PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PERSPEKTIF ISLAM
Sari
Tujuan penulisan ini adalah untuk menuangkan konsep pendidikan karakter dalam perspektif Islam. Dalam Implementasinya dilapangan banyak lembaga pendidikan yang menerapkan konsep pendidikan karakter lepas dari nilai-nilai pendidikan Islam. padahal implementasi pendidikan karakter harus sejalan nilai-nilai pendidikan Islam. Dalam tujuan pendidikan Islam lebih mengedepankan perubahan akhlak dalam proses pembelajaran. Artinya hal ini juga sejalan dengan nilai-yanag tertuang didalam tujuan pendidikan Nasional. Banyak ungkapan – ungkapan yang dirumuskan dalam konsep pendidkan karakter juga ditemukan dalam teks al Qur’an, hal ini menunjukan bahwa tidak ada kontradiksi didalam konsep pendidikan karakter dengan konsep pendidikan Islam. hal ini yang perlu dipahamkan kepada masyarakat bahwa islam merupakan agama yang santun, agama yang luhur, yang mengedepankan nilai-nilai jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokrasi, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan dan nasionalisme, cinta tanah air, menghargai prestasi, komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli social, dan tanggungjawab. Untuk dapat menimplemantasikan pendidikan karakter perlu dipahami sebuah kaidah’ Konsep Pendidikan karakter dan konsep pendidikan Islam bukanlah sesuatu yang harus di bandingkan, apalagi dipertentangkan, namun harus dilaksanakan dan diimplementasikan
Teks Lengkap:
PDF (English)DOI: https://doi.org/10.36269/tlm.v1i2.117
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Editor and Administration Address:
Jurnal Ta'lim is published by Universitas Muhammadiyah Lampung
Jl. ZA. Pagar Alam, Labuhan, Labuhan Ratu, Kec. Kedaton, Bandar Lampung, Indonesia, Postal Code 35132
JDN Index:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.