MEMILIH CALON SUAMI/ISTRI SEBAGAI PONDASI DASAR DALAM PENDIDIKAN ISLAM
Sari
Keluarga merupakan salah satu pilar utama dalam pendidikan Islam. Tahapan pendidikan anak dalam konsep Islam harus bermula dari cara memilih calon pasangan hidup (suami/istri). Kriteria yang di anjurkan memilih pasangan hidup dalam islam adalah harus mengutamakan agamanya. Pernikahan yang didasari dengan pondasi dasar nilai-nilai agama Islam akan dapat membangun keluarga yang kokoh, sakinah, mawadah, warohmah. Keluarga yang sakinah merupakan keluarga yang di dalamnya selalu di warnai dengan nilai-nilai pendidikan. Relevansi pernihakan dengan pendidikan adalah melalui pernikahan akan melahirkan keluarga yang berbasis pendidikan islam, dapat mewariskan nilai-nilai akhlakul karimah, seta dapat mengindarkan keluarga dari siksa neraka. Orangtua yang soleh dan solehah akan dapat memberikan pendidikan yanag terbaik terhadap putra putrinya sehingga mampu melahirkan anak-anak yang soleh dan solehah.
Key word: Pernikahan, Keluarga, Pendidikan Islam
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Abdullah Nasih Ulwan, Tarbiyatul Aulad Fil Islam, Insal kamil, (Solo, 2012)
Abu ‘Abdillah Muhammad bin Yazid al-Qazwaini, Sunan Ibnu Majah, juz 1 (Kairo: Dar Ihya’ al-Kutub al-‘Arabiyyah, tt.)
Hamka, Tafsir al-Azhar, Juz 2,
Helmawati, Pendidikan Keluarga Teoritis dan Praktis, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2014)
Ibrahim Hosen, Fiqih Perbandingan Masalah Pernikahan, tt
Kemenag RI, Al-Quran dan Isu-Isu Kontemputer I (Tafsir Tematik), Jakarta: Lajnah Pentashihan Mushaf al-Qur’an, 2012
M. Quraish Shihab, Pengantin al-Qur’an: Kalung Permata Buat Anak-anakku, (Jakarta: Lentera Hati, 2014)
M. Quraish Shihab, Tafsir al-Misbah: Pesan, Kesan dan keserasian al-Qur’an, Jilid 1, (Jakarta: Lentera Hati, 2002)
Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Himpunan Putusan Tarjih Muhammadiyah jilid 3, (Suara Muhammadiyah, Yogyakarta: 2018)
Moch. Nurcholis, Pranata Perkawinan dalam Agama Islam dan Kristen: Sebuah Studi Komparatif Integratif, Tafaqquh Volume 4, no 2 (Desember 2016)
Nugroho, Anggi Septia, et al. KOLABORASI ORANG TUA DAN GURU PAI DALAM MEMBENTUK AKHLAK PESERTA DIDIK. Ta'lim, 2019.
Oxford University Press, Oxford Learner’s Pocket Dictionary, (New York: Oxford University Press, 2009)
Rahma Khairani, Dona Eka Putri, Kematangan Emosi Pada Pria Dan Wanita Yang Menikah Muda, Jurnal Psikologi volume 1, No. 2, Juni 2008
Sidi Nazar Bakri, Kunci Keutuhan Rumah Tangga (Keluarga Yang Sakinah), (Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya, 1993)
Syaiful Bahri Djamarah, Pola Asuh Orang Tua dan Komunikasi dalam Keluarga, (Jakarta: PT Renika Cipta, 2014)
Zakiah Daradjat, Peranan Agama dalam Kesehataan Mental, (Jakarta: Gunung Agung, 1973)
Zakiah Darajat, Ilmu Pendidikan Islam, (Bumi Aksara: Jakarta, 2011)
Latifah, N., & Sholihin, M. (2021). Tahsin Al-Qur’an dengan Metode Bani Lathif di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA). Ta'lim, 3(01), 58-67.
Afni, W. Y., Nugroho, A. S., & Sholihin, M. (2022). PENGEMBANGAN PROGRAM TAHFIDZUL QUR’AN OLEH KEPALA SEKOLAH SD MUHAMMADIYAH 1 BANDAR LAMPUNG. Ta'lim, 4(2).
Nugroho, A. S., Bayar, M., & Huwaina, M. (2022). Implikasi Pemasaran Jasa Pendidikan Dalam Pengembangan Karakter Siswa Sekolah Dasar. MindSet: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 22-33.
Ihsan, A., & Nugroho, A. S. (2020). IMPLEMENTASI KARAKTER RELIGIUS, DISIPLIN DAN JUJUR PADA TINGKAT SMA MUHAMMADIYAH DI BANDAR LAMPUNG. Ta'lim, 2(1), 19-31.
Nugroho, A. S., Iskandar, E., Agung, M., & Iqbal, I. (2019). KOLABORASI ORANG TUA DAN GURU PAI DALAM MEMBENTUK AKHLAK PESERTA DIDIK. Ta'lim, 1(1).
Setiawati, A., & Nugroho, A. S. (2022). STRATEGI USTADZAH ASRAMA DALAM MEMBINA AKHLAK SANTRI BARU DI ASRAMA RA KARTINI PONDOK PESANTREN DINIYYAH PUTRI LAMPUNG. Ta'lim, 4(1), 50-67.
Ibnuansyah, R., Baihaqi, Y., & Shomad, B. A. (2022). Solusi Efektif Pencegahan Hawa Nafsu Pada Kisah Nabi Yusuf dalam Al-Qur'an. Ta'lim, 4(2).
Kurnia, A. (2022). Pengelolaan Manajemen Keuangan pada Lembaga Pendidikan SD Negeri 5 Jaten di Karanganyar Jawa Tengah. Ta'lim, 4(2).
Lastari, D. (2022). MOTIVASI EKSTRINSIK PESERTA DIDIK DALAM MELAKSANAKAN IBADAH SHALAT DI SMK AL-FAJAR KASUI. Ta'lim, 4(2).
Silvia, A. V. W., Khoironi, K., & Mardiana, M. (2022). PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR AL-QUR’AN HADITS MI MUHAMMADIYAH SIDOBASUKI TEGINENENG PESAWARAN. Ta'lim, 4(2).
Indra, I. (2022). MEDIA WHATSAPP DALAM PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAQ ERA PANDEMI COVID–19. Ta'lim, 4(1), 81-88.
Pratiwi, A. (2022). Metode Penanaman Aqidah kepada Anak Usia Sekolah Dasar. Ta'lim, 4(1), 68-80.
Putra, A. E. (2022). PENDIDIKAN ISLAM ORDE REFORMASI (PENDEKATAN POLITIK DAN KEBIJAKAN PENDIDIKAN). Ta'lim, 4(1), 23-33.
Adnan, A. Z. JIHAD ISIS DALAM PERSPEKTIF TAFSIR AL-AZHAR.
Ismunandar, A., & Tengah, S. D. S. L. (2022). Integrasi interkoneksi pofesionalisme pendidik dan implementasi pendidikan karakter. Ta’lim: Jurnal Agama Islam, 3(2), 34-49.
Khoironi, K. (2021). Tradisi Nukhun Ajang Dalam Acara Pernikahan Masyarakat Putihdoh di Lihat Dari Perspektif Qs Al-Maidah Ayat 2. Ta'lim, 3(2), 1-10.
Rohani, R., Kurnuawati, E., & Nurbaiti, S. (2021). MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) PADA SISTEM PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN (DARING) DI MASA PANDEMI COVID-19. Ta'lim, 3(2), 11-20.
Pertiwi, K. E. (2021). Efektifitas Pendekatan Differentiated Instruction dalam Proses Pembelajaran. Ta’lim, 3(2), 21-34.
Faj, A. (2021). KONSEP EVALUASI PENDIDIKAN ISLAM DALAM ALQUR’AN. Ta'lim, 3(2), 35-46.
Nawawi, M. L. (2021). Strategi Kepala Madrasah Dalam Membangun Budaya Kompetitif Di Madrasah Aliyah Negeri (Man) Batu. Ta'lim, 3(2), 47-57.
Mardiana, M., & Putra, A. E. (2021). MODEL EVALUASI ISIPP (IMPLEMENTASI ISI, PROSES, DAN PENILAIAN) UNTUK MADRASAH ALIYAH. Ta'lim, 3(2), 58-82.
Hayati, R. M. (2021). ANALISIS KEBUTUHAN MAHASISWA BIMBINGAN KONSELING PENDIDIKAN ISLAM (BKPI) TERHADAP MATERI PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI IAIMNU METRO LAMPUNG. Ta'lim, 3(01), 1-15.
Faj, A. (2021). Penerapan metode pembelajaran suri tauladan di Era Pandemi. Ta'lim, 3(01), 39-57.
Latifah, N., & Sholihin, M. (2021). Tahsin Al-Qur’an dengan Metode Bani Lathif di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA). Ta'lim, 3(01), 58-67.
Malviana, M. (2021). Pendidikan Karakter Islam Di Yayasan Panti Asuhan Kota Bandar Lampung. Ta'lim, 3(01), 68-77.
Putri, I. C., & Machsun, M. (2020). FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB PESERTA DIDIK TIDAK MENGGUNAKAN BUSANA SYAR’I DI KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 1 BANDAR LAMPUNG. Ta'lim, 2(2), 13-27.
RAMADHANI, S. A. (2020). IMPLEMENTASI TEKNIS PENILAIAN SIKAP PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK. Ta'lim, 2(2), 28-35.
Ramdhani, K., Hermawan, I., & Muzaki, I. A. (2020). Pendidikan Keluarga Sebagai Fondasi Pertama Pendidikan Karakter Anak Perspektif Islam. Ta'lim, 2(2), 36-49.
Habibi, M. I., Aziz, M. I., Al-Aziz, M. S., & Handrian, D. W. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Ta'lim, 2(2), 50-58.
Chandra, P., & Lana, O. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Minat Masyarakat Melaksanakan Shalat Berjamaah (Studi Kasus Pada Jamaah Masjid Al-Mannar, Bengkulu Selatan). JIAI Jurnal Ilmu Agama Islam, 2, 59-74.
DOI: https://doi.org/10.36269/tlm.v5i1.1421
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Editor and Administration Address:
Jurnal Ta'lim is published by Universitas Muhammadiyah Lampung
Jl. ZA. Pagar Alam, Labuhan, Labuhan Ratu, Kec. Kedaton, Bandar Lampung, Indonesia, Postal Code 35132
JDN Index:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.