Pengembangan Alat Ukur Self Regulation Pada Mahasiswa Selama Pembelajaran Daring
Abstract
ABSTRACT
This study aims to test the construct validity of the self-regulation measuring instrument in students during online learning which was developed by the research team. In this study, we used a quantitative method with 36 self-regulation items developed to verify five aspects of Bandura's self-regulation. The sample in this study was 30 representatives from Bandung Muhammadiyah University students and the number of participants in this study was 200 student respondents spread throughout Indonesia. The sampling technique used in this study is a non-probability sampling technique with purposive sampling as the sampling technique. And based on the results of Confirmatory Factor Analysis (CFA) using AMOS software, it was found that 14 valid items measure self-regulation, which is where this scale is suitable to be used as an appropriate instrument to measure student self-regulation during online learning.
Keywords: AMOS, CFA, Non-Probability, Purposive Sampling, Self-regulation
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menguji validitas konstruk alat ukur self regulation pada mahasiswa selama pembelajaran daring yang dikembangkan oleh tim peneliti. Dalam penelitian ini, kami menggunakan metode kuantitatif dengan item yang dikembangkan sebanyak 36 item self regulation untuk memverifikasi lima aspek dalam self regulation Bandura. Sample dalam penelitisan ini sebanyak 30 orang perwakilan dari mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bandung dan jumlah partisipan penelitian ini sebanyak 200 responden mahasiswa yang tersebar di seluruh Indonesia. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik non-probability sampling dengan teknik pengambilan sample menggunakan purposive sampling. Dan berdasarkan hasil pengujian Confirmatory Factor Analysis (CFA) menggunakan software AMOS, ditemukan bahwa 14 item valid mengukur self regulation, yang dimana skala ini cocok untuk digunakan sebagai instrumen yang tepat untuk mengukur self regulation mahasiswa selama pembelajaran daring.
Kata Kunci: AMOS, CFA, Non-Probability, Purposive Sampling, Self-regulation
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Azwar, S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi (2 ed.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Azwar, S. (2012). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Bandura, A. (1971). Social Learning Theory. New York: General Learning Press.
Barry J. Zimmerman & Anastasia Kitsantas. (2005). The hidden dimension of the personal competence: Self-regulated learning and practice. In A. J. Elliot & C. S. Dweck. Handbook of competence and motivation. Diambil kembali dari https://psycnet.apa.org/record/2005-08058-027
Bowman, B. (1989). Self Reflection as an Element of Profesionalism: The Teachers College Record (Vol. 90, No. 3).
Dharmmesta, R. M. (2011). The Influence of Perception About Product Advertorial in Newspaper Toward Consumer Attitude. Jurnal Manajemen dan Pelayanan Farmasi, Vol. 1, No. 2.
Duwi Priyanto, W. A. (2008). Mandiri Belajar SPSS. Yogyakarta: MediaKom.
Ghozali, I. (2017). Model Persamaan Struktural Konsep dan Aplikasi Dengan Program AMOS 24. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gunarsa, S. D. (1991). Psikologi Perkembangan dan Anak Remaja. Jakarta: Gunung Mulia.
Gunawan, A. A. (2016). Pengaruh Kompensasi dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT Gesit Nusa Tangguh. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis, Vol. 16, No. 1. Diambil kembali dari http://ejournal.ukrida.ac.id/ojs/index.php/IMB/article/view/1374/1508
Hartaji, D. A. (2012). Motivasi Berprestasi Pada Mahasiswa yang Berkuliah Dengan Jurusan Pilihan Orangtua. Diambil kembali dari https://adoc.pub/motivasi-berprestasi-pada-mahasiswa-yang-berkuliah-dengan-ju.html
Korthagen, F & Vasalos A. (2005). Levels in Reflection: Core Reflection as a Means to Enhance Professional Growth (Vol. 11, No. 1).
Marini. (2012). KAJIAN PENGGUNAAN SOFTWARE AMOS/LISREL BERDASARKAN PENDEKATAN TAM Studi Kasus Penggunaan Software pada Pemodelan Persamaan Struktural (SEM) di Perguruan Tinggi. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi. Diambil kembali dari https://journal.uii.ac.id/Snati/article/view/2934/2706
Monique Boekarets, Paul R. Pintrich, & Moshe Zeidner. (2000). Handboook of Self Regulation. USA: Academic Press.
Nabila, N. A. (2020). Pembelajaran Daring di Era Covid-19. Jurnal Pendidikan, Vol. 1, No. 1. Diambil kembali dari https://psyarxiv.com/an4vq/download
Ramdani, Z. (2018). Konstruk Skala Integritas Akademik. Jurnal Internasional Studi Penelitian dalam Psikologi, Vol. 7, No. 1.
Ramdani, Z. dkk. (2019). SKALA KINERJA KERJA INDIVIDU: SEBUAH PSIKHOMETRIK. Ulasan Humaniora & Ilmu Sosial, Vol. 7, No. 5.
Sadirman A.M. (2007). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D . Bandung: Alfabeta.
Supahar, K. B. (2018). VALIDITAS DAN RELIABILITAS INSTRUMEN ASESMEN. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Vol. 22, No. 2. Diambil kembali dari http://journal.uny.ac.id/index.php/jpep
Supratiknya, A. (2014). Pengukuran Psikologis. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.
Yudhistya, N. Y. (2020). Gambaran Asupan Zat Gizi Dan Aktivitas Fisik Mahasiswa Ilmu Keolahragaan. Jurnal Sport Psysical Education and Empowerment (JSPEED), Vol. 3, No. 2.
Zimmerman, B. J. (1990). Self Regulated learning an academic achievement: an overview. Educational Psychologist, 3-17. Diambil kembali dari https://www.researchgate.net/publication/243775466_Self-Regulated_Learning_and_Academic_Achievement_An_Overview
DOI: https://doi.org/10.36269/psyche.v4i2.806
Refbacks
- There are currently no refbacks.
PSYCHE Index:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.