PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL PECAHAN SEDERHANA PADA SISWA TUNARUNGU
Abstract
Tidak tercapainya KKM merupakan wujud dari rendahnya hasil belajar siswa. Berdasarkan permasalahan tersebut, penulis melakukan upaya peningkatan kemampuan mengenal pecahan pada siswa kelas IV SDLB di SLB N Metro Tahun Ajaran 2020/2021 sebanyak 8 siswa pada materi mengenal pecahan dengan menerapkan model pembelajaran menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL). Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pembelajaran dilakukan selama 2 Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pembelajaran berlangsung dalam 2 siklus dengan 6 sesi pembelajaran. Metode pengumpulan data menggunakan tes tertulis, lembar observasi, dan metode dokumentasi. Hasil penelitian dengan penerapan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) adalah persentase keaktifan belajar siswa pada siklus I adalah 37,5% setelah dilakukan refleksi pada siklus I, persentase keaktifan belajar siswa pada siklus II menjadi 75 meningkat. Sedangkan untuk prestasi akademik mahasiswa program sarjana diperoleh rerata siswa sebesar 60,87 dengan rincian siswa tuntas dan siswa tidak tuntas, sedangkan pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa adalah 71,87 dengan rincian 6 siswa menyelesaikan magang dan 2 siswa tidak. Penggunaan model pembelajaran kontekstual (CTL) dapat meningkatkan pengenalan pecahan pada siswa Tunarungu Kelas SDLB hingga SLB N Metro tahun ajaran 2021.
Keywords
Full Text:
Unduh PDFReferences
Arikunto, Suharsimi, dkk. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. PT. Bumi Aksara. Jakarta.
Dharma, I.M.A., Suarjana, I. M., & Suartama, I, K. 2016. Analisis Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita pada Siswa Kelas IV Tahun Pelajaran 2015/206 di SD Negeri 1 Banjar Bali. E-journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 4 (1): 142-149.
Handayani. H. 2015. Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Terhadap kemampuan Pemahaman dan Representasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Didaktik : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, I (1): 142-149.
Mukrimatin, N.A., Murtono, M., & Wanabuliandari, S. 2018. Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas V SD Negeri Rau Kedung Jepara Pada Materi Perkalian Pecahan. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1 (1): 68- 71.
Pujiati, P., Kanzunnudin, M., & Wanabuliandari, S. 2018. Analisis Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas IV SDN 3 Gemulung Pada Materi Pecahan. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1 (1): 37-41.
Sanjaya, Wina. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sukajati. 2008. Pembelajaran Operasi Penjumlahan Pecahan di SD Menggunakan Berbagai Media. Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan pemberdayaan dan pemberdayaan pendidik dan tenaga kependidikan matematika.
Wanabuliandari. S., Sekar, D.A., & Rahardjo, S. 2016. Implementasi Model EJAS Berbasis Mathematic Edutainment Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar dan perilaku Kepedulian Terhadap Lingkungan. Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching, 5 (2), 34-41.
DOI: https://doi.org/10.36269/sj.v1i2.679
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Emi Sugiyanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.