Penerapan Lesson Study Dengan Mengintegrasikan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dalam Pembelajaran Terdiferensiasi Kelas X SMA Negeri 4 Malang

veri nur

Sari


Dalam penelitian ini lesson study berupaya untuk mengevaluasi efektivitas pembelajaran yang di integrasikan dengan model Problem based learning (PBL) di kelas X KG SMA Negeri 4 Malang dengan konteks pembelajaran terdiferensiasi dalam tingkat sekolah menengah atas. Pendekatan ini diharapkan dapat menumbuhkan kompetensi peserta didik di dalam berpikir kritis, kolaborasi dan pemecahan masalah secara aktif dan kontekstual. Metodologi yang digunakan melibatkan observasi partisipasi aktif, dokumentasi proses pembelajaran, serta analisis data melalui instrument yang mencangkup penilaian ranah sikap, pengetahuan sampai dengan ketrampilan, hasil penelitian menunjukan bahwa penggabungan metode pembelajaran lesson study dan PBL mampu menciptakan lingkungan belajar yang inklusif, responsive terhadap keberagaman karakteristik peserta didik, serta memperkuat proses pembelajaran berbasiskolaboorasi dan refleksi.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amrilizia, N., Yusro, A. C., & Tamami, M. D. (2023). Optimalisasi Hasil Belajar IPA Berbasis Problem Based Learning (PBL) Melalui Lesson Study. Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 10(2), 74–82. https://doi.org/10.30738/natural.v10i2.14828

Andrian, Y., & Rusman, R. (2019). Implementasi pembelajaran abad 21 dalam kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 12(1), 14–23. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v12i1.20116

Anom, G. A. (2020). Supervisi Edukatif Untuk Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Pembelajaran di SD. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 221. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25443

Ario, M. (2018). Implementasi Lesson Study untuk Menumbuhkan Keaktifan Belajar dan Kerjasama Mahasiswa. Jurnal Absis : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.30606/absis.v1i1.3

Cahayu, S. A., Yelianti, U., Asrial, A., Wicaksana, E. J., & Nataliya, R. (2024). Efektivitas Problem Based Learning Berbasis Game Gurita Point dengan Lesson Study Terhadap Hasil Belajar Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Pada Siswa SMP. BIODIK, 10(1), 80–88. https://doi.org/10.22437/biodik.v10i1.28029

Coenders, F., & Verhoef, N. (2019). Lesson Study: professional development (PD) for beginning and experienced teachers. Professional Development in Education, 45(2), 217–230. https://doi.org/10.1080/19415257.2018.1430050

Ediana, D., Andriani, N., Rizki, A., Ilmi, M., Zulfikhar, R., & Pendidikan, T. (2023). Melalui Aplikasi Dan Platform Web : Kajian Literatur Terhadap Pengembangan. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(3), 860–866.

Emira Hayatina Ramadhan, & Hindun Hindun. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Membantu Siswa Berpikir Kreatif. Protasis: Jurnal Bahasa, Sastra, Budaya, Dan Pengajarannya, 2(2), 43–54. https://doi.org/10.55606/protasis.v2i2.98

Fujii, T. (2016). Designing and adapting tasks in lesson planning: a critical process of Lesson Study. ZDM, 48(4), 411–423. https://doi.org/10.1007/s11858-016-0770-3

Hikmawati, H., Jufri, A. W., & Sutrio, S. (2018). SIMULASI KEGIATAN LESSON STUDY SEBAGAI UPAYA UNTUK MENGEMBANGKAN PROFESIONALISME PENDIDIK. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 1(2). https://doi.org/10.29303/jppm.v1i2.847

Junaid, R., & Baharuddin, M. R. (2020). Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru melalui PKM Lesson Study. To Maega : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 122–129. https://doi.org/10.35914/tomaega.v3i2.413

Kang, Y., & Lee, I. (2023). The Effect of Mixed Reality-based HoloPatient in Problem-based Learning Contexts. Clinical Simulation in Nursing, 82, 101438. https://doi.org/10.1016/j.ecns.2023.101438

Kristianto, H., & Gandajaya, L. (2023). Offline vs online problem-based learning: a case study of student engagement and learning outcomes. Interactive Technology and Smart Education, 20(1), 106–121. https://doi.org/10.1108/ITSE-09-2021-0166

Mastra, I. N. (2019). Peningkatan Kinerja Guru Dalam Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Melalui Pendampingan Klasikal Dan Individual Di SD Negeri 26 Ampenan Semester SAtu Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 5(2), 26. https://doi.org/10.36312/jime.v5i2.755

Sanga, L. D., & Wangdra, Y. (2023). Pendidikan Adalah Faktor Penentu Daya Saing Bangsa. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Sosial Dan Teknologi (SNISTEK), 5, 84–90. https://doi.org/10.33884/psnistek.v5i.8067

Sarjani, T. M., & , N. (2020). Penerapan Lesson Study Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru di MGMP Biologi Langsa. BEST Journal (Biology Education, Sains and Technology), 3(2), 62–68. https://doi.org/10.30743/best.v3i2.2808

Seino, T., & Foster, C. (2021). Analysis of the final comments provided by a knowledgeable other in lesson study. Journal of Mathematics Teacher Education, 24(5), 507–528. https://doi.org/10.1007/s10857-020-09468-y

Suryani, Y., Melasari, M., Nurjannah, N., Iskandar, I. T., Rokayah, O., & Prasetyo, I. U. (2023). Penerapan Lesson Study Dengan Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 20(01), 37–44. https://doi.org/10.25134/equi.v20i01.7012

Suwono, H., Permana, T., Saefi, M., & Fachrunnisa, R. (2023). The problem-based learning (PBL) of biology for promoting health literacy in secondary school students. Journal of Biological Education, 57(1), 230–244. https://doi.org/10.1080/00219266.2021.1884586

Vermunt, J. D., Vrikki, M., van Halem, N., Warwick, P., & Mercer, N. (2019). The impact of Lesson Study professional development on the quality of teacher learning. Teaching and Teacher Education, 81, 61–73. https://doi.org/10.1016/j.tate.2019.02.009

Yustianingsih, R., Syarifuddin, H., & Yerizon, Y. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas VIII. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(2), 258. https://doi.org/10.33603/jnpm.v1i2.563

Zainy, Q. (2023). The Influence of Problem-Based Learning on Students’ Science Process Skills. ASIAN: Indonesian Journal of Learning Development and Innovation, 1(1), 13–16. https://journal.institercom-edu.org/index.php/asian




DOI: https://doi.org/10.36269/tlm.v7i2.3305

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Editor and Administration Address:

Jurnal Ta'lim is published by Universitas Muhammadiyah Lampung

Jl. ZA. Pagar Alam, Labuhan, Labuhan Ratu, Kec. Kedaton, Bandar Lampung, Indonesia, Postal Code 35132

 

 JDN Index:

  

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics

View My Stats