PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR AL-QUR’AN HADITS MI MUHAMMADIYAH SIDOBASUKI TEGINENENG PESAWARAN

ALFI VIOLITA WIJAYA SILVIA, Khoironi Khoironi, Mardiana Mardiana

Sari


 

Abstrak

Penelitian ini ini membahas mengenai pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar Al-Quran Hadits. Pada aktivitas pembelajaran di kelas IV MI Muhammadiyah Sidobasuki Tegineneng terdapat permasalahan di dalam kelas, yaitu menurunnya pencapaian hasil belajar siswa. Adanya siswa yang masih cenderung pasif dalam mengikuti pembelajaran serta kurang kesadaran ketika mengerjakan tugas yang dikasih guru. Ada juga yang beranggapan banyaknya hafalan dan tulisan-tulisan arab yang sulit dipahami siswa, hingga membuat siswa merasa bosan, kurang semangat dan minat untuk belajar sehingga berdampak pada hasil belajar. Hal ini terpengaruh oleh motivasi dari diri siswa dan motivasi dari luar diri siswa.

Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengukur pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar Al-Quran Hadits. Dengan kerangka berfikir dari motivasi belajar yaitu dukungan yang ada di dalam diri sendiri atau dari orang lain yang meliputi : cita-cita siswa, kemampuan siswa, keadaan siswa, kondisi lingkungan siswa, dan upaya guru dalam membelajarkan siswa. Dan hasil belajar meliputi aspek kognitif afektif dan psikomotorik. Hipotesis dalam penelitian ini terdapat adanya pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar Al-Quran Hadits siswa kelas IV di MI Muhammadiyah Sidobasuki Tegineneng.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan teknik analisis regresi linear sederhana yang menggunakan alat bantu program SPSS Versi 16.00. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu motivasi belajar, sedangkan variabel terikat yaitu hasil belajar Al-Quran Hadits. Populasi penelitian ini berjumah 30 siswa kelas IV MI Muhammadiyah Sidobasuki. Sedangkan sampel penelitian adalah seluruh populasi yakni siswa kelas IV MI Muhammadiyah Sidobasuki Tegineneng.

Hasil analisis menunjukkan bahwa besarnya nilai korelasi (R) 0,499 yang berarti korelasi sedang atau cukup. Dan persamaan regresi di peroleh Y= 22,372 + 0,396X. Dari hasil uji signifikan diperoleh nilai signifikan sebesar  0,005 dimana nilai signifikan  < 0,05 (0,005 > 0,05), dengan demikian regresi dapat diterima. Kesimpulannya bahwa ada pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas IV MI Muhammadiyah Sidobasuki Tegineneng sebesar 24,9%.

Kata kunci : Motivasi Belajar, Hasil Belajar

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abuddin nata. 2010. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Fajar Interpratama Offset.

Ahmad Tafsir. 2017. Filsafat Pendidikan Islam, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Alifus. 2007. Psikologis Pendidikan Berdasarkan Kurikulum Nasional IAIN FakultasTarbiyah. Jakarta: Pedoman limu Jaya.

Anas Sudijono. 2015. Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta : Rajawali Pers.

Arikunto Suharsimi. 2011. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik, Jakarta: Rineka Cipta.

Ayu Nurmala Desy, dkk. 2014. “Pengaruh Motivasi Belajar & Aktivitas Belajar Terhadap hasil belajar Akuntansi”, Dalam FAKTA: Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha No.1.

Darmawan Deni, 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Deni Darmawan. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Departemen Agama RI. 2009. Al-Qur’an Terjemah. Bandung: PT Sygma Examedia Arkanleema.

Dimyati & Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Emilda Sulasmi. 2010. Manajemen dan kepemimpinan. Depok: PT Raja Grafindo.

Ending Titik Lestari. 2020. Cara Praktis Meningkatkan Motivasi Siswa Sekolah Dasar. Jakarta: Deepublish Publisher

Hamzah. 2018. Teori Motivasi & Pengukurannya Analisisdi Bidang Pendidikan, Jakarta : PT Bumi Aksara.

Hasan Asari. 2020. Hadis-Hadis Pendidikan. Medan: Perdana Publishing.

Hasil wawancara dengan Bapak Arif Sovian Azis, S.Pd.I, M.M yang merupakan kepala madrasah pada tanggal 18 Desember 2021

Hasil wawancara dengan Ibu Pipit Isnaini S.E selaku guru mata pelajaran Al-Qur’an Hadits pada tanggal 10 Oktober 2021

Hasil Wawancara dengan M.Kyarusahri dan Hafidz Ardia siswa kelas IV pada tanggal 10 Oktober 2021

Hendra Dani Saputra, dkk. 2018. “Pengaruh Motivasi Terhadap hasil Belajar Siswa SMK”, DalamFAKTA: Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi, 2018

Koentjaraningrat. 2004. Metode-Metode Penelitian Masyarakat. Jakarta: Gramedia Pustakka. Cet. VI.

Lexy Moleong. 2013. Metodologi Penenlitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muhibbin Syah, 2003, Psikologi Belajar. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Muhibin Syah, 2003, Psikologi Pendidikan dan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Nanang Hasan Susanto dan Cindy Lestari, “Problematika Pendidikan Islam Di Indonesia Eksplorasi Teori Motivasi Abraham Mslow Dan David McClelland”, Edukasi Islamika, 2018

Neneng Habibah. 2008. Paradigma Baru Pembelajaran Keagamaan di Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta.

Oemar Hamalik. 2001. Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Bumi Aksara.

Pemendikbud No. 67 Tahun 2013 tentang Kerangka Dasar Dan Struktur Kurikulum 2013 Sekolah Dasar Dan Madrasah Ibtidaiyah.

Ramayulius. 2015. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Radar Jaya Offset.

Sardiman. 2016. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta : PT RajaGrafindo Persada.

Sinar. 2018. Metode Active Learning Upaya Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa, Yogyakarta: CV Budi Utama.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan RAD, Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfa Beta

Suharsimi Arikunto. 2011. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Sumber: Dokumentasi MI Muhammadiyah Sidobasuki Tegineneng Tahun Pelajaran 2021-2022

Syahrum, Salim. 2012. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Bandung : Citapustaka Media.

Taufikurrahman,dkk. 2019. Pengembangan Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Malang: Literasi Nusantara.

Turmudi dan Sri harini. 2008. Metode Statistika Pendekatan Teoritis dan Aplikatif. Malang: UIN Malang Press.

Toto Suryana dan Cecep Alba. 1997. Pendidikan Agama Islam. Bandung :Tiga Mutiara.

Tuwuh trisnayadi. 2013. Bimbingan karier Untuk Belajar Muslim. Jakarta: Erlangga.

Undang-undang RI No. 20 tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Zakiah Darajat. 2000. Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Buku Aksara.

Zuhairi. 2016. Pedoman Penelitian Karya Ilmiah. Jakarta: Rajawali Pers.

Afni, W. Y., Nugroho, A. S., & Sholihin, M. (2022). PENGEMBANGAN PROGRAM TAHFIDZUL QUR’AN OLEH KEPALA SEKOLAH SD MUHAMMADIYAH 1 BANDAR LAMPUNG. Ta'lim, 4(2).

Nugroho, A. S., Bayar, M., & Huwaina, M. (2022). Implikasi Pemasaran Jasa Pendidikan Dalam Pengembangan Karakter Siswa Sekolah Dasar. MindSet: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 22-33.

Ihsan, A., & Nugroho, A. S. (2020). IMPLEMENTASI KARAKTER RELIGIUS, DISIPLIN DAN JUJUR PADA TINGKAT SMA MUHAMMADIYAH DI BANDAR LAMPUNG. Ta'lim, 2(1), 19-31.

Nugroho, A. S., Iskandar, E., Agung, M., & Iqbal, I. (2019). KOLABORASI ORANG TUA DAN GURU PAI DALAM MEMBENTUK AKHLAK PESERTA DIDIK. Ta'lim, 1(1).

Setiawati, A., & Nugroho, A. S. (2022). STRATEGI USTADZAH ASRAMA DALAM MEMBINA AKHLAK SANTRI BARU DI ASRAMA RA KARTINI PONDOK PESANTREN DINIYYAH PUTRI LAMPUNG. Ta'lim, 4(1), 50-67.

Latifah, N., & Sholihin, M. (2021). Tahsin Al-Qur’an dengan Metode Bani Lathif di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA). Ta'lim, 3(01), 58-67.

Pratiwi, A. (2022). Metode Penanaman Aqidah kepada Anak Usia Sekolah Dasar. Ta'lim, 4(1), 68-80.

Putra, A. E. (2022). PENDIDIKAN ISLAM ORDE REFORMASI (PENDEKATAN POLITIK DAN KEBIJAKAN PENDIDIKAN). Ta'lim, 4(1), 23-33.

Adnan, A. Z. JIHAD ISIS DALAM PERSPEKTIF TAFSIR AL-AZHAR.

Ismunandar, A., & Tengah, S. D. S. L. (2022). Integrasi interkoneksi pofesionalisme pendidik dan implementasi pendidikan karakter. Ta’lim: Jurnal Agama Islam, 3(2), 34-49.

Khoironi, K. (2021). Tradisi Nukhun Ajang Dalam Acara Pernikahan Masyarakat Putihdoh di Lihat Dari Perspektif Qs Al-Maidah Ayat 2. Ta'lim, 3(2), 1-10.

Rohani, R., Kurnuawati, E., & Nurbaiti, S. (2021). MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) PADA SISTEM PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN (DARING) DI MASA PANDEMI COVID-19. Ta'lim, 3(2), 11-20.

Pertiwi, K. E. (2021). Efektifitas Pendekatan Differentiated Instruction dalam Proses Pembelajaran. Ta’lim, 3(2), 21-34.

Faj, A. (2021). KONSEP EVALUASI PENDIDIKAN ISLAM DALAM ALQUR’AN. Ta'lim, 3(2), 35-46.

Nawawi, M. L. (2021). Strategi Kepala Madrasah Dalam Membangun Budaya Kompetitif Di Madrasah Aliyah Negeri (Man) Batu. Ta'lim, 3(2), 47-57.

Mardiana, M., & Putra, A. E. (2021). MODEL EVALUASI ISIPP (IMPLEMENTASI ISI, PROSES, DAN PENILAIAN) UNTUK MADRASAH ALIYAH. Ta'lim, 3(2), 58-82.

Hayati, R. M. (2021). ANALISIS KEBUTUHAN MAHASISWA BIMBINGAN KONSELING PENDIDIKAN ISLAM (BKPI) TERHADAP MATERI PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI IAIMNU METRO LAMPUNG. Ta'lim, 3(01), 1-15.

Faj, A. (2021). Penerapan metode pembelajaran suri tauladan di Era Pandemi. Ta'lim, 3(01), 39-57.

Latifah, N., & Sholihin, M. (2021). Tahsin Al-Qur’an dengan Metode Bani Lathif di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA). Ta'lim, 3(01), 58-67.

Malviana, M. (2021). Pendidikan Karakter Islam Di Yayasan Panti Asuhan Kota Bandar Lampung. Ta'lim, 3(01), 68-77.

Putri, I. C., & Machsun, M. (2020). FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB PESERTA DIDIK TIDAK MENGGUNAKAN BUSANA SYAR’I DI KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 1 BANDAR LAMPUNG. Ta'lim, 2(2), 13-27.

RAMADHANI, S. A. (2020). IMPLEMENTASI TEKNIS PENILAIAN SIKAP PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK. Ta'lim, 2(2), 28-35.

Ramdhani, K., Hermawan, I., & Muzaki, I. A. (2020). Pendidikan Keluarga Sebagai Fondasi Pertama Pendidikan Karakter Anak Perspektif Islam. Ta'lim, 2(2), 36-49.

Habibi, M. I., Aziz, M. I., Al-Aziz, M. S., & Handrian, D. W. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Ta'lim, 2(2), 50-58.

Chandra, P., & Lana, O. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Minat Masyarakat Melaksanakan Shalat Berjamaah (Studi Kasus Pada Jamaah Masjid Al-Mannar, Bengkulu Selatan). JIAI Jurnal Ilmu Agama Islam, 2, 59-74.




DOI: https://doi.org/10.36269/tlm.v4i2.1171

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Editor and Administration Address:

Jurnal Ta'lim is published by Universitas Muhammadiyah Lampung

Jl. ZA. Pagar Alam, Labuhan, Labuhan Ratu, Kec. Kedaton, Bandar Lampung, Indonesia, Postal Code 35132

 

 JDN Index:

  

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics

View My Stats