Hakikat Evaluasi Pendidikan Makna Kata Fatana Dalam Al-Qur’an Perspektif Tafsir Tarbawi
Sari
Kedudukan Evaluasi pendidikan sangat strategis dikatakan demikian karena dalam Al-Qur’an banyak memuat ayat-ayat yang berhubungan dengan evaluasi pendidikan. Adapun istilah evaluasi dalam Al-Qur’an antara lain, Al-Hisab, Al-hafiddh, Tazkirah, Al-Fitnah, Bala’, Al-Inba’ Al-Wazn, danAt-Takdir. Namun dalam penelitian ini penulis akan membahas Al-Fitnah, (aftana) artinya diserang, memalingkan, menguji. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Library Research Adapun Fungsi evaluasi yaitu; mengetahui tercapai tidaknya tujuan instruksional secara komprehensif, sebagai umpan balik, mengukur keberhasilan proses belajar mengajar Sedangkan evaluasi Allah SWT hakikatnya juga bersifat mendidik hamba-Nya agar sadar terhadap fungsinya sebagai hamba-Nya, menghambakan diri hanya kepada-Nya.. Adapun hasil penelitian bahwa kata “Aftana sebanyak 81 ayat dalam 34 Surah di dalam Al-Qur’an. Setelah mengkaji dari Al-Qur’an dan beberapa tafsir, Kemenag, Al-Misbah,Ibnu kasir Berkaitan dengan pemaparan penulis terdapat banyak surah, ayat yang menjelaskankan hakikat evaluasi diantaranya Q.S Al-Ankabut Ayat 2-3. Ujian yang Allah timpakan bagi orang beriman adalah sarana pendidikan Allah bagi mereka. dalam pandangan manusia ujian adalah sarana untuk memberikan balasan yang setimpal, seandainya tidak teruji seorang hamba dengan benar maka akan muncul ketidak adilan dalam hal pembalasan. Ujian yang Allah berikan memiliki beberapa tujaun diantaranya: 1. Menghapuskan kesalahan, 2.Mengangkat derajat 3. Sarana pendidikan, 4. Membersihkan barisan orang-orang beriman 5. Menjadikan sebagai sebuah keteladanan.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Abu Ja’far ath Thobari, 1420 H, Jami’ul Bayan fi Ta’wil al Qur’an, Beirut : Muassasatu ar Risalah,Vol 7)
Al Mawardy, tt, an Nukat wal Uyun, Beirut : Daar al Kutub al ‘Ilmiyyah,Vol.4
Abu Halal al ‘Askariy, tt, Al Furuq al Lughawiyah, (Mesir : Daar al ‘Ilm wa ats Tsaqafah)
Baqi, Muhammad Fuad, 2007. Al-Mu’jam, Al-Mufahras Li Alfazh Al-Qur’an, (Jakarta: Beirut : Dar Al-Fikr)
Bukhari, 1422H, Shahih al Bukhari, Beirut: Daar Thuwaiq an Najah, vol 4, hlm 175 hadits no 3474.
Hidayat, Syarifudin; dan Sedarmayanti. 2002. Metodologi Penelitian. (Bandung : Mandar Maju)
https://tafsirweb.com/7623-surat-al-ahzab-ayat-11.htm di akses pada tanggal 23-11-2022-21:52 WIB
https://risalahmuslim.id/quran/al-ankabut/29-3/ diakses tanggal 21/11/2022 jam 19.40 WIB
Imam Bukhari, 2013. Ensiklopedia Hadits I; Shahih Bukhari I, Terj. Masyhar, MA Muhammad Rusyadi, (Cet II, Jakarta: Almahira)
Ibnu Faris, 1406 H, Mujmal al Lughah li Ibni Faris,(Beirut: Muassasatu ar Risalah).
Kementrian Agama RI, 2009. Al-Quran dan Tafsirnya,(Jakarta: Lembaga percetakan al-Quran Departemen Agama RI)
Karim Abdullah ,1962. Tafsir al-Azhar
Mestika Zed, 2003. Metode Penelitian Kepustakaan, (Jakarta: Yayasan Obor Indonesia)
Munir, 2017. Konsep Penddikan Islam Perspektif Lugawi tarbawi, (Palembang: Rafa Press)
Muzayyin Arifin, 2009. Filsafat Pendidikan Islam (Jakarta: PT Bumi Aksara)
Namhttps://alquranmulia.wordpress.com/2013/01/20/asbabun-nuzul-surah-al-ankabuut/. Diakses pada tanggal 23-11-2022. 22:00 WIB
Sugiyono, 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan RnD, (Bandung : Alfabeta)
Tim Pustaka Ibnu Katsir, 2008. Shahih Tafsir Ibnu Katsir, Jilid 7, (Bogor: Pustaka Ibnu Katsir)
Wahbah bin Musthofa az Zuhailiy, 1418 H, at Tafsir al Munir fil Aqidati wasy Syari’ati wal Manhaj, (Damaskus: Daar al Fikr al Muashir, Vol 20)
Latifah, N., & Sholihin, M. (2021). Tahsin Al-Qur’an dengan Metode Bani Lathif di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA). Ta'lim, 3(01), 58-67.
Afni, W. Y., Nugroho, A. S., & Sholihin, M. (2022). PENGEMBANGAN PROGRAM TAHFIDZUL QUR’AN OLEH KEPALA SEKOLAH SD MUHAMMADIYAH 1 BANDAR LAMPUNG. Ta'lim, 4(2).
Nugroho, A. S., Bayar, M., & Huwaina, M. (2022). Implikasi Pemasaran Jasa Pendidikan Dalam Pengembangan Karakter Siswa Sekolah Dasar. MindSet: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 22-33.
Ihsan, A., & Nugroho, A. S. (2020). IMPLEMENTASI KARAKTER RELIGIUS, DISIPLIN DAN JUJUR PADA TINGKAT SMA MUHAMMADIYAH DI BANDAR LAMPUNG. Ta'lim, 2(1), 19-31.
Nugroho, A. S., Iskandar, E., Agung, M., & Iqbal, I. (2019). KOLABORASI ORANG TUA DAN GURU PAI DALAM MEMBENTUK AKHLAK PESERTA DIDIK. Ta'lim, 1(1).
Setiawati, A., & Nugroho, A. S. (2022). STRATEGI USTADZAH ASRAMA DALAM MEMBINA AKHLAK SANTRI BARU DI ASRAMA RA KARTINI PONDOK PESANTREN DINIYYAH PUTRI LAMPUNG. Ta'lim, 4(1), 50-67.
Ibnuansyah, R., Baihaqi, Y., & Shomad, B. A. (2022). Solusi Efektif Pencegahan Hawa Nafsu Pada Kisah Nabi Yusuf dalam Al-Qur'an. Ta'lim, 4(2).
Kurnia, A. (2022). Pengelolaan Manajemen Keuangan pada Lembaga Pendidikan SD Negeri 5 Jaten di Karanganyar Jawa Tengah. Ta'lim, 4(2).
Lastari, D. (2022). MOTIVASI EKSTRINSIK PESERTA DIDIK DALAM MELAKSANAKAN IBADAH SHALAT DI SMK AL-FAJAR KASUI. Ta'lim, 4(2).
Silvia, A. V. W., Khoironi, K., & Mardiana, M. (2022). PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR AL-QUR’AN HADITS MI MUHAMMADIYAH SIDOBASUKI TEGINENENG PESAWARAN. Ta'lim, 4(2).
Indra, I. (2022). MEDIA WHATSAPP DALAM PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAQ ERA PANDEMI COVID–19. Ta'lim, 4(1), 81-88.
Pratiwi, A. (2022). Metode Penanaman Aqidah kepada Anak Usia Sekolah Dasar. Ta'lim, 4(1), 68-80.
Putra, A. E. (2022). PENDIDIKAN ISLAM ORDE REFORMASI (PENDEKATAN POLITIK DAN KEBIJAKAN PENDIDIKAN). Ta'lim, 4(1), 23-33.
Adnan, A. Z. JIHAD ISIS DALAM PERSPEKTIF TAFSIR AL-AZHAR.
Ismunandar, A., & Tengah, S. D. S. L. (2022). Integrasi interkoneksi pofesionalisme pendidik dan implementasi pendidikan karakter. Ta’lim: Jurnal Agama Islam, 3(2), 34-49.
Khoironi, K. (2021). Tradisi Nukhun Ajang Dalam Acara Pernikahan Masyarakat Putihdoh di Lihat Dari Perspektif Qs Al-Maidah Ayat 2. Ta'lim, 3(2), 1-10.
Rohani, R., Kurnuawati, E., & Nurbaiti, S. (2021). MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) PADA SISTEM PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN (DARING) DI MASA PANDEMI COVID-19. Ta'lim, 3(2), 11-20.
Pertiwi, K. E. (2021). Efektifitas Pendekatan Differentiated Instruction dalam Proses Pembelajaran. Ta’lim, 3(2), 21-34.
Faj, A. (2021). KONSEP EVALUASI PENDIDIKAN ISLAM DALAM ALQUR’AN. Ta'lim, 3(2), 35-46.
Nawawi, M. L. (2021). Strategi Kepala Madrasah Dalam Membangun Budaya Kompetitif Di Madrasah Aliyah Negeri (Man) Batu. Ta'lim, 3(2), 47-57.
Mardiana, M., & Putra, A. E. (2021). MODEL EVALUASI ISIPP (IMPLEMENTASI ISI, PROSES, DAN PENILAIAN) UNTUK MADRASAH ALIYAH. Ta'lim, 3(2), 58-82.
Hayati, R. M. (2021). ANALISIS KEBUTUHAN MAHASISWA BIMBINGAN KONSELING PENDIDIKAN ISLAM (BKPI) TERHADAP MATERI PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI IAIMNU METRO LAMPUNG. Ta'lim, 3(01), 1-15.
Faj, A. (2021). Penerapan metode pembelajaran suri tauladan di Era Pandemi. Ta'lim, 3(01), 39-57.
Latifah, N., & Sholihin, M. (2021). Tahsin Al-Qur’an dengan Metode Bani Lathif di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA). Ta'lim, 3(01), 58-67.
Malviana, M. (2021). Pendidikan Karakter Islam Di Yayasan Panti Asuhan Kota Bandar Lampung. Ta'lim, 3(01), 68-77.
Putri, I. C., & Machsun, M. (2020). FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB PESERTA DIDIK TIDAK MENGGUNAKAN BUSANA SYAR’I DI KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 1 BANDAR LAMPUNG. Ta'lim, 2(2), 13-27.
RAMADHANI, S. A. (2020). IMPLEMENTASI TEKNIS PENILAIAN SIKAP PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK. Ta'lim, 2(2), 28-35.
Ramdhani, K., Hermawan, I., & Muzaki, I. A. (2020). Pendidikan Keluarga Sebagai Fondasi Pertama Pendidikan Karakter Anak Perspektif Islam. Ta'lim, 2(2), 36-49.
Habibi, M. I., Aziz, M. I., Al-Aziz, M. S., & Handrian, D. W. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Ta'lim, 2(2), 50-58.
Chandra, P., & Lana, O. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Minat Masyarakat Melaksanakan Shalat Berjamaah (Studi Kasus Pada Jamaah Masjid Al-Mannar, Bengkulu Selatan). JIAI Jurnal Ilmu Agama Islam, 2, 59-74.
DOI: https://doi.org/10.36269/tlm.v5i1.1287
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Editor and Administration Address:
Jurnal Ta'lim is published by Universitas Muhammadiyah Lampung
Jl. ZA. Pagar Alam, Labuhan, Labuhan Ratu, Kec. Kedaton, Bandar Lampung, Indonesia, Postal Code 35132
JDN Index:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.