PERAN KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DAN PRESTASI SISWA

Windry Nayla Cahya, Meitha Yesi Rahmawati, Anggi Septia Nugroho

Sari


ABSTRAK
Kepemimpinan transformasional dalam dunia pendidikan memiliki peran krusial dalam meningkatkan mutu sekolah, baik dari aspek manajemen, kualitas pembelajaran, maupun kesejahteraan tenaga pendidik. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan kepemimpinan transformasional di MTs Mathla’ul Anwar Kedondong serta dampaknya terhadap lingkungan sekolah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi, lalu dianalisis dengan model interaktif Miles dan Huberman.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan transformasional kepala sekolah memberikan pengaruh positif terhadap peningkatan kualitas pendidikan, motivasi kerja guru, serta prestasi akademik siswa. Kepala sekolah berperan dalam menetapkan visi dan misi yang partisipatif, mendorong inovasi dalam pembelajaran, serta membangun komunikasi yang efektif dalam lingkungan sekolah. Selain itu, pengambilan keputusan yang melibatkan berbagai pihak serta perhatian terhadap kesejahteraan guru turut mendukung terciptanya lingkungan belajar yang lebih kondusif. Model kepemimpinan ini dapat menjadi acuan bagi institusi pendidikan lain dalam upaya meningkatkan efektivitas dan kualitas sekolah.
Kata Kunci: kepemimpinan transformasional, mutu pendidikan, motivasi guru, inovasi pembelajaran, manajemen sekolah.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Afni, W. Y., Nugroho, A. S., & Sholihin, M. (2022). PENGEMBANGAN PROGRAM TAHFIDZUL QUR’AN OLEH KEPALA SEKOLAH SD MUHAMMADIYAH 1 BANDAR LAMPUNG. Ta'lim, 4(2).

Armiyanti, Armiyanti et al. “Kepemimpinan Transformasional Dalam Meningkatkan Kinerja Layanan Pendidikan”. Jurnal Educatio FKIP UNMA. Vol. 9 No. 2 (2023), h. 1061–70. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.5104.

Basuki, Anita Dwi et al. “PERBANDINGAN GAYA KEPEMIMPINAN VISIONER DAN GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DALAM PENDIDIKAN”. Jurnal Basataka (JBT). Vol. 7 No. 2 (2024), h. 867–877. tersedia pada https://jurnal.pbsi.uniba-bpn.ac.id/index.php/BASATAKA/article/view/483/300 (2024).

Basyar, M., & Nugroho, A. S. (2023). REAKTUALISASI PENDIDIKAN ISLAM DALAM MASYARAKAT MULTIKULTUR. Ta'lim, 5(1).

Jani, Heribertus. “Model Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dalam Membentuk Budaya Sekolah untuk Penerapan Kurikulum Merdeka”. KALBISOCIO Jurnal Bisnis dan Komunikasi. Vol. 10 No. 1 (2023), h. 28–44. https://doi.org/10.53008/kalbisocio.v10i1.2074.

Lastari, D. (2022). MOTIVASI EKSTRINSIK PESERTA DIDIK DALAM MELAKSANAKAN IBADAH SHALAT DI SMK AL-FAJAR KASUI. Ta'lim, 4(2).

Loviana, S., Nugroho, A. S., & Basyar, M. (2023). Implementasi Pembelajaran Tajwid Menggunakan Buku Panduan Bahan Ajar (PBA) Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-qur’an di Rumah Qur’an Bunda Aisyah 17 lampung. Widya Balina, 8(2), 839-853.

Mukaddamah, Ivon. “Peran Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kesejahteraan Guru.”. Jurnal Manajemen Pendidikan. Vol. 5 No. 1 (2024), h. 438–48. tersedia pada https://www.ejournal.insuriponorogo.ac.id/index.php/almikraj/article/view/5834/3131 (2024).

Nesia, A. P., Nugroho, A. S., & Khoironi, K. (2023). IMPLEMENTASI METODE TALAQI DALAM PEMBELAJARAN TAJWID KITAB TUHFATUL ATHFAL DI RUMAH PERADABAN QURANI RAJABASA BANDAR LAMPUNG. Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 224-237.

Noor, Iqbal Hidayatsyah, dan Dartim. “KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DALAM PENDIDIKAN ISLAM YANG UNGGUL”. 2021. tersedia pada https://journals.ums.ac.id/index.php/iseedu/article/view/15993/6963 (2021).

Nugroho, A. S., & Albab, U. (2024). The Impact of Economics Education on The Frugal Lifestyle Attitude of 12th-Grade Students. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(1), 141-146.

Nugroho, A. S., & Citra, N. M. (2024). Penanaman Nilai–Nilai Pendidikan Karakter Pada Siswa Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Muhammadiyah Way Sulan Kabupaten Lampung Selatan. Ta'lim, 6(1).

Nugroho, A. S., & Sholihin, M. (2024). PERAN WALI KELAS SEBAGAI FASILITATOR DAN MEDIATOR DALAM PENGENTASAN BULLYING DI SDN 1 KARANG MARITIM BANDAR LAMPUNG. Ta'lim, 6(1).

Nugroho, A. S., Bayar, M., & Huwaina, M. (2022). Implikasi Pemasaran Jasa Pendidikan Dalam Pengembangan Karakter Siswa Sekolah Dasar. MindSet: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 22-33.

Rifa’, Asep Ahmad et al. “Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dan Budaya Kerja Terhadap Peningkatan Kinerja Guru”. Indonesian Journal off Education Management & Adminstration Review. Vol. 4 No. ` (2020), h. 159–66.

RISWAN, DEDY et al. “PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI SISWA DENGAN KINERJA GURU SEBAGAI VARIABEL MODERASI”. MANAJERIAL : Jurnal Inovasi Manajemen Dan Supervisi Pendidikan. Vol. 4 No. 4 (2024), h. 162–70. tersedia pada https://www.jurnalp4i.com/index.php/manajerial/article/view/3759/3042 (2024).

Saputri, R. O., Huwaina, M., & Nugroho, A. S. (2023). PEMBENTUKAN KARAKTER KEJUJURAN KELAS V SDN 52 GEDONG TATAAN OLEH GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Ta'lim, 5(2), 49-59.




DOI: https://doi.org/10.36269/tlm.v7i1.3129

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Editor and Administration Address:

Jurnal Ta'lim is published by Universitas Muhammadiyah Lampung

Jl. ZA. Pagar Alam, Labuhan, Labuhan Ratu, Kec. Kedaton, Bandar Lampung, Indonesia, Postal Code 35132

 

 JDN Index:

  

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics

View My Stats