The Marketing People Sekolah Dasar Islam Terpadu Muhammadiyah Gunung Terang Bandar Lampung

Sofyan Harahap

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran sumber daya manusia (SDM) sebagai elemen kunci dalam pemasaran layanan di lembaga pendidikan, dengan studi kasus di SDIT Muhammadiyah Gunung Terang Bandar Lampung. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SDM, termasuk guru dan tenaga kependidikan, memainkan peran penting dalam membangun citra lembaga dan memengaruhi persepsi pelanggan. SDIT Muhammadiyah Gunung Terang memiliki komitmen tinggi dalam meningkatkan kualitas SDM melalui rekrutmen tenaga profesional, pelatihan berkelanjutan, serta pembinaan keislaman. Dengan 99% tenaga pendidiknya bergelar sarjana, sekolah ini juga aktif mengadakan pelatihan penyediaan bahan ajar, workshop kreativitas, dan program Baitul Arqam untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Kesimpulan penelitian ini menekankan pentingnya SDM berkualitas dan program pengembangan SDM yang terintegrasi untuk mendukung keberhasilan lembaga pendidikan. Keyword: Sumber Daya Manusia (SDM), Pemasaran Layanan, Pengembangan SDM

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdur Rauf Abdul Aziz. Al-Qur’an Hafalan Mudah: Metode Lima Waktu Hafal Satu Halaman Al-Hufaz. Bandung: Cordoba, 2020.

Alma Buchari. Pemasaran Stratejik Jasa Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2003.

Alma Buchari. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta, 2018.

Amstrong, Kotler. Principle Of Marketing diterjemahkan oleh Damos Sihombing

Dengan judul “Prinsip-prinsip Pemasaran”, jilid 1 edisi Delapan. Jakarta: Erlangga, 2001.

Amir Taufiq. Dinamika Pemasaran Jelajahi dan Rasakan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2005.

Arifin Imron. Penelitian Kualitatif dalam Ilmu-Ilmu Sosial dan Keagamaan. Malang: Kalimashada Press, 1996.

Arikunto Suharsimi. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta, 2000.

Arikunto Suharsimi. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta, 2006.

Burhanuddin Yusak. Administrasi Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia, 1998.

Candra Wijaya, Rahmat Hidayat. Ayat-ayat Al-qur’an Tentang Manajemen Pendidikan Islam. Medan: LPPPI, 2017.

Cravens, David W. Strategic Marketing. Chicago: The Mac Graw Hill Coy, Inc. 1997.

Creswell, John W. Design Research Pendekatan Kualitatif Kuantitatif dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2013.

Fandy Tjiptono. Strategi Pemasaran Prinsip dan Penerapan. Yogyakarta: CV. Andi Offset, 2019.

Hadi Sutrisno. Statistik II. Yogyakarta: UGM Press, 1986.

Imam Machali, Ara Hidayat. Pengelolaan Pendidikan Konsep Prinsip Dan Aplikasi Dalam Mengelola Sekolah dan Madrasah, cet. Pertama. Yogyakarta: Penerbit Kaukaba, 2012.

Juni Donni Priansa. Komunikasi Pemasaran Terpadu pada Era Media Sosial. Bandung: Pustaka Setia, 2017.

Kevin Lane Keller, Philip Kotler. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Gelora

Aksara Pratama, 2008.

Kevin Lane Keller, Philip Kotler. Manajemen Pemasaran edisi Tiga Belas jilid

Satu. Jakarta: Erlangga, 2008.

Kevin L. Keller dan Philip Khotler. Marketing Management, diterjemahkan oleh

Benyamin Molan dengan judul Manajemen Pemasaran jilid Dua edisi Dua

Belas. Klaten: PT. Macanan Jaya Cemerlang, 2008.

Kemendikbud. Kamus Besar Bahasa Indonesia Online. Jakarta: Badan

Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, 2016.

Kotler Philip. Dasar-dasar Pemasaran, jilid Satu edisi Sembilan. Jakarta: PT.

Indeks Gramedia, 2003.

Kotler Philip. Manajemen Pemasaran Di Indonesia: Analisis Perencanaan,

Implementasi dan Pengendalian. Jakarta: Salemba Empat, 2002.

Kotler Philip, dkk. Manajemen Pemasaran Perspektif Asia. Yogyakarta: Andi

Pearson Education Asia Pte. Ltd, 2000.

Listyo Sugeng Prabowo. Manajemen Pengembangan Mutu Sekolah/Madrasah.

Malang: UIN Malang Press, 2008.

Marjo, YS. Kamus Bahasa Indonesia Kontemporer. Surabaya: Beringin Jaya Surabaya, 1997.

Mastuti dan Ririn. Manajemen Pemasaran Jasa Teori dan Kasus. Bogor: Percetakan Ghalia Indonesia, 2011.

Matthew B dan Miles Huberman. Qualitative Data Analisis: and Expanded

Sourcebook 2ad ed. London: SAGE Publication, Inc 2455 Teller Road, 1994.

Mimi Martini dan Hadari Nawawi. Penelitian Terapan. Yogyakarta: Gajah Mada University Press, 1994.

Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013.

Muhammad Alfis Chaniago, Buya H. Indeks Hadits dan Syarah II. Jakarta: CV. Alfonso Pratama, 2012.

Nasution, S. Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bajang: Tiasito, 1998.

Nasution, M. N. Manajemen Mutu Terpadu: Total Quality Management. Jakarta: Ghalia Indonesia, 2000.

Puji Rahayu Suci. Esensi Manajemen Strategi. Malang: Zifatama Publisher, 2015.

Novelia Utami, Onny Fitriana Sitorus. Strategi Promosi Pemasaran. Jakarta: FKIP UHAMKA, 2017.

Rachmawati Ike Kusdyah. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Andi Offset, 2008.

Ratih Hurriyati dan Buchari Alma. Manajemen Corporate dan Strategis

Pemasaran Jasa Pendidikan Fokus pada Mutu dan Layanan Prima. Bandung: Alfabeta, 2008.

Rehendra Maya dan Sarifudin. “Implementasi Manajemen Pemasaran Jasa

Pendidikan Dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Di Madrasah Aliyah Terpadu (MAT) Darul Fallah Bogor.” Jurnal Menejemen Pendidikan Islam, 2019.

Richard M.S, Colin Gilligan dan Wilson. Strategic Marketing Planning. London: Elseivier, 2009.

Rijali Ahmad. “Analisis Data Kualitatif” Journal Alhadharah. Banjarmasin: UIN Antasari, Vol. 17 No. 33, 2018.

Sallis Edward. Total Quality Managemen in Edocation: Manajemen Mutu Pendidikan. Jokjakarta: IRCiSoD, 2012.

Sugiono. Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta, 2015.

Supomo Bambang dan Nur Indriantoro. Metode Penelitian Bisnis untuk Akuntansi dan Manajemen. Yogyakarta: BPFE, 2000.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kaualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2011.

Sukmadinata Nana Syaodih. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2007.

Sonhaji Ahmad. Metode Penelitian Kualitatif dalam Pendidikan. Banjarmasin: PPS Universitas Lambung Mangkurat, 2003.

Sri Minarti. Manajemen Sekolah Mengelola Lembaga Pendidikan Secara Mandiri. Yogyakarta: Ar Ruzz Media, 2017.

Suti’ah, Muhaimin, dan Sugeng Listyo Prabowo. Manajemen Pendidikan:

Aplikasinya Dalam Penyusunan Rencana Pengembangan Sekolah / Madrasah. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2009.

Toffler Betsy-Aan, Jane Imber. Kamus Istilah Pemasaran. Jakarta: PT. Alex Media Komputindo, 2002.

Tjiptono Fandy. Strategi Pemasaran Prinsip dan Penerapan. Yogyakarta: CV. Andi Offset, 2019.

Tim Redaksi. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 2005.

Tim Dosen Administrasi Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia. Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2011.

Utus Hardiono Sudibyo dan Thorik Gunara. Marketing Muhammad: Strategi Andal dan Jitu Praktik Bisnis Nabi Muhammad SAW. Bandung: Madani Prima, 2007.

Wijaya David. “Pemasaran Jasa Pendidikan sebagai Upaya untuk Meningkatkan Daya Saing Sekolah”, Jurnal Pendidikan Penabur, No. 11/Tahun ke-7/Agustus 2020.

Wijaya David. Pemasaran Jasa Pendidikan. Jakarta: Elemba Empat, 2012.

Wijaya David. Pemasaran Jasa Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2016.

Wijaya David. Pemasaran Jasa Pendidikan Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Daya Saing Sekolah. Jurnal Pendidikan Penabur, No. 11/Tahun ke-7/Agustus 2020.

Walker, Body dan Larreche. Manajemen Pemasaran suatu Pendekatan Strategis dengan Orientasi Global, jilid Satu. Jakarta: Erlangga, 2000.




DOI: https://doi.org/10.36269/tlm.v6i2.2934

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Editor and Administration Address:

Jurnal Ta'lim is published by Universitas Muhammadiyah Lampung

Jl. ZA. Pagar Alam, Labuhan, Labuhan Ratu, Kec. Kedaton, Bandar Lampung, Indonesia, Postal Code 35132

 

 JDN Index:

  

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics

View My Stats