INTERNALISASI NILAI-NILAI AKHLAKUL KARIMAH PADA SANTRI DI PONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR KAMPUS 7 KALIANDA LAMPUNG SELATAN
Sari
Internalisasi adalah proses penanaman nilai-nilai Islam ke dalam jiwa anak. Hal ini dicapai melalui perilaku, sikap, dan pemahaman terhadap ajaran yang mengajarkan anak untuk menjadi percaya diri, sadar diri, dan termotivasi. Peneliti mendeskripsikan bagaimana proses internalisasi nilai-nilai akhlakul karimah pada santri Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 7.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan penelitian menggunakan analisis data secara kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode yang digunakan dalam analisis data adalah reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Trianggulasi yang digunakan untuk menjelaskan keabsahan data dengan menggunakan sumber.
Dari hasil penelitian yang telah dilakukan di Pondok Modern Gontor Kampus 7 dapat diambil kesimpulan bahwa proses menginternalisasi nilai-nilai akhlakul karimah pada santri kelas dengan menerapkan berbagai cara yaitu keteladanan, pembiasaan, motivasi, pembinaan dan hukuman untuk meningkatkan pemahaman santri. Wali kelas harus menjadi contoh yang baik dalam semua hal; guru harus digugu, ditiru, dan menjadi acuan bagi muridnya. Oleh karena itu, wali kelas harus selalu menunjukkan sikap mereka dalam kehidupan sehari-hari, baik di dalam maupun di luar ruangan. Semua wali kelas harus berpartisipasi dalam menanamkan nilai-nilai akhlakul karimah agar santri tetap merasa diperhatikan dan lebih aktif dalam kegiatan pondok.
Kata Kunci: Internalisasi, Nilai, AkhlakTeks Lengkap:
PDFReferensi
Adlini, Miza Nina, Anisya Hanifa Dinda, Sarah Yulinda, Octavia Chotimah, and Sauda Julia Merliyana. “Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka.” Edumaspul: Jurnal Pendidikan 6, no. 1 (March 1, 2022): 974–80. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394.
Afni, W. Y., Nugroho, A. S., & Sholihin, M. (2022). PENGEMBANGAN PROGRAM TAHFIDZUL QUR’AN OLEH KEPALA SEKOLAH SD MUHAMMADIYAH 1 BANDAR LAMPUNG. Ta'lim, 4(2).
Ahmad Luviadi dan Arizal Eka. 2024. "Peran Guru Pendidikan Islam Dalam Membina Kebiasaan Saat Berjama'ah Siswa Di Smk Negri 1 Sleman. Dalam Ta'lim: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam Vol 6, No. 1 (2024).
Anggi Septia Nugroho dan Ayu Setiawati. 2022. "Strategi Ustadzah Asrama Dalam Membina Akhlak Santri Baru Di Asrama R.A Kartini Pondok Pesantren Diniyyah Putri Lampung", Dalam Ta'lim: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam Vol. 4, No. 1 (2022). h. 49-67.
Ansori, Raden Ahmad Muhajir. “Strategi Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Islam Pada Peserta Didik.” Jurnal Pusaka: Media Kajian Dan Pemikiran Islam 4, no. 2 (2016): 14–32. http://ejournal.alqolam.ac.id/index.php/jurnal_pusaka/article/view/84.
Basyar, M., & Nugroho, A. S. (2023). REAKTUALISASI PENDIDIKAN ISLAM DALAM MASYARAKAT MULTIKULTUR. Ta'lim, 5(1).
Fadhlurrahman, Fadhlurrahman. “Internalisasi Nilai Religius Pada Peserta Didik; Kajian Atas Pemikiran Al-Ghazali Dan Relevansinya Dalam Pendidikan Islam.” Journal of Research and Thought on Islamic Education (JRTIE) 3, no. 1 (April 30, 2020): 72–91. https://doi.org/10.24260/jrtie.v3i1.1580.
Faiz, Muhtar. “Penanaman Akhlakul Karimah Di Sekolah Berbasis Pondok Pesantren Kediri.” Skripsi Sarjana, 2019, 9–37.
Faruq, Asadulloh Al, and Pengertian Hukuman. “Tinjauan Umum Tentang Hukuman Dalam Islam,” 2019, 16–52.
Hafni Sahir, Syafrida. Metodologi Penelitian. Edited by M.Si Dr. Ir. Try Koryati. PENERBIT KBM INDONESIA, 2022. www.penerbitbukumurah.com.
Hakim, Dede Abdul. “Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Melalui Metode Pembiasaan Siswa Madrasah Ibtidaiyah.” COMSERVA Indonesian Jurnal of Community Services and Development 1, no. 12 (April 23, 2022): 1231–51. https://doi.org/10.36418/comserva.v1i12.197.
Hanum Azizah. “Analisis Pemikiran Ibnu Sina Dan Ibnu Khaldun Terhadap Konsep Pendidikan Islam.” Universitas Islam Negeri Sumatra Utara Medan, 2020.
Ismail, Dr. Mardan Umar dan Dr. Feiby. Buku Ajar PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Konsep Dasar Bagi Mahasiswa Perguruan Tinggi Umum). Jl. Gerilya No. 292 Purwokerto Selatan, Kab. Banyumas Jawa Tengah: Penerbit CV. Pena Persada Redaksi, 2020.
Jonathan Sarwono, Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif, 2006.
Khalid, Muhammad, and Fajar Utama Ritonga. “Penerapan Prinsip Ukhuwah Islamiyah: Serikat Tolong Menolong Al-Amin Dusun X Desa Bandar Setia.” Jurnal Penelitian Inovatif 2, no. 3 (2022): 433–40. https://doi.org/10.54082/jupin.97.
Lastari, D. (2022). MOTIVASI EKSTRINSIK PESERTA DIDIK DALAM MELAKSANAKAN IBADAH SHALAT DI SMK AL-FAJAR KASUI. Ta'lim, 4(2).
Loviana, S., Nugroho, A. S., & Basyar, M. (2023). Implementasi Pembelajaran Tajwid Menggunakan Buku Panduan Bahan Ajar (PBA) Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-qur’an di Rumah Qur’an Bunda Aisyah 17 lampung. Widya Balina, 8(2), 839-853.
M. Sholihin dan Nurkhotijah. 2019. "Faktor Penyebab Rendahnya Pendidikan Akhlak Pada Remaja Di Desa Kali Sari Kecamatan Natar Lampung Selatan", Dalam Ta'lim: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam Vol 1, No. 1 (2019). h. 1-15.
M. Sholihin, Ahmad Luviadi, dan Adelita Pratiwi. 2022. "Metode Penanaman Aqidah Kepada Anak Usia Sekolah Dasar", Dalam Ta'lim: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam Vol 4, No. 1 (2022). h. 70-80.
M. Sholihin, M.Pd.I, Rudi Haryono, S.S M. Pd, et. al. 2021.Perkembangan Peserta Didik, Bandung: Media Sains Indonesia.
Marjuni, A. “Print) Al Asma: Journal of Islamic Education ISSN.” Vol. 2. Online, 2020.
Mulia, Pembinaan Akhlak, Sesama Manusia, and Perspektif Islam. “Pembinaan Akhlak Mulia Dalam Berhubungan Antar Sesama Manusia Dalam Perspektif Islam (Marzuki) 25,” n.d., 25–38.
Munif, Muhammad. “Strategi Internalisasi Nilai-Nilai Pai Dalam Membentuk Karakter Siswa.” Edureligia; Jurnal Pendidikan Agama Islam 1, no. 2 (2017): 1–12. https://doi.org/10.33650/edureligia.v1i2.49.
Nesia, A. P., Nugroho, A. S., & Khoironi, K. (2023). IMPLEMENTASI METODE TALAQI DALAM PEMBELAJARAN TAJWID KITAB TUHFATUL ATHFAL DI RUMAH PERADABAN QURANI RAJABASA BANDAR LAMPUNG. Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 224-237.
Nugroho, A. S., & Albab, U. (2024). The Impact of Economics Education on The Frugal Lifestyle Attitude of 12th-Grade Students. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(1), 141-146.
Nugroho, A. S., & Citra, N. M. (2024). Penanaman Nilai–Nilai Pendidikan Karakter Pada Siswa Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Muhammadiyah Way Sulan Kabupaten Lampung Selatan. Ta'lim, 6(1).
Nugroho, A. S., & Sholihin, M. (2024). PERAN WALI KELAS SEBAGAI FASILITATOR DAN MEDIATOR DALAM PENGENTASAN BULLYING DI SDN 1 KARANG MARITIM BANDAR LAMPUNG. Ta'lim, 6(1).
Nugroho, A. S., Bayar, M., & Huwaina, M. (2022). Implikasi Pemasaran Jasa Pendidikan Dalam Pengembangan Karakter Siswa Sekolah Dasar. MindSet: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 22-33.
Saputri, R. O., Huwaina, M., & Nugroho, A. S. (2023). PEMBENTUKAN KARAKTER KEJUJURAN KELAS V SDN 52 GEDONG TATAAN OLEH GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Ta'lim, 5(2), 49-59.
Shobri, Muwafiqus, Stai Hasan, and Jufri Bawean. “STRATEGI DAN DAMPAK INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ISLAMI SISWA.” CENDEKIA: Jurnal Studi Keislaman 7, no. 2 (2021): 288.
Sufiani, Sufiani, Aris Try Andreas Putra, and Raehang Raehang. “Internalisasi Nilai Pendidikan Agama Islam Dalam Pembelajaran Di Raudhatul Athfal.” Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 3, no. 2 (November 29, 2022): 62. https://doi.org/10.37985/murhum.v3i2.129.
Susandi, Ari. “PENDIDIKAN LIFE SKILLS DALAM PENANAMAN NILAI-NILAI AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR.” Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman 6, no. 2 (September 7, 2020): 95–111. https://doi.org/10.35309/alinsyiroh.v6i2.3867.
Tiara Novita Sari, Muhammad Luthfi, Ali As’ad. “Implementasi Akhlak Kepada Allah Dalam Kehidupan Sehari-Hari Bagi Mahasiswa.” Penais: Jurnal Studi Dan Pendidikan Agama Islam 02, no. 02 (2023): 189–200.
Umam, Muh. Khairul, Nurdin Nurdin, and Adawiyah Pettalongi. “Implementasi Pengembangan Nilai Karakter Akhlakul Karimah Santri Pondok Pesantren Modern Alkhairaat Siniu Dalam Menghadapi Perkembangan Era Society 5.0.” Kiiies 5.0 1 (2022): 121–26. https://jurnal.uindatokarama.ac.id/index.php/kiiies50/article/view/1048%0Ahttps://jurnal.uindatokarama.ac.id/index.php/kiiies50/article/download/1048/610.
Walid, Muhammad, Indah Aminatuz Zuhriah, Moch Shohibul Husni, and Aminatuz Zuhriah. “INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK AKHLAKUL KARIMAH SANTRI PONDOK PESANTREN AL HIKMAH TUBAN.” Jurnal Pendidikan Agama Islam 6, no. 1 (n.d.): 2023.
DOI: https://doi.org/10.36269/tlm.v6i2.2811
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Editor and Administration Address:
Jurnal Ta'lim is published by Universitas Muhammadiyah Lampung
Jl. ZA. Pagar Alam, Labuhan, Labuhan Ratu, Kec. Kedaton, Bandar Lampung, Indonesia, Postal Code 35132
JDN Index:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.