PEMBINAAN AKHLAK SISWA DI SDN 52 KRUI KECAMATAN PESISIR SELATAN KABUPATEN PESISIR BARAT LAMPUNG

Rabilita Mahardika, arizal eka putra, Mashdaria Huwaina

Sari


Guru adalah sosok yang diharapkan mampu untuk membina perilaku siswa dalam pengembangan potensi-potensi diri agar siswa mengetahui potensi dirinya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya yang dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam untuk membina akhlak siswa di SDN 52 Krui.

Metode yang di gunakan dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yaitu dengan menggumpulkan data dengancara Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Subyek dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru Pendidikan Agama Islam, Guru, dan Siswa.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Upaya Guru Pendidikan Agama Islam untuk pembinaan Akhlak siswa di SDN 52 Krui sejalan dengan pendapat bahwa pembiasaan dimulai sejak dini, maka seluruh siswa akan terbiasa melakukan sesuatu yang lebih baik sampai nanti. Dalam mengajarkan dan menerapkan kebiasaan kepada siswa memerlukan waktu yang cukup lama agar siswa terbiasa melakukan kebiasaan tersebut serta membutuhkan kesabaran dalam menerapkan kebiasaan tersebut. Akan tetapi apabila kebiasaan tersebut sudah melekat maka akan sulit untuk di tinggalkan.

Kebiasaan yang di terapkan oleh guru PAI di SDN 52 Krui yaitu: pembiasaan mengucapkan salam, pembiasaan berdo’a sebelum dan setelah pembelajaran, pembiasaan meminta maaf dan memaafkan, pemberian hukuman, pembiasaan menghormati guru dan orang yang lebih tua.

 

Kata Kunci : Guru, Pembinaan, Akhlak

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DedeniMakbuloh, 2013. PendidikaniAgamaiIslam ( Jakarta: Rajawali Pres)

DirektoratiJendraliPendidikaniIslam.2006.UndangUndanidaniPeraturaniPemerintahiRI TentangiPendidikan. DepartemeniAgamaiRI, Jakarta

HasnaiHasan,N.NursyirwanidaniS.Sulaeman.2021. PerananiGuruiPendidikaniAgama IslamidalamiPengembanganiKepribadianiPesertaiDidikidiiSmpiAl-IslamiBenteng TellueiKec. Amali KabupateniBone. AL-QAYYIMAH: JurnaliPendidikaniIslam

Kirana. 2020. PerananiApresiasiiGuruiTerhadapiAntusiasiBelajariSiswaiKelasiXI MadrasahiAliyahiHasaniMuchyi. Salimiya: JurnaliStudiiIlmuiKeagamaaniIslam

LexyiJiMoleong.2002. MetodologiiPenelitianiKualitatif. PT.RemajaiRosdakarya, Bandung.

Mahmud.2013.PendidikaniAgamaiIslamidalamiKeluarga,(Jakarta:AkademiaiPermata)

Mandini,K.RosadiidaniH.Hindun.2021. UpayaiGuruiPendidikaniAgamaiIslamiDalamMembinaiAkhlakiSiswaiKelasiXiIpaiDiiSmaiNi9iKotaiJambiiDoctoralidissertatioi, iUINSulthaniThaha SaifuddiniJambi.

MuhammadiMasjkur.2018.PeraniGuruiPendidikaniAgamaiIslamidalamiMembanguniSelf ControliRemajaidiiSekolah. At-Tuhfah: JurnaliKeislaman

Nasution.2006.BerbagaiiPendekataniDalamiProsesiBelajariMengajar.BumiiAksara, Jakarta.

Setiawati, A., & Nugroho, A. S. (2022). STRATEGI USTADZAH ASRAMA DALAM MEMBINA AKHLAK SANTRI BARU DI ASRAMA RA KARTINI PONDOK PESANTREN DINIYYAH PUTRI LAMPUNG. Ta'lim, 4(1), 50-67.

SuharsimiiArikunto.2002. ProseduriPenelitian, SuatuiPendekataniPraktek. PT.Rineka Cipta, Jakarta

Syahi1997. PsikologiiPendidikaniDenganiPendekataniBaru. RemajaiRosdakarya, Bandung.

Winata.2021.ImplementasiiKompetensiiGuruiPaiiYangiEfektifiUntukiMeningkatkan KemampuaniPeserta DidikiTerhadapiBacaiTulisiAlquraiJournal of EducationiandiTeaching

ZakiyahiDarajat.2018.MetodikiKhususiPengajaraniAgamaiIslam,Jakarta: BumiiAksara

Latifah, N., & Sholihin, M. (2021). Tahsin Al-Qur’an dengan Metode Bani Lathif di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA). Ta'lim, 3(01), 58-67.

Afni, W. Y., Nugroho, A. S., & Sholihin, M. (2022). PENGEMBANGAN PROGRAM TAHFIDZUL QUR’AN OLEH KEPALA SEKOLAH SD MUHAMMADIYAH 1 BANDAR LAMPUNG. Ta'lim, 4(2).

Nugroho, A. S., Bayar, M., & Huwaina, M. (2022). Implikasi Pemasaran Jasa Pendidikan Dalam Pengembangan Karakter Siswa Sekolah Dasar. MindSet: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 22-33.

Ihsan, A., & Nugroho, A. S. (2020). IMPLEMENTASI KARAKTER RELIGIUS, DISIPLIN DAN JUJUR PADA TINGKAT SMA MUHAMMADIYAH DI BANDAR LAMPUNG. Ta'lim, 2(1), 19-31.

Nugroho, A. S., Iskandar, E., Agung, M., & Iqbal, I. (2019). KOLABORASI ORANG TUA DAN GURU PAI DALAM MEMBENTUK AKHLAK PESERTA DIDIK. Ta'lim, 1(1).

Setiawati, A., & Nugroho, A. S. (2022). STRATEGI USTADZAH ASRAMA DALAM MEMBINA AKHLAK SANTRI BARU DI ASRAMA RA KARTINI PONDOK PESANTREN DINIYYAH PUTRI LAMPUNG. Ta'lim, 4(1), 50-67.

Putri, I. C., & Machsun, M. (2020). FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB PESERTA DIDIK TIDAK MENGGUNAKAN BUSANA SYAR’I DI KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 1 BANDAR LAMPUNG. Ta'lim, 2(2), 13-27.

RAMADHANI, S. A. (2020). IMPLEMENTASI TEKNIS PENILAIAN SIKAP PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK. Ta'lim, 2(2), 28-35.

Ramdhani, K., Hermawan, I., & Muzaki, I. A. (2020). Pendidikan Keluarga Sebagai Fondasi Pertama Pendidikan Karakter Anak Perspektif Islam. Ta'lim, 2(2), 36-49.

Habibi, M. I., Aziz, M. I., Al-Aziz, M. S., & Handrian, D. W. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Ta'lim, 2(2), 50-58.

Chandra, P., & Lana, O. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Minat Masyarakat Melaksanakan Shalat Berjamaah (Studi Kasus Pada Jamaah Masjid Al-Mannar, Bengkulu Selatan). JIAI Jurnal Ilmu Agama Islam, 2, 59-74.

Hayati, R. M. (2021). ANALISIS KEBUTUHAN MAHASISWA BIMBINGAN KONSELING PENDIDIKAN ISLAM (BKPI) TERHADAP MATERI PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI IAIMNU METRO LAMPUNG. Ta'lim, 3(01), 1-15.

Faj, A. (2021). Penerapan metode pembelajaran suri tauladan di Era Pandemi. Ta'lim, 3(01), 39-57.

Latifah, N., & Sholihin, M. (2021). Tahsin Al-Qur’an dengan Metode Bani Lathif di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA). Ta'lim, 3(01), 58-67.

Malviana, M. (2021). Pendidikan Karakter Islam Di Yayasan Panti Asuhan Kota Bandar Lampung. Ta'lim, 3(01), 68-77.

Khoironi, K. (2021). Tradisi Nukhun Ajang Dalam Acara Pernikahan Masyarakat Putihdoh di Lihat Dari Perspektif Qs Al-Maidah Ayat 2. Ta'lim, 3(2), 1-10.

Rohani, R., Kurnuawati, E., & Nurbaiti, S. (2021). MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) PADA SISTEM PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN (DARING) DI MASA PANDEMI COVID-19. Ta'lim, 3(2), 11-20.

Pertiwi, K. E. (2021). Efektifitas Pendekatan Differentiated Instruction dalam Proses Pembelajaran. Ta’lim, 3(2), 21-34.

Faj, A. (2021). KONSEP EVALUASI PENDIDIKAN ISLAM DALAM ALQUR’AN. Ta'lim, 3(2), 35-46.

Nawawi, M. L. (2021). Strategi Kepala Madrasah Dalam Membangun Budaya Kompetitif Di Madrasah Aliyah Negeri (Man) Batu. Ta'lim, 3(2), 47-57.

Mardiana, M., & Putra, A. E. (2021). MODEL EVALUASI ISIPP (IMPLEMENTASI ISI, PROSES, DAN PENILAIAN) UNTUK MADRASAH ALIYAH. Ta'lim, 3(2), 58-82.

Pratiwi, A. (2022). Metode Penanaman Aqidah kepada Anak Usia Sekolah Dasar. Ta'lim, 4(1), 68-80.

Putra, A. E. (2022). PENDIDIKAN ISLAM ORDE REFORMASI (PENDEKATAN POLITIK DAN KEBIJAKAN PENDIDIKAN). Ta'lim, 4(1), 23-33.

Adnan, A. Z. JIHAD ISIS DALAM PERSPEKTIF TAFSIR AL-AZHAR.

Ismunandar, A., & Tengah, S. D. S. L. (2022). Integrasi interkoneksi pofesionalisme pendidik dan implementasi pendidikan karakter. Ta’lim: Jurnal Agama Islam, 3(2), 34-49.

Indra, I. (2022). MEDIA WHATSAPP DALAM PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAQ ERA PANDEMI COVID–19. Ta'lim, 4(1), 81-88.

Silvia, A. V. W., Khoironi, K., & Mardiana, M. (2022). PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR AL-QUR’AN HADITS MI MUHAMMADIYAH SIDOBASUKI TEGINENENG PESAWARAN. Ta'lim, 4(2).

Ibnuansyah, R., Baihaqi, Y., & Shomad, B. A. (2022). Solusi Efektif Pencegahan Hawa Nafsu Pada Kisah Nabi Yusuf dalam Al-Qur'an. Ta'lim, 4(2).

Kurnia, A. (2022). Pengelolaan Manajemen Keuangan pada Lembaga Pendidikan SD Negeri 5 Jaten di Karanganyar Jawa Tengah. Ta'lim, 4(2).

Lastari, D. (2022). MOTIVASI EKSTRINSIK PESERTA DIDIK DALAM MELAKSANAKAN IBADAH SHALAT DI SMK AL-FAJAR KASUI. Ta'lim, 4(2).




DOI: https://doi.org/10.36269/tlm.v5i1.1424

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Editor and Administration Address:

Jurnal Ta'lim is published by Universitas Muhammadiyah Lampung

Jl. ZA. Pagar Alam, Labuhan, Labuhan Ratu, Kec. Kedaton, Bandar Lampung, Indonesia, Postal Code 35132

 

 JDN Index:

  

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics

View My Stats