KONSEP PENDIDIKAN ISLAM MODERAT KH. HASYIM ASY'ARI (TELAAH KITAB RISALAH AHL AS-SUNAH WAL JAMAAH)

Ahmad Dani Cahaya Mukti

Sari


Pendidikan Islam moderat menurut KH. Hasyim Asy’ari berupaya menjawab tantangan zaman dengan tetap menjaga keautentikan ajaran Islam, namun tetap terbuka terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan perbedaan pendapat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep pendidikan Islam moderat yang dikembangkan oleh KH. Hasyim Asy’ari dalam kitab Risalah Ahl as-Sunnah wa al-Jama’ah dan untuk mengetahui relevansi konsep pendidikan Islam moderat KH. Hasyim Asy’ari dalam konteks pendidikan Islam kontemporer. Metode dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Hasil dalam penelitian ini adalah pendidikan Islam yang berbasis pada konsep moderasi KH. Hasyim Asy’ari dapat menjadi solusi dalam membentuk generasi Muslim yang berakhlak, berwawasan luas, toleran, serta mampu menghadapi tantangan zaman tanpa kehilangan esensi ajaran Islam yang moderat dan inklusif.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anam, S., & Hasan, A. A. (2022). Konsep Berbangsa Dan Bernegara Perspektif Kh Maimoen Zubair Dan Relevansinya Pada Pendidikan Islam Moderat Di Indonesia. Atthiflah: Journal Of Early Childhood Islamic Education, 9(2).

Anandari, A. A. (2022). Hasyim Asy’ari; Persaudaraan; Toleransi. Religi, 18(02).

Anandari, A. A., & Afriyanto, D. (2022). Konsep Persaudaraan Dan Toleransi Dalam Membangun Moderasi Beragama Pada Masyarakat Multikultural Di Indonesia Perspektif Kh. Hasyim Asy’ari. Religi: Jurnal Studi Agama-Agama, 18(2).

Benny Afwadzi. (2023). Resepsi Atas Islam Moderat: Antara Kritik Dan Sikap Yang Representatif. Nuansa: Jurnal Penelitian Ilmu Sosial Dan Keagamaan Islam, 19(2). Https://Doi.Org/10.19105/Nuansa.V19i2.6687

Chamidi, A. S. (2021). Nilai-Nilai Islam Moderat Dalam Pembelajaran Pai Pada Masa Pandemi Covid19 Di Smk Negeri 1 Kebumen. Ar-Rihlah: Jurnal Inovasi Pengembangan Pendidikan Islam, 6(1). Https://Doi.Org/10.33507/Ar-Rihlah.V6i1.280

Fahmi, M., Saefullah Azhari, Syaifuddin, & Muhammad Fladimir Herlambang. (2021). Konstruksi Pendidikan Islam Moderat Melalui Nalar “A Common Word” Waleed El-Ansary. Tadris: Jurnal Pendidikan Islam, 16(1). Https://Doi.Org/10.19105/Tjpi.V16i1.4694

Fahri, M. A. Z. (2019). Moderasi Beragama Di Indonesia. Intizar, 25(2).

Faizah, R., & Baedowi, A. (2022). Teologi Dan Dasar Moderasi Beragama Di Indonesia: Peran Kh Hasyim Asy’ari Dalam Membingkai Moderasi Beragama Di Indonesia. Teologi Dan Dasar Moderasi Beragama, 1.

Faozan, A. (2020). Moderasi Beragama Dalam Pendidikan Agama Islam Untuk Masyarakat Multikultur. Hikmah: Journal Of Islamic Studies, 16(2). Https://Doi.Org/10.47466/Hikmah.V16i2.170

Hadi, S. (2019). Urgensi Nilai-Nilai Moderat Islam Dalam Lembaga Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Kajian Agama Hukum Dan Pendidikan Islam (Kahpi), 1(1). Https://Doi.Org/10.32493/Kahpi.V1i1.P1-13

Listiana, H., & Supandi, S. (2020). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam Moderat Di Madrasah. Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Keislaman, 7(2).

Maghfuri, A. (2019). Peran Lembaga Pendidikan Dalam Pengarusutamaan Islam Moderat Sebagai Upaya Melawan Paham Konservatif-Radikal. Tadris: Jurnal Pendidikan Islam, 14(2). Https://Doi.Org/10.19105/Tjpi.V14i2.2713

Muchlis, M. (2020). Pembelajaran Materi Pendidikan Agama Islam (Pai) Berwawasan Moderat. Profetika: Jurnal Studi Islam, 21(1). Https://Doi.Org/10.23917/Profetika.V21i1.11053

Nasih, A. M., Sultoni, A., & Kholidah, L. N. (2020). Kajian Konten Media Sosial Untuk Penguatan Literasi Dakwah Islam Moderat Guru Dan Santri Di Pesantren. Jurnal Karinov, 3(3).

Nawawi, A. M. N. (2019). Dakwah Islam Moderat Dan Realitas Politik Identitas Dalam Masyarakat Meme. Jurnal Bimas Islam, 12(1). Https://Doi.Org/10.37302/Jbi.V12i1.100

Nurman, S. N. (2019). Penguatan Islam Moderat Di Era Post Truth: Telaah Atas Situs Online Islami.Co. Jurnal Al-Aqidah, 11(2). Https://Doi.Org/10.15548/Ja.V11i2.1421

Paradikma, G. (2019). Persepsi Mahasiswa Kki Iain Samarinda Terhadap Implementasi Islam Moderat. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1). Https://Doi.Org/10.21093/Twt.V6i1.2037

Putra, D. J. (2024). Kontekstualisasi Islam Moderat Di Indonesia. Relinesia:Junrla Kajian Agama Dan Multikulturalisme Indonesia, 3(1).

Rofiq, A. (2019). Living Aswaja Sebagai Model Penguatan Pendidikan Anti Radikalisme Di Pesantren. Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam, 16(1). Https://Doi.Org/10.34001/Tarbawi.V16i1.997

Rohim, A. (2024). Dakwah Islam Moderat Dan Realitas Politik Di Indonesia. Ad-Da’wah, 22(1). Https://Doi.Org/10.59109/Addawah.V22i1.60

Shodiq, M. (2021). Mengenalkan Pancasila Melalui Nilai-Nilai Islam Moderat. Bertuah Jurnal Syariah Dan Ekonomi Islam, 2(1). Https://Doi.Org/10.56633/Jsie.V2i1.189

Solichin, M. M. (2019a). Manajemen Pembelajaran Pendidikan Islam Moderat Di Perguruan Tinggi Islam (Studi Atas Institute Agama Islam Negeri Madura). Re-Jiem (Research Journal Of Islamic Education Management), 1(2). Https://Doi.Org/10.19105/Re-Jiem.V1i2.2091

Solichin, M. M. (2019b). Manajemen Pembelajaran Pendidikan Islam Moderat Di Perguruan Tinggi Islam (Studi Atas Institute Agama Islam Negeri Madura). Re-Jiem (Research Journal Of Islamic Education Management), 1(2). Https://Doi.Org/10.19105/Rjiem.V1i2.2091

Sumarto, S., & Harahap, E. K. (2019). Mengembangkan Moderasi Pendidikan Islam Melalui Peran Pengelolaan Pondok Pesantren. Ri’ayah: Jurnal Sosial Dan Keagamaan, 4(01). Https://Doi.Org/10.32332/Riayah.V4i01.1488




DOI: https://doi.org/10.36269/tlm.v7i2.3309

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Editor and Administration Address:

Jurnal Ta'lim is published by Universitas Muhammadiyah Lampung

Jl. ZA. Pagar Alam, Labuhan, Labuhan Ratu, Kec. Kedaton, Bandar Lampung, Indonesia, Postal Code 35132

 

 JDN Index:

  

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics

View My Stats