Penerapan Lesson Study Dengan Mengintegrasikan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dalam Pembelajaran Terdiferensiasi Kelas X SMA Negeri 4 Malang
Sari
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Amrilizia, N., Yusro, A. C., & Tamami, M. D. (2023). Optimalisasi Hasil Belajar IPA Berbasis Problem Based Learning (PBL) Melalui Lesson Study. Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 10(2), 74–82. https://doi.org/10.30738/natural.v10i2.14828
Andrian, Y., & Rusman, R. (2019). Implementasi pembelajaran abad 21 dalam kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 12(1), 14–23. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v12i1.20116
Anom, G. A. (2020). Supervisi Edukatif Untuk Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Pembelajaran di SD. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 221. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25443
Ario, M. (2018). Implementasi Lesson Study untuk Menumbuhkan Keaktifan Belajar dan Kerjasama Mahasiswa. Jurnal Absis : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.30606/absis.v1i1.3
Cahayu, S. A., Yelianti, U., Asrial, A., Wicaksana, E. J., & Nataliya, R. (2024). Efektivitas Problem Based Learning Berbasis Game Gurita Point dengan Lesson Study Terhadap Hasil Belajar Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Pada Siswa SMP. BIODIK, 10(1), 80–88. https://doi.org/10.22437/biodik.v10i1.28029
Coenders, F., & Verhoef, N. (2019). Lesson Study: professional development (PD) for beginning and experienced teachers. Professional Development in Education, 45(2), 217–230. https://doi.org/10.1080/19415257.2018.1430050
Ediana, D., Andriani, N., Rizki, A., Ilmi, M., Zulfikhar, R., & Pendidikan, T. (2023). Melalui Aplikasi Dan Platform Web : Kajian Literatur Terhadap Pengembangan. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(3), 860–866.
Emira Hayatina Ramadhan, & Hindun Hindun. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Membantu Siswa Berpikir Kreatif. Protasis: Jurnal Bahasa, Sastra, Budaya, Dan Pengajarannya, 2(2), 43–54. https://doi.org/10.55606/protasis.v2i2.98
Fujii, T. (2016). Designing and adapting tasks in lesson planning: a critical process of Lesson Study. ZDM, 48(4), 411–423. https://doi.org/10.1007/s11858-016-0770-3
Hikmawati, H., Jufri, A. W., & Sutrio, S. (2018). SIMULASI KEGIATAN LESSON STUDY SEBAGAI UPAYA UNTUK MENGEMBANGKAN PROFESIONALISME PENDIDIK. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 1(2). https://doi.org/10.29303/jppm.v1i2.847
Junaid, R., & Baharuddin, M. R. (2020). Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru melalui PKM Lesson Study. To Maega : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 122–129. https://doi.org/10.35914/tomaega.v3i2.413
Kang, Y., & Lee, I. (2023). The Effect of Mixed Reality-based HoloPatient in Problem-based Learning Contexts. Clinical Simulation in Nursing, 82, 101438. https://doi.org/10.1016/j.ecns.2023.101438
Kristianto, H., & Gandajaya, L. (2023). Offline vs online problem-based learning: a case study of student engagement and learning outcomes. Interactive Technology and Smart Education, 20(1), 106–121. https://doi.org/10.1108/ITSE-09-2021-0166
Mastra, I. N. (2019). Peningkatan Kinerja Guru Dalam Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Melalui Pendampingan Klasikal Dan Individual Di SD Negeri 26 Ampenan Semester SAtu Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 5(2), 26. https://doi.org/10.36312/jime.v5i2.755
Sanga, L. D., & Wangdra, Y. (2023). Pendidikan Adalah Faktor Penentu Daya Saing Bangsa. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Sosial Dan Teknologi (SNISTEK), 5, 84–90. https://doi.org/10.33884/psnistek.v5i.8067
Sarjani, T. M., & , N. (2020). Penerapan Lesson Study Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru di MGMP Biologi Langsa. BEST Journal (Biology Education, Sains and Technology), 3(2), 62–68. https://doi.org/10.30743/best.v3i2.2808
Seino, T., & Foster, C. (2021). Analysis of the final comments provided by a knowledgeable other in lesson study. Journal of Mathematics Teacher Education, 24(5), 507–528. https://doi.org/10.1007/s10857-020-09468-y
Suryani, Y., Melasari, M., Nurjannah, N., Iskandar, I. T., Rokayah, O., & Prasetyo, I. U. (2023). Penerapan Lesson Study Dengan Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 20(01), 37–44. https://doi.org/10.25134/equi.v20i01.7012
Suwono, H., Permana, T., Saefi, M., & Fachrunnisa, R. (2023). The problem-based learning (PBL) of biology for promoting health literacy in secondary school students. Journal of Biological Education, 57(1), 230–244. https://doi.org/10.1080/00219266.2021.1884586
Vermunt, J. D., Vrikki, M., van Halem, N., Warwick, P., & Mercer, N. (2019). The impact of Lesson Study professional development on the quality of teacher learning. Teaching and Teacher Education, 81, 61–73. https://doi.org/10.1016/j.tate.2019.02.009
Yustianingsih, R., Syarifuddin, H., & Yerizon, Y. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas VIII. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(2), 258. https://doi.org/10.33603/jnpm.v1i2.563
Zainy, Q. (2023). The Influence of Problem-Based Learning on Students’ Science Process Skills. ASIAN: Indonesian Journal of Learning Development and Innovation, 1(1), 13–16. https://journal.institercom-edu.org/index.php/asian
DOI: https://doi.org/10.36269/tlm.v7i2.3305
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Editor and Administration Address:
Jurnal Ta'lim is published by Universitas Muhammadiyah Lampung
Jl. ZA. Pagar Alam, Labuhan, Labuhan Ratu, Kec. Kedaton, Bandar Lampung, Indonesia, Postal Code 35132
JDN Index:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.