PENGARUH MEDITASI MELALUI APLIKASI RILIV TERHADAP TINGKAT KECEMASAN MAHASISWA
Abstract
Anxiety disorder atau yang lebih dikenal sebagai gangguan kecemasan merupakan salah satu dari gangguan kesehatan mental yang paling banyak di idap oleh populasi dunia. Gangguan kecemasan merupakan gangguan yang ditandai dengan adanya gejala gelisah atau khawatir yang secara persisten hadir memengaruhi kehidupan individu, kesulitan tidur, gugup, atau merasakan kegelisahan yang berlebihan (DSM 5). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terkait efektivitas pengunaan aplikasi meditasi terhadap kecemasan yang di idap oleh mahasiswa. Penelitian ini menggunakan skema penelitian eksperimen dan menggunakan desain penelitian Controlled Laboratory Experiment. Sampel penelitian melibatkan 5 partisipan yang merupakan Kelompok Eksperimen (KE), dengan kriteria partisipan adalah mahasiswa perguruan tinggi atau perguruan tinggi swasta dengan rentang usia 18-22 tahun. Pengukuran tingkat kecemasan dengan menggunakan alat ukur Generalized Anxiety Disorder (GAD-7) dari Drs. Robert L.et al. Hasil penelitian menunjukkan bahwa data tes awal dan tes akhir partisipan diketahui nilai signifikansi adalah P > 0.05 sehingga hasil pre dan post tes tidak mengalami perubahan yang signifikan. Sedangkan pada hasil analisis deskriptif data tes awal dan tes akhir diketahui terdapat nilai mean yang berbeda, tes awal mean sebesar 8.40 dan tes terakhir nilai mean berkurang menjadi 5.20. Berdasarkan data uji statistika paired sample t test bahwa tidak ada perubahan yang signifikan terhadap tingkat kecemasan mahasiswa yang mendapatkan intervensi berupa meditasi.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Bamber, M. D., & Morpeth, E. (2018). Effects of Mindfulness Meditation on College Student Anxiety: a Meta-Analysis. Mindfulness, 10(2), 203–214. https://doi.org/10.1007/s12671-018-0965-5
Barlow, D. H. (2010). Negative effects from psychological treatments: A perspective. American Psychologist, 65(1), 13–20. https://doi.org/10.1037/a0015643
Bence, S. (2021, February 15). Anxiety: Signs, Symptoms, and Complications. Verywell Health. https://www.verywellhealth.com/anxiety-symptoms-5086955
Blum, H., Rutt, C., Nash, C., Joyce, V., & Buonopane, R. (2019). Mindfulness Meditation and Anxiety in Adolescents on an Inpatient Psychiatric Unit. Journal of Health Care Chaplaincy, 27(2), 65–83. https://doi.org/10.1080/08854726.2019.1603918
Bystedt, S., Rozental, A., Andersson, G., Boettcher, J., & Carlbring, P. (2014). Clinicians’ Perspectives on Negative Effects of Psychological Treatments. Cognitive Behaviour Therapy, 43(4), 319–331. https://doi.org/10.1080/16506073.2014.939593
Cebolla, A., Demarzo, M., Martins, P., Soler, J., & Garcia-Campayo, J. (2017). Unwanted effects: Is there a negative side of meditation? A multicentre survey. PLOS ONE, 12(9), e0183137. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0183137
Chen, K. W., Berger, C. C., Manheimer, E., Forde, D., Magidson, J., Dachman, L., & Lejuez, C. W. (2012). MEDITATIVE THERAPIES FOR REDUCING ANXIETY: A SYSTEMATIC REVIEW AND META-ANALYSIS OF RANDOMIZED CONTROLLED TRIALS. Depression and Anxiety, 29(7), 545–562. https://doi.org/10.1002/da.21964
DIAGNOSTIC AND (5TH ED). (2013). American Psychiatric Association.
Farias, M., Maraldi, E., Wallenkampf, K. C., & Lucchetti, G. (2020). Adverse events in meditation practices and meditation‐based therapies: a systematic review. Acta Psychiatrica Scandinavica, 142(5), 374–393. https://doi.org/10.1111/acps.13225
Gregory, K. D., Chelmow, D., Nelson, H. D., van Niel, M. S., Conry, J. A., Garcia, F., Kendig, S. M., O’Reilly, N., Qaseem, A., Ramos, D., Salganicoff, A., Son, S., Wood, J. K., & Zahn, C. (2020). Screening for Anxiety in Adolescent and Adult Women: A Recommendation From the Women’s Preventive Services Initiative. Annals of Internal Medicine, 173(1), 48–56. https://doi.org/10.7326/m20-0580
Huberty, J., Puzia, M. E., Green, J., Vlisides-Henry, R. D., Larkey, L., Irwin, M. R., & Vranceanu, A. M. (2021). A mindfulness meditation mobile app improves depression and anxiety in adults with sleep disturbance: Analysis from a randomized controlled trial. General Hospital Psychiatry, 73, 30–37. https://doi.org/10.1016/j.genhosppsych.2021.09.004
Kelly, O. (2022, May 14). Do You Know the Difference Between Stress and an Anxiety Disorder? Verywell Mind. https://www.verywellmind.com/anxiety-disorder-2510539
Ratanasiripong, P., Park, J. F., Ratanasiripong, N., & Kathalae, D. (2015). Stress and Anxiety Management in Nursing Students: Biofeedback and Mindfulness Meditation. Journal of Nursing Education, 54(9), 520–524. https://doi.org/10.3928/01484834-20150814-07
Santomauro, D. F., Mantilla Herrera, A. M., Shadid, J., Zheng, P., Ashbaugh, C., Pigott, D. M., Abbafati, C., Adolph, C., Amlag, J. O., Aravkin, A. Y., Bang-Jensen, B. L., Bertolacci, G. J., Bloom, S. S., Castellano, R., Castro, E., Chakrabarti, S., Chattopadhyay, J., Cogen, R. M., Collins, J. K., . . . Ferrari, A. J. (2021). Global prevalence and burden of depressive and anxiety disorders in 204 countries and territories in 2020 due to the COVID-19 pandemic. The Lancet, 398(10312), 1700–1712. https://doi.org/10.1016/s0140-6736(21)02143-7
DOI: https://doi.org/10.36269/psyche.v5i1.971
Refbacks
- There are currently no refbacks.
PSYCHE Index:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.