonesia, Postal Code 35132

 

 JDN Index:

  

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics

View My Stats