FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB PERILAKU AGRESIF SISWA TUNAGRAHITA RINGAN KELAS III DI SLB PELITA BUNGA (Studi Kasus Terhadap Anak Tunagrahita Ringan)
Abstract
Abstrak : Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa tunagrahita ringan yang menunjukan perilaku agresif. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor penyebab perilaku agresif siswa tunagrahita ringan kelas III SD di SLB Pelita Bunga. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan desain penelitian studi kasus. Subjek yang diteliti dalam penelitian ini adalah siswa tunagrahita ringan kelas III SD di SLB Pelita Bunga yang diketahui memiliki perilaku agresif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Pelaksanaan penelitian dilakukan di rumah subjek dengan cara melakukan observasi dan wawancara dengan orang tua, selanjutnya wawancara juga dilakukan kepada guru kelas subjek. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan triangulasi melalui langkah-langkah sebagai berikut : 1) reduksi data; 2) penyajian data; 3) kesimpulan dan validasi data. Hasil penelitian ini menunjukan adanya penyebab perilaku agresif dari perspektif biologis dan perspektif sosial kultural. Hal ini ditunjukan dari hasil analisis observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan adanya keterkaitan antara faktor penyebab perilaku agresif dari perspektif biologis dan perspektif sosial kultural.
Keywords
Full Text:
Unduh Artikel PDFReferences
Ahmadi, H. A., & Supriyono, W. (2013). Psikologi Belajar (3rd ed.). PT Rineka Cipta.
American Association on Intellectual and Developmental Disabilities, A. (n.d.). Defining Criteria for Intellectual Disability. AAIDD. https://www.aaidd.org/intellectual-disability/definition
Baihaqi, M. (2005). Psikiatri (Konsep Dasar dan Gangguan-Gangguan) (pertama). PT. Refika Aditama.
Devita, D., & Desmayanasari, D. (2021). Landasan Penyusunan Program. 4(2), 121–129.
Nevid, J. S., Rathus, S. A., & Greene, B. (2005). Psikologi Abnormal (5th ed.). Erlangga.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D) (17th ed.). Alfabeta.
Susantyo, B. (2011). MEMAHAMI PERILAKU AGRESIF: Sebuah Tinjauan Konseptual. Sosio Informa, 16(3), 189–202. https://doi.org/10.33007/inf.v16i3.48
Walgito, B. (2007). Pengantar Psikologi Umum (4th ed.). Andi Offset.
Yin, R. K. (2013). Studi Kasus (Desain dan Metode) (13th ed.). PT RajaGrafindo Persada.
DOI: https://doi.org/10.36269/sj.v2i1.955
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Dela Devita, Olva Pitri Ningsih, Genesa Vernanda
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.