STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU
Sari
Peningkatan kinerja guru merupakan faktor penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Peran kepala sekolah sangat krusial dalam mengimplementasikan strategi untuk mendukung perkembangan profesional guru. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi yang diterapkan kepala sekolah untuk meningkatkan kinerja guru, serta bagaimana strategi tersebut memengaruhi motivasi dan kualitas pengajaran.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode wawancara mendalam terhadap kepala sekolah dan guru, yang kemudian dianalisis secara deskriptif. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik analisis tematik, mengidentifikasi tema utama terkait pelatihan, observasi kinerja, penghargaan, dan penggunaan data dalam pengambilan keputusan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah menerapkan berbagai strategi untuk meningkatkan kinerja guru, seperti memberikan pelatihan, melakukan observasi langsung di kelas, dan memberikan penghargaan atas prestasi guru. Pemberian penghargaan berperan penting dalam meningkatkan motivasi guru, sementara evaluasi berbasis data membantu dalam pengambilan keputusan yang lebih tepat. Selain itu, pendekatan berbasis data yang dilakukan kepala sekolah melalui evaluasi hasil belajar siswa juga terbukti efektif dalam meningkatkan kualitas pengajaran. Pembahasan mengungkapkan bahwa kombinasi antara pelatihan, observasi, dan penghargaan dapat menciptakan lingkungan sekolah yang kondusif bagi peningkatan profesionalisme guru dan kualitas pendidikan secara keseluruhan.
Kata Kunci: Kinerja Guru, Strategi Kepala Sekolah, Pengembangan Profesional
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Afni, W. Y., Nugroho, A. S., & Sholihin, M. (2022). PENGEMBANGAN PROGRAM TAHFIDZUL QUR’AN OLEH KEPALA SEKOLAH SD MUHAMMADIYAH 1 BANDAR LAMPUNG. Ta'lim, 4(2).
Lastari, D. (2022). MOTIVASI EKSTRINSIK PESERTA DIDIK DALAM MELAKSANAKAN IBADAH SHALAT DI SMK AL-FAJAR KASUI. Ta'lim, 4(2).
Lusiana, Sri et al. “Pengaruh Penghargaan dan Sanksi Terhadap Kinerja Karyawan”. Center of Economic Students Journal. Vol. 6 No. 2 (2023), h. 185–98. https://doi.org/10.56750/csej.v6i2.582.
Mariyana, Dian et al. “Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di Sekolah Dasar Negeri”. Jurnal Inovasi Pembelajaran Di Sekolah. Vol. 5 No. 2 (2024), h. 570–81. https://doi.org/10.56709/mrj.v3i2.344.
Nugroho, A. S., & Citra, N. M. (2024). Penanaman Nilai–Nilai Pendidikan Karakter Pada Siswa Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Muhammadiyah Way Sulan Kabupaten Lampung Selatan. Ta'lim, 6(1).
Nugroho, A. S., & Sholihin, M. (2024). PERAN WALI KELAS SEBAGAI FASILITATOR DAN MEDIATOR DALAM PENGENTASAN BULLYING DI SDN 1 KARANG MARITIM BANDAR LAMPUNG. Ta'lim, 6(1).
Nugroho, A. S., Bayar, M., & Huwaina, M. (2022). Implikasi Pemasaran Jasa Pendidikan Dalam Pengembangan Karakter Siswa Sekolah Dasar. MindSet: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 22-33.
Saputri, R. O., Huwaina, M., & Nugroho, A. S. (2023). PEMBENTUKAN KARAKTER KEJUJURAN KELAS V SDN 52 GEDONG TATAAN OLEH GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Ta'lim, 5(2), 49-59.
Winiharti, Katerina et al. “Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SD Santo Bellarminus Bekasi”. Jurnal Pendidikan dan Konseling. Vol. 4 (2022), h. 13146–53.
DOI: https://doi.org/10.36269/tlm.v7i1.3153
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Editor and Administration Address:
Jurnal Ta'lim is published by Universitas Muhammadiyah Lampung
Jl. ZA. Pagar Alam, Labuhan, Labuhan Ratu, Kec. Kedaton, Bandar Lampung, Indonesia, Postal Code 35132
JDN Index:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.