Peran Guru Agama Islam dalam Membentuk Karakter Siswa SMA Muhammadiyah Pringsewu di Era Digital: Studi Pengaruh Negatif Media Sosial

Haryono Haryono, Gusti Adi Pranoto, Nihayati Nihayati

Sari


Perkembangan media sosial di era digital membawa dampak yang signifikan terhadap pembentukan karakter siswa, terutama di lingkungan pendidikan berbasis Islam. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak negatif media sosial terhadap karakter siswa SMA Muhammadiyah Pringsewu serta mengidentifikasi peran guru agama Islam dalam menangkal pengaruh tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan studi kasus, melibatkan observasi, wawancara mendalam, dan diskusi kelompok terfokus (FGD). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dampak negatif media sosial terhadap karakter siswa dapat dikategorikan dalam tiga aspek utama, yaitu perubahan perilaku sosial, penurunan nilai moral, dan menurunnya motivasi akademik. Guru agama Islam memiliki peran penting dalam membentuk karakter siswa melalui edukasi literasi digital berbasis nilai-nilai Islam, metode pembelajaran interaktif, serta kolaborasi dengan orang tua dan lingkungan sekolah. Penelitian ini memberikan wawasan mengenai strategi efektif dalam pembentukan karakter siswa di era digital serta menyarankan perlunya penguatan kebijakan sekolah terkait penggunaan media sosial.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arskieva, Z. (2023). Communication in Social Networks as a Negative Factor Affecting the Performance of Schoolchildren. SHS Web of Conferences. https://doi.org/10.1051/shsconf/202317205007.

Hidayat, N., Abroto, A., & Dzunur'aini, R. (2024). Impact of Social Media on Adolescent Mental Health and Ethical Development: A Qualitative Study on Early Character Formation in Sarolangun Regency. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan. https://doi.org/10.35445/alishlah.v16i3.5620.

Paasonen, S. (2016). Fickle focus: Distraction, affect and the production of value in social media. First Monday, 21. https://doi.org/10.5210/fm.v21i10.6949.

Santoso, B. (2022). "Pengaruh Media Sosial terhadap Perubahan Perilaku Remaja." Jurnal Pendidikan dan Sosial, 14(2), 89-104.

Syaifullah, A. (2021). "Peran Guru dalam Pendidikan Islam: Perspektif Moral dan Spiritual." Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 33-47.

Usman, M., Madania, I., Ratna, R., & Kholis, M. (2024). Fostering Islamic Personality Students through The Role of Islamic Religious Education Teachers. At-tadzkir: Islamic Education Journal. https://doi.org/10.59373/attadzkir.v3i1.34.

We Are Social. (2023). "Digital Report Indonesia 2023." Diakses dari https://wearesocial.com

Yusuf, M., & Hasan, R. (2023). "Strategi Guru Agama Islam dalam Menghadapi Tantangan Digitalisasi Pendidikan." Jurnal Studi Islam, 12(3), 201-217.




DOI: https://doi.org/10.36269/tlm.v7i2.3380

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Editor and Administration Address:

Jurnal Ta'lim is published by Universitas Muhammadiyah Lampung

Jl. ZA. Pagar Alam, Labuhan, Labuhan Ratu, Kec. Kedaton, Bandar Lampung, Indonesia, Postal Code 35132

 

 JDN Index:

  

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics

View My Stats