DAMPAK GADGET TERHADAP MINAT ANAK-ANAK DALAM BELAJAR AL-QURAN DI TPA NURUL QURU’AN DUSUN JATI WANGI (B) DESA JATI INDAH LAMPUNG SELATAN

Bayu Saputra, Mashdaria Huwaina, Arizal Eka Putra

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui permasalahan penggunaan gadget terhadap minat belajar membaca Al-Qur'an pada anak-anak di TPA Nurul Quran Dusun Jati Wangi (B) Desa Jati Indah Lampung Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Informan dalam penelitian ini adalah  orang tua anak  dan Ustadz atau Ustadzah di TPA Nurul Quran Dusun Jati Wangi (B) Desa Jati Indah Lampung Selatan. Lokasi penelitian ini di di TPA Nurul Quran Dusun Jati Wangi (B) Desa Jati Indah Lampung Selatan. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa intensitas penggunaan gadget berdampak terhadap minat belajar membaca Al-Qur'an pada anak-anak. Mereka sering menggunakan gadgetnya dalam waktu yang lama yaitu lebih dari 2 jam perhari. Penggunaan gadget pada anak dengan durasi lebih dari 2 jam perhari sering kali hanya digunakan untuk bermain game, youtube, tiktok, dan media pembelajaran. Ketika anak mengoperasikan gadget dalam durasi yang cukup lama, hal tersebut juga akan membuat anak kecanduan bermain gadget dan mengalami penurunan minat belajar. Selanjutnya permasalahan yang dialami oleh anak usia sekolah dasar yaitu kurangnya pengawasan dari orang tua dalam penggunaan gadget, kurangnya pengetahuan tentang penggunaan gadget yang baik bagi orang tua dan anak, faktor diri sendiri, faktor teman sebaya, dan faktor lingkungan. Sehingga penggunaan gadget mempengaruhi minat dan semangat dalam belajar membaca Al-Qur’an. Melihat kenyataan tersebut maka penggunaan gadget berpengaruh terhadap minat dan semangat dalam belajar membaca Al-Qur’an.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anwar, M. S., & Adama, H. (2023). Dampak Gadget Pada Anak Usia Dini Terhadap Penguasaan Baca Tulis Al-Qur’an. Nuansa, XVI(1).

Asis, M. (2019). Implementasi Media Massa (Gadget) Terhadap Perkembangan Karakter Remaja di Dusun Pebu Kabupaten Enrekang. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Chusna, P. A. (2017). Pengaruh Media Gadget Pada Perkembangan Karakter Anak. Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Sosial Keagamaan, vol 17(no 2).

Chusna, P. A. (2017). Pengaruh Media Gadget Pada Perkembangan Karakter Anak. Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Sosial Keagamaan, 17(2).

Firadhani, S. R., Septianty, A., Azzahra, N., Rozi Nasution, F., & Lestari, A. I. (2021). Analisis Pengaruh Gadget Terhadap Minat Anak-Anak Dalam Belajar Alquran Di Lingkungan 13, Kelurahan Rengas Pulau, Kecamatan Medan Marelan. Pkm-P, 5(2), https://doi.org/10.32832/pkm-p.v5i2.969

Hakim, S. (2024). Strategi Rasulullah SAW Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Keadilan, Kesetaraan, dan Anti-Diskriminasi dalam Sistem Pendidikan Islam di Madinah. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Amin, 1(2), 135-146.

Marpaung, J. (2018). Pengaruh Penggunaan Gadget Dalam Kehidupan. Kopasta: Jurnal Program Studi Bimbingan Konseling, 5(2), https://doi.org/10.33373/kop.v5i2.1521

Maulana, M. R., Sholihin, M., & Fajri, M. R. (2024). INTERNALISASI NILAI-NILAI AKHLAKUL KARIMAH PADA SANTRI DI PONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR KAMPUS 7 KALIANDA LAMPUNG SELATAN. Ta'lim, 6(2), 10-17.

Moleong, L. J. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.

Nugroho, A. S., & Sholihin, M. (2024). Peran Wali Kelas Sebagai Fasilitator Dan Mediator Dalam Pengentasan Bullying Di SDN 1 Karang Maritim Bandar Lampung. Ta'lim, 6(1).

Putri Hana Pebriana. (2017). Analisis Penggunaan Gadget terhadap Kemampuan Interaksi Sosial pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 2. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.26

Rini, M. K., & Huriah, T. (2020). Prevalensi dan Dampak Kecanduan Gadget Pada Remaja: Literature Review. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah, 5(1).

Rohmah, U. (2018). Gadget dan Perkembangan Anak Usia Dini. Al Hikmah Proceedings on Islamic Early Childhood Education, 1.

Rokhmah. (2024). Metode penelitian kualitatif. Widina Media Utama.

Samini. (2019). Hubungan Penggunaan Gadget Dengan Minat Baca Siswa di Perpustakaan SMA Negeri 5 Banda Aceh. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam Banda Aceh.

Soemanto W. (2017). Psikologi Pendidik. Rhineka Cipta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung:

Syahudin, D. (2019). Pengaruh Gadget Terhadap Pola Interaksi Sosial dan Komunikasi Siswa. GUNAHUMAS Jurnal Kehumasan.




DOI: https://doi.org/10.36269/tlm.v7i1.2909

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Editor and Administration Address:

Jurnal Ta'lim is published by Universitas Muhammadiyah Lampung

Jl. ZA. Pagar Alam, Labuhan, Labuhan Ratu, Kec. Kedaton, Bandar Lampung, Indonesia, Postal Code 35132

 

 JDN Index:

  

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics

View My Stats