HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL DENGAN TINGKAT STRES ORANG TUA DENGAN ANAK PENDERITA AUTISME

Rani Dwi Hapsari, Asri Mutiara Putri, Dita Fitriani

Abstract


ABSTRAK

Orang tua dari anak autis menghadapi tantangan yang menempatkan mereka pada risiko stres tingkat tinggi. Dukungan sosial dapat menurunkan dampak negatif dari stres. Penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial dengan tingkat stres orang tua dari anak autis. Jenis penelitian survei analitik dengan pendekatan cross-sectional.Teknik pengambilan sampel adalah teknik accidental sampling. Sampel dalam penelitian yaitu orang tua anak autis di SLB Bandarlampung sebanyak 39 orang. Dukungan sosial pada orang tua diukur dengan skala dukungan sosial dan tingkat stres diukur dengan skala Perceived Stress Scale 10. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis yaitu uji korelasi Rank Sperman-Rho. Penelitian ini menunjukkan bahwa orang tua dari anak autis memiliki tingkat stres rendah (59,0%) dan dukungan sosial tinggi (61,5%). Hasil uji Rank Spearman-Rho didapatkan nilai r=0,992 dan p=0,000. Terdapat hubungan yang signifikan antara dukungan sosial dengan tingkat stres orang tua dari anak autis.

 

Kata kunci: Gangguan Autis, Dukungan Sosial, Tingkat Stres, Orang tua, SLB


Full Text:

PDF

References


Atziza, R. (2015). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kejadian Stres dalam Pendidikan Kedokteran. Jurnal Agromedicine, 2(3), pp.317-320.

Fitriani, A & Ambarini, T.K. (2013). Hubungan antara Hardiness dengan Tingkat Stres Pengasuhan pada Ibu dengan Anak Autis. Jurnal Psikologi Klinis dan Kesehatan Mental, 2(2).

Ginting, B.M., (2014). Respon Orangtua Siswa Penyandang Autis terhadap Pelayanan Pendidikan di Sekolah Alam Medan. Welfare StatE, 2(2).

Hlebec, V., Mrzel, M & Kogovšek, T. (2009). Social Support Network and Received Support at Stressful Events. Advances in Methodology & Statistics/Metodoloski zvezki, 5(1).

Kasmayati, K. (2013). Optimisme Remaja Penyandang Cacat Akibat Kecelakaan. EMPATHY Jurnal Fakultas Psikologi, 2(1).

Kusrini, W & Prihartanti, N. (2014). Hubungan Dukungan Sosial dan Kepercayaan Diri dengan Prestasi Bahasa Inggris Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Boyolali. Jurnal Penelitian Humaniora, 15(2), pp.131-140.

Kusumastuti, A.N. (2014). Stres Ibu Tunggal yang Memiliki Anak Autis. Jurnal Ilmiah Psikologi, 7(2).

Ladyani, F. & Silaban, F.V. (2017). Analisis Peranan Terapis Terhadap Perkembangan Bahasa pada Pasien Autisme di Rumah Sakit Umum Daerah Dr. H. Abdul Moeloek Bandar Lampung. Jurnal Ilmu Kedokteran dan Kesehatan, 4(2).

Nugroho, A.A. (2013). Hubungan antara Penerimaan Diri dan Dukungan Sosial dengan Stres pada Ibu yang Memiliki Anak Autis di SLB Autis di Surakarta. Jurnal Ilmiah Psikologi Candrajiwa, 2(2).

Pradana, A.P. & Kustanti, E.R. (2018). Hubungan Antara Dukungan Sosial Suami Dengan Psychological Well-being Pada Ibu Yang Memiliki Anak Autisme. Empati, 6(2), pp.83-90.

Sarafino, E & Smith, T. (2011). Health psychology biopsychosocial interaction. United State Of Amerika: John Wlley & Sons.

Soendari, T. (2016). Penyandang Autis Dalam Isu Global (Sebuah Pengantar menuju Model Konseling yang Efektif di Sekolah). JASSI ANAKKU, 12(1), pp.87-96.

Supriati, L. & Selvitriana, D.R. (2018). The Relationship of Family Support with Self-Esteem Level in People Living with HIV/AIDS (PLWHA) in Sadar Hati Foundation Malang. Journal Nursing Care and Biomolecular, 3(1), pp.6-14.

Suryati, S. & Rahmawati, R. (2017). Pengaruh Terapi Bermain Terhadap Interaksi Sosial Anak Autis Di Sdlb Prof. Dr. Sri Soedewi Masjchun Sofwan, Sh Jambi Tahun 2014. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 16(1), pp.142-147.

Twistiandayani, R & Handika, S.R. (2015). Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Penerimaan Diri Ibu yang Mempunyai Anak Autis (Correlation Family Support with Self-Acceptance of Mother Who Have Children with Autism). Journals of Ners Community, 6(2), pp.143-149.

Utami, R.D. (2016). Pengaruh Humor Terhadap Penurunan Tingkat Stres Mahasiswa Psikologi Yang Mengerjakan Skripsi Di Universitas Negeri Semarang: Desertasi Universitas Negeri Semarang

Yasin & Dzulkifli, M.A. (2011). Differences in Depression, Anxiety and Stress Between Low-and High-Achieving Students. Journal of Sustainability Science and Management, 6(1), pp.169-178.




DOI: https://doi.org/10.36269/psyche.v1i2.101

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


PSYCHE Index:

       

  

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics

View My Stats