KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DALAM MEMBANGUN SEKOLAH BERDAYA SAING

Azzahra Aurelita Kanahaya, Anggi Septia Nugroho

Sari


Abstrak
Pendidikan dasar memiliki peran penting dalam membentuk karakter dan kecerdasan generasi muda. Kepemimpinan kepala sekolah yang efektif, khususnya model kepemimpinan transformasional, diyakini mampu meningkatkan motivasi guru, kualitas pembelajaran, serta prestasi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan kepemimpinan transformasional di SD Muhammadiyah 1 Bandar Lampung, mengidentifikasi tantangan yang dihadapi, serta menyusun strategi optimal guna meningkatkan efektivitas kepemimpinan sekolah.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan wawancara dan studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah menerapkan kepemimpinan transformasional dengan cara meningkatkan profesionalisme guru, mengelola sumber daya secara efektif, serta membangun komunikasi yang kuat dengan orang tua dan komunitas. Namun, tantangan utama yang dihadapi adalah keterbatasan sarana dan prasarana, koordinasi dengan komunitas eksternal, serta evaluasi kinerja guru yang masih perlu disempurnakan.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa kepemimpinan transformasional di SD Muhammadiyah 1 Bandar Lampung telah memberikan dampak positif terhadap lingkungan belajar, motivasi guru, dan keterlibatan orang tua. Implikasi penelitian ini menyoroti pentingnya peningkatan komunikasi berbasis digital, optimalisasi sumber daya sekolah, serta penguatan strategi manajemen konflik dan penghargaan bagi tenaga pendidik untuk menciptakan lingkungan pendidikan yang lebih efektif dan inovatif.
Kata kunci: Kepemimpinan transformasional, manajemen sekolah, guru, pendidikan dasar, SD Muhammadiyah 1 Bandar Lampung.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Afni, W. Y., Nugroho, A. S., & Sholihin, M. (2022). PENGEMBANGAN PROGRAM TAHFIDZUL QUR’AN OLEH KEPALA SEKOLAH SD MUHAMMADIYAH 1 BANDAR LAMPUNG. Ta'lim, 4(2).

Ahmad Rifai Siregar et al. “Exploration of The Principal’s Transformational Leadership Style In Increasing Teacher Motivation”. Didaktika: Jurnal Kependidikan. Vol. 13 No. 2 (2024), h. 1655–62. https://doi.org/10.58230/27454312.708.

Asdi, Ahmad. “Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dan Hubungannya dengan Komitmen Guru”. Journal of Counseling, Education and Society. Vol. 2 No. 2 (2021), h. 84. https://doi.org/10.29210/08jces133500.

Basyar, M., & Nugroho, A. S. (2023). REAKTUALISASI PENDIDIKAN ISLAM DALAM MASYARAKAT MULTIKULTUR. Ta'lim, 5(1).

Caldwell, Brian J., dan Jim M. Spinks. The Self - Transforming School Firts. oxon: Routledge, 2014.

Effendi, Yulius Rustan et al. “The principal transformational leadership strategy in developing national policies for strengthening character education in eastern Indonesia”. Italian Journal of Sociology of Education. Vol. 12 No. 2 (2020), h. 51–78. https://doi.org/10.14658/pupj-ijse-2020-2-3.

Kanahaya, Azzahra Aurelita. “Hasil Wawancara tentang Manajemen Pendidikan di SD Muhammadiyah 1 Bandar Lampung”. 2025.

Karoso, Subianto, dan Budi Tri Cahyono. “Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Motivasi Guru”. Jurnal Ilmu Pendidikan. Vol. 6 No. 3 (2024), h. 2421–28. tersedia pada https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i3.6805 (2024).

Larasati, Siska Yuni. “Peran Komite Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Sma Ronggolawe Kota Semarang”. Jurnal Politik dan Kewarganegaan. Vol. 2 No. 3 (2009), h. 1–66.

Lastari, D. (2022). MOTIVASI EKSTRINSIK PESERTA DIDIK DALAM MELAKSANAKAN IBADAH SHALAT DI SMK AL-FAJAR KASUI. Ta'lim, 4(2).

Loviana, S., Nugroho, A. S., & Basyar, M. (2023). Implementasi Pembelajaran Tajwid Menggunakan Buku Panduan Bahan Ajar (PBA) Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-qur’an di Rumah Qur’an Bunda Aisyah 17 lampung. Widya Balina, 8(2), 839-853.

MASLINDA, SITI. “PERENCANAAN STRATEGIK BRYSON DALAM PENGEMBANGAN ORGANISASI SEKSI PENDIDIKAN MADRASAH KEMENTERIAN AGAMA KOTA YOGYAKARTA”. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA, 2020.

Nesia, A. P., Nugroho, A. S., & Khoironi, K. (2023). IMPLEMENTASI METODE TALAQI DALAM PEMBELAJARAN TAJWID KITAB TUHFATUL ATHFAL DI RUMAH PERADABAN QURANI RAJABASA BANDAR LAMPUNG. Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 224-237.

Nugroho, A. S., & Albab, U. (2024). The Impact of Economics Education on The Frugal Lifestyle Attitude of 12th-Grade Students. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(1), 141-146.

Nugroho, A. S., & Citra, N. M. (2024). Penanaman Nilai–Nilai Pendidikan Karakter Pada Siswa Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Muhammadiyah Way Sulan Kabupaten Lampung Selatan. Ta'lim, 6(1).

Nugroho, A. S., & Sholihin, M. (2024). PERAN WALI KELAS SEBAGAI FASILITATOR DAN MEDIATOR DALAM PENGENTASAN BULLYING DI SDN 1 KARANG MARITIM BANDAR LAMPUNG. Ta'lim, 6(1).

Nugroho, A. S., Bayar, M., & Huwaina, M. (2022). Implikasi Pemasaran Jasa Pendidikan Dalam Pengembangan Karakter Siswa Sekolah Dasar. MindSet: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 22-33.

Saputri, R. O., Huwaina, M., & Nugroho, A. S. (2023). PEMBENTUKAN KARAKTER KEJUJURAN KELAS V SDN 52 GEDONG TATAAN OLEH GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Ta'lim, 5(2), 49-59.

Windasari, Windasari et al. “Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Terhadap Perubahan Organisasi Sekolah Dasar”. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan. Vol. 9 No. 1 (2022), h. 99–110. https://doi.org/10.24246/j.jk.2022.v9.i1.p99-110.




DOI: https://doi.org/10.36269/tlm.v7i1.3145

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Editor and Administration Address:

Jurnal Ta'lim is published by Universitas Muhammadiyah Lampung

Jl. ZA. Pagar Alam, Labuhan, Labuhan Ratu, Kec. Kedaton, Bandar Lampung, Indonesia, Postal Code 35132

 

 JDN Index:

  

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics

View My Stats